Beranda Berita Umum Informasi Teknologi Internet Tips Komputer Tips Smartphone Android APK Mitra Advertise Donations
People Liked

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » » Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru

Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru

Baca Juga

Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru
Wah baru beli smartphone baru yaaa.. 😘 kereeen.., tapi sabar dulu jangan bingung dan jangan langsung digunakan dan di utak-atik sembarangan gitu ya. Ada baiknya ikuti langkah-langkah panduan berikut agar anda tidak bingung dan lebih memahami apa yang anda lakukan dalam smartphone baru kesayangan anda itu. 😉

Inilah langkah-langkah yang wajib anda lakukan setelah membeli Smartphone atau HP Android baru.

1. Pasang Pelindung Ekstra Pada Smartphone

Ini langkah pertama yang wajib anda lakukan. Berikan smartphone baru anda perlindungan ekstra agar tidak terkena air dan debu, atau rusak ketika terjatuh. 

Perlindungan yang paling penting untuk sebuah smartphone adalah pada bagian layar dan bodi smartphone. Walaupun smartphone Android baru anda diklaim memiliki layar tahan gores dan body tahan banting, nggak ada salahnya anda memberikan proteksi lebih untuk smartphone Android kesayangan anda. Pasangkan casing untuk melindungi bodi-nya, sekarang banyak jenis-jenis casing smartphone yang dijual di pasaran, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan selera anda. Usahakan untuk menggunakan jenis armor case untuk bodi smartphone anda. Dengan begini, HP Android baru kamu pasti terhindar dari berbagai kerusakan fisik akibat benturan.

Pasangkan anti-gores pelindung layar, hampir semua smartphone saat ini sudah menggunakan layar dari Gorilla Glass. Namun jangan salah, gorilla glass adalah scratch resistant (mudah tergores), bukan scratch proof (seperti bullet proof), jadi tetap saja bisa tergores, terutama apabila terkena butiran debu atau pasir halus dalam saku celana anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memasang pelindung layar. Anda dapat menggunakan pelindung layar dengan jenis tempered glass untuk layar.

2. Kalibrasi Baterai Smartphone

Kita sering mendengar saran dari pedagang smartphone untuk segera men-charge smartphone baru selama 8 jam terlebih dahulu. Sebenarnya ini persepsi yang kurang tepat, smartphone sebaiknya di charges hingga benar-benar penuh saja meskipun belum sampai 8 jam, kemudian lakukan kalibrasi.

Cara melakukan kalibrasi baterai smartphone yaitu setelah baterai penuh, gunakan kembali secara normal hingga habis total dan tidak bisa dinyalakan lagi. Isi daya charge lagi hingga benar-benar penuh tanpa terputus sedikitpun, sebaiknya pada saat pengisian daya, matikan smartphone dan jangan digunakan sampai baterai penuh kembali.
Lakukan hal tersebut berulang-ulang paling tidak selama 2 minggu pertama. Langkah ini akan membuat baterai mencapai performa maksimal-nya dan membuat baterai menjadi lebih awet.

3. Perhatikan Pengaturan Paket Data

Sebelum terkoneksi ke internet, pastikan pengaturan paket data anda sudah benar, terutama bagi yang menggunakan dual simcard. Jika menggunakan wi-fi, pastikan cellular data-nya sudah dalam keadaan off. Jangan sampai pulsa tersedot habis karena salah pengaturan.

Akan lebih baik jika anda memiliki akses internet yang cepat dan stabil saat mencoba-coba Smartphone / HP Android baru anda. Paling bagus kalau anda gunakan fasilitas WiFi gratis yang ada dirumah atau dikantor anda agar lebih leluasa dalam mengatur smartphone Android baru anda tanpa khawatir kehabisan pulsa data. Sebab, koneksi internet memang sangat penting bagi sebuah smartphone Android. Tanpa koneksi internet, HP Android baru anda hanya akan mampu menjalankan fungsi seperti HP biasa.

