Cara Agar Aplikasi Android di Smarphone Tidak Update Otomatis

Bagi sebagian pengguna smartphone android hal ini dapat mempengaruhi kinerja smartphone seperti daya baterai cepat habis, kuota data yang terbatas ...
Cara Agar Aplikasi Android di Smarphone Tidak Update Otomatis, windows update

Cara Agar Aplikasi Android di Smarphone Tidak Update Otomatis

Biasanya pengaturan default Aplikasi Android di Smartphone kita adalah update secara otomatis, terutama jika tersambung ke perangkat Wi-Fi. Hal ini memang bagi sebagian orang sangat menguntungkan karena kita tidak perlu repot-repot cek dan update aplikasi secara manual lagi karena sudah otomatis ter-update, akan tetapi terkadang memori di Smartphone kita tidak cukup untuk menyimpan update aplikasi terbaru sehingga dapat dirasa sangat merepotkan.

Bagi sebagian besar pengguna smartphone android mungkin hal ini bukanlah masalah bagi mereka, namun pada sebagian pengguna lainnya hal ini merupakan suatu permasalahan yang dapat mempengaruhi kinerja dari smartphone mereka seperti daya baterai yang cepat habis, kuota data yang cepat habis, serta kapasitas penyimpanan internal ponsel yang cepat penuh.

Untuk update aplikasi dan game yang berukuran kecil mungkin memang tidak masalah karena hanya memakan sedikit bagian dari paket data, namun bagaimana jika game yang update adalah game berukuran besar yang total datanya bisa mencapai bergiga-giga, sangat disayngkan apabila data sebesar 2 atau 3 GB habis dalam semalam hanya karena fitur auto update.

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar aplikasi-aplikasi tersebut tidak otomatis update lagi.

Langkah Pengaturan

Untuk lebih jelas, sebaiknya Anda ikuti langkah-langkah pengaturannya berikut ini:
  1. Buka aplikasi Play Store di smartphone Anda.
  2. Klik icon pilihan pada kiri atas aplikasi Play Store. Biasanya berbentuk 3 (tiga) garis datar. Kemudian akan muncul jendela slide seperti dibawah. Kemudian klik Setelan / Settings.
  3. Akan muncul halaman setelan, pilih Update aplikasi secara otomatis
  4. Ada tiga pilihan, pilih sesuai keinginan atau kebutuhan Anda. 
  5. Jika Anda tidak menginginkan update otomatis, maka anda dapat melakukan klik pilihan yang pertama.

Dengan memilih pilihan tersebut, maka secara otomatis aplikasi yang ada di smartphone anda tidak akan melakukan update otomatis lagi.

Catatan : Perlunya update otomatis aplikasi di smartphone anda agar aplikasi-aplikasi anda bisa selalu up to date, sehingga bisa terhindar dari adanya aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan (uji coba), biasanya upgrade versi aplikasi ini juga memberikan fitur-fitur terbaru yang ditanamkan dalam aplikasi-aplikasi tersebut selain itu juga biasanya terdapat perbaikan-perbaikan bug atau fitur guna penyempurnaan aplikasi. Upgrade atau update otomatis aplikasi memang bagi sebagian orang sangat menguntungkan karena kita tidak perlu repot-repot cek dan update aplikasi secara manual lagi karena sudah otomatis ter-update.

Bagaimana cukup mudah untuk diterapkan sendiri bukan? Untuk Anda yang mengaktifkan penggunaan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia pada smartphone Anda, maka Anda dapat menyesuaikan sendiri langkah-langkah dan pilihan-pilihannya diatas, mudah sekali untuk menyesuaikannya.

Bila Anda mematikan fitur update tersebut maka mulai sekarang Anda harus memilih dan harus sering melakukan pengecekan terhadap beberapa aplikasi yang membutuhkan pembaruan yang diperlukan. Karena beberapa aplikasi yang sering Anda gunakan seperti aplikasi chatting dan media sosial terkadang perlu dioptimalkan dengan pembaharuan aplikasi.

Demikianlah cara menonaktifkan agar aplikasi Android tidak update otomatis. Jika Anda sudah menonaktifkan update otomatis aplikasi android, maka mulai sekarang Anda tidak akan menerima update otomatis lagi, sehingga ruang memory di Smartphone anda tidak otomatis penuh lagi dan paket data internet anda bisa lebih hemat.

Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Tetesan yang terus-menerus pada akhirnya akan membuat lubang pada batu”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Cara Agar Aplikasi Android di Smarphone Tidak Update Otomatis - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

2 komentar

  1. mantaaap
    1. terimakasih
Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.