4. Update Firmware Smartphone ke Versi Terbaru

Update firmware yang disediakan oleh produsen smartphone tentunya sangat bermanfaat bagi smartphone kamu. Karena biasanya update bertujuan untuk meningkatkan keamanan atau menutup bug-bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Android merupakan OS open source, membuat banyak cracker lebih mudah untuk menemukan celah keamanan dari Android. Oleh karena itu, selalu cek update versi terbaru jika tersedia, selain untuk meningkatkan security (keamanan) dari perangkat smartphone anda, update firmware juga bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
System update alias pembaruan sistem penting dilakukan pada HP Android baru. Dengan melakukan pembaruan sistem dan upgrade Android ke versi terbaru, performa HP Android baru kamu pasti akan jauh lebih optimal dan maksimal.
Ketika melakukan upgrade Android, ada kalanya sistem harus melakukan flash ulang pada HP Android anda. Sehingga data apa pun yang terdapat di memori internal akan terhapus. Termasuk foto, video, musik, dan berbagai data aplikasi. Jadi, akan lebih baik jika kamu melakukan upgrade Android sebelum HP Android baru kamu dipenuhi berbagai aplikasi dan data.

5. Menyesuaikan Pengaturan Smartphone

Android OS merupakan platform paling populer untuk perangkat Smartphone saat ini. Platform tersebut juga dikemas dengan berbagai macam fitur dan fungsi yang saling melengkapi meskipun tidak semuanya kita perlukan. Jadi, inilah yang pertama kali harus kita lakukan, yaitu menyesuaikan pengaturan Android sesuai keinginan dan kebutuhan.
  • Mengatur akun google, pengaturan google akun biasanya akan diminta saat pertama kali menghidupkan Android baru, tetapi kebanyakan dari kita justru melewatkan langkah tersebut. Pastikan segera mengatur Google Akun agar dapat mengakses Google Play untuk men-download aplikasi dan game di perangkat Android.
  • Back up kontak, ini juga langkah penting untuk memastikan komunikasimu dengan keluarga, teman dan kerabat tidak putus walau smartphone anda baru. Segera back up kontak dari kartu sim atau kartu memori card ke memori telepon. Dengan begitu, data kontak akan tetap aman walau mengganti nomor handphone atau kartu memori.
  • Manfaatkan aplikasi Google Now, kini Google Now mampu menyelidiki aktivitas harian kita dan menyarankan beberapa hal yang menarik sesuai dengan data yang dikumpulkannya. Misalnya, Google Now mampu menyarankan kita restoran yang bagus, atau menyarankan paket penerbangan yang hemat, tiket, laporan cuaca, dan seterusnya. Google Now bahkan sekarang juga bisa melakukan tugas seperti melakukan panggilan dan mengirim pesan SMS.
  • Mengatur aplikasi gmail, Secara default Aplikasi Gmail sudah bekerja dengan baik, namun kita perlu untuk melakukan konfigurasi yang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Caranya mudah, masuk ke menu pengaturan melalui tanda tiga titik di kanan atas layar, kemudian pilih 'Pengaturan aplikasi'. Ubah beberapa pilihan yang diinginkan lalu simpan.
  • Amankan perangkat android, kita semua mengerti jika perangkat Android menyimpan banyak sekali informasi sensitif, terutama jika kita menggunakannya untuk keperluan belanja online, internet banking, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pastikan untuk melindunginya dengan beberapa langkah keamanan untuk melindungi privasi dan identitas yang kita miliki. Kita dapat memasang kunci PIN atau pola untuk metode pengamanannya. Lakukan dengan melakukan pengaturan screen lock. Silakan masuk ke settings, security, screen lock. Anda bisa memilih untuk mengunci layar dengan password, face unlock, pattern dan sebagainya tergantung versi OS yang digunakan. Sangat disarankan untuk memilih PIN atau Password sebagai cara yang paling aman supaya isi ponsel Anda tidak dapat dilihat oleh sembarang orang.
  • Sesuaikan setingan keyboard, keberadaan fitur auto correct pada ponsel memang telah banyak membantu pengguna dalam mengkoreksi kesalahan saat mengetik pesan atau email. Namun, kerap kali fitur tersebut justru menimbulkan kerepotan tersendiri terutama saat dipakai mengetik pesan dalam Bahasa Indonesia. Untuk itu Anda dapat mematikan fitur tersebut dengan cara masuk ke settings, Language and Input, lalu pilih keypad/keyboard yang dipakai ponsel. Selanjutnya hilangkan tanda centang disebelah kotak yang ada pada setting auto correct keypad untuk menonaktifkannya.
  • Aktifkan USB debugging, USB debugging memiliki banyak sekali kegunaan, misalnya jika kita lupa kunci pin atau kunci pola pada smartphone maka fitur ini akan sangat berguna. Untuk dapat mengatur ulang kata sandi tersebut yaitu dengan mengaktifkan USB Debugging. Yang kita perlukan hanyalah kabel yang terhubung antara komputer dan perangkat Android untuk mereset kunci dengan menggunakan mode USB Debugging.
  • Cek google play store, kita dapat menggunakan Google Play untuk men-download semua aplikasi yang dibutuhkan. Google Play dapat mengelola perilaku pengguna terhadap aplikasi yang dipasang di Android, kemudian Google Play akan membuat daftar dari berbagai aplikasi di tampilan home Play Store. Nah, kita dapat mengatur perilaku aplikasi tersebut di pengaturan Play Store dengan mengubah beberapa pengaturan default.
  • Device Manager, untuk tetap memiliki akses data di ponsel meskipun kita kehilangan ponsel tersebut, maka kita harus menginstal aplikasi Device Manager dari Play Store. Aplikasi ini akan membuat akun yang unik berdasarkan informasi yang kita berikan, kemudian kita dapat menemukan, menghapus, atau mengunci perangkat ponsel apabila kita kehilangannya
  • Widgets, Kita bisa membuat beberapa widget home screen yang dapat membantu memudahkan kita untuk melakukan tugas dengan cepat. Misal, widget seperti Senter, Jam, Cuaca, dan lain sebagainya selain akan membuat tampilan perangkat ponsel menarik juga akan membantu kita menyelesaikan tugas dengan mudah.
  • Mengatur Notifikasi, fitur terbaik yang ada pada Android adalah panel notifikasi yaitu tempat di mana kita mendapatkan semua notifikasi. Namun secara default, panel notifikasi tersebut tidak menampilkan semua pemberitahuan. Jadi di sini kita perlu mengatur notifikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Caranya mudah, masuk ke menu pengaturan telepon, kemudian masuk ke pilihan 'Apps' atau 'Aplikasi'. Di situ kita dapat memilih aplikasi tertentu untuk mengatur notifkasi ke mode 'on' atau 'off' dengan memilih kotak centang yang disediakan.

6. Jangan Install Aplikasi Sembarangan

Hal ini sangat penting. Jangan pernah menginstall atau memasang aplikasi sembarangan pada perangkat smartphone kamu, terutama aplikasi yang bukan berasal dari Google Playstore, karena akan sangat rentan disusupi virus dan malware yang bisa mencuri data bahkan merusak perangkat lunak smartphone kamu. Kecuali kamu benar-benar yakin dengan aplikasi yang ingin kamu install.

Pasang Aplikasi yang berguna saja, hal yang paling menarik dari penggunaan Android adalah kita dapat menikmati berbagai macam aplikasi di smartphone dengan mengunduhnya dari Play Store. Instal saja beberapa aplikasi yang berguna di smartphone, seperti aplikasi editor foto, aplikasi cuaca, dan lain sebagainya sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Demikianlah beberapa tips yang dapat anda lakukan setelah anda membeli smartphone baru. Silahkan dicoba.
Rekomendasi Artikel :
- Tips yang Harus dilakukan Pada Saat Membeli Smartphone Baru
- Kumpulan Kode Rahasia Hp Android Lengkap
     
    Apabila anda punya info lain mengenai hal-hal yang perlu dilakukan setelah membeli Smartphone atau HP Android baru, silakan tulis pendapat anda pada kolom comment di bawah ini. Jangan lupa Follow dan Subscribe Kami untuk mendapatkan update artikel melalui email Anda.


    Semoga berguna.
    My best regard, thx 😊 

    Semangat! “Sebesar apapun dan Sekuat apapun itu bisa dihancurkan, jika itu kehendak Allah Oleh karena itu jangan sombong”

    Reaksi Anda Terhadap Artikel Ini

    Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
    Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru - Semoga Bermanfaat. Estimasi Membaca Seluruh Artikel Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru.

    Berikan Penilaian Anda untuk Artikel Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru:
    Langganan Artikel

    ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

    Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

    « Previous
    « Prev Post
    Next »
    Next Post »

    0 komentar:

    Post a Comment

    Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

    You Might Like