Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa di Format

Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa di Format
Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa di Format

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa di Format

Setelah pada artikel sebelumnya kami sudah membagikan tips cara mengembalikan data atau file yg hilang dari media penyimpanan flashdisk (bagi yg ketinggalan dan belum sempat mengikuti bisa membacanya terlebih dahulu [1]). Masih tetap dengan membahas seputaran permasalahan pada flashdisk, kali ini Parkir wacana akan membagikan artikel mengenai tips atau cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format. 

Pernah mungkin suatu saat Anda mengalami permasalahan seperti ini, pada saat anda membutuhkan flashdisk Anda tetapi flashdisk tersebut error dan Anda ingin memformatnya tetapi tidak bisa, atau saat Anda ingin menjadikan flashdisk tersebut sebagai media untuk instalasi sistem operasi Windows sehingga Anda harus melakukan format pada flashdisk tersebut, tetapi tidak bisa. Mungkin hal ini pernah terjadi pada Anda, karena hal ini merupakan permasalahan umum yg sering terjadi.

Banyak penyebab yg bisa terjadi mengapa flashdisk tidak bisa di format, salah satunya dapat disebabkan oleh virus, atau dapat juga karena penggunaan yg kurang tepat pada flashdisk tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melakukan format pada flashdisk, antara lain Kami uraikan sebagai berikut:

Format Cara Umum

Cara ini adalah cara yg umum dan biasa digunakan, yakni dengan cara memilih Drive tempat flashdisk Anda pada Windows Explorer, kemudian "Klik Kanan" pada Drive flashdisk tersebut, pilih "Format", maka akan muncul jendela format Drive, di jendela tersebut Anda dapat langsung melakukan format flashdisk.

Pada artikel ini akan dibahas cara lain apabila flashdisk Anda tidak dapat di format dengan cara umum sebagaimana telah diuraikan di atas. Beberapa cara yg bisa Anda lakukan dapat Anda lakukan dengan menggunakan fitur lain yang telah disediakan windows serta Anda dapat menggunakan aplikasi atau software pendukung. Ikuti pembahasannya pada uraian selanjutnya.

Menggunakan Fitur Computer Management

Cara pertama yang dapat Anda lakukan yakni dengan menggunakan fitur Windows, yakni fitur computers management.

Langkah-langkahnya :
  • Masukkan atau hubungkan flashdisk Anda ke komputer melalui port USB.
  • Jalankan aplikasi RUN dengan menekan kombinasi tombol "Win + R".
  • Kemudian ketikan compmgmt.msc” (tanpa tanda petik) pada kotak dialog yang ada, tekan "OK" untuk menjalankannya.
  • Pada jendela aplikasi Computer Management yang muncul pilih "Storage – Pilih Disk Management".
  • Tunggu sejenak karena komputer Anda sedang melakukan proses pembacaan perangkat Drive yang terhubung pada komputer tersebut.
  • Selanjutnya cari Drive lokasi flashdisk Anda, pilih kemudian "Klik Kanan" lalu pilih "Format".
  • Tunggu proses format sampai selesai.

    Apabila cara ini masih belum bisa memformat flashdisk Anda, maka Anda bisa mencoba melakukan langkah selanjutnya.

    Menggunakan Fitur Command Com

    Cara ini adalah cara memformat Drive dengan perintah pada fitur aplikasi command com yang disediakan oleh Windows.

    Langkah-langkahnya :
    • Setelah Anda menghubungkan flashdisk dengan komputer, buka aplikasi RUN.
    • Jalankan aplikasi RUN dengan menekan kombinasi tombol "Win + R" .
    • Kemudian pada jendela RUN ketik "cmd" (tanpa tanda petik) pada kotak dialog yang ada, tekan "OK" untuk menjalankannya.
    • Perhatikan dan ingat di Drive mana lokasi flashdisk anda terhubung pada komputer. (Misalnya disini Kita gunakan Drive H sebagai lokasi flashdisk).
    • Setelah muncul jendela command com, ketik perintah berikut : "FORMAT H:/FS:FAT" tanpa tanda petik, lalu ENTER.
    • Selanjutnya proses format akan berjalan, tunggu hingga selesai, kemudian cek di Windows Explorer apakah flashdisk Anda telah ter-format dengan baik.

      Menggunakan Pengaturan Registry

      Cara ini digunakan apabila flashdisk Anda diproteksi baik itu oleh aplikasi bawaan flashdisk yakni disk protector atau oleh virus.

      Langkah-langkahnya :
      • Masukkan atau hubungkan flashdisk Anda ke komputer melalui port USB.
      • Jalankan aplikasi RUN dengan menekan kombinasi tombol "Win + R" .
      • Kemudian ketik "regedit" (tanpa tanda petik) pada kotak dialog yang ada, tekan "OK" untuk menjalankannya.
      • Pada jendela aplikasi "Registry Editor" buka folder register berikut : 
      • Pada jendela sebelah kanan geser layar kebawah dan cari key dengan nama "Write Protected".
      • Jika Anda sudah menemukannya, pilih key “write protected” tersebut - Klik Kanan – Pilih “Delete” – Pilih “YES”.
      • Selanjutnya Anda bisa menutup jendela tersebut kemudian restart komputer Anda.
      • Setelah komputer Anda menyala, Anda dapat mencoba melakukan format lagi menggunakan cara umum ataupun dengan menggunakan fitur computer management dan command com.

        Apabila dengan cara-cara di atas flashdisk Anda masih tidak dapat di format, maka Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi atau software tambahan yg di khususkan untuk melakukan format pada perangkat media penyimpanan yg pada umumnya dapat diterapkan pada flashdisk juga. Ikuti langkah berikutnya.

        Format Flashdisk Menggunakan Software

        Selain beberapa cara diatasi, Anda juga dapat melakukan format pada flashdisk dengan menggunakan bantuan software tambahan, banyak sekali software yg bisa Anda gunakan untuk melakukan format flashdisk, Anda dapat mencarinya langsung di Internet.

        Pada artikel ini, Kami hanya memberikan panduan dengan menggunakan software "HP USB Disk Storage Format Tool". Software ini merupakan aplikasi yang memang dirancang untuk mempermudah proses formatting untuk media penyimpanan atau disk storage.

        Langkah-langkahnya :
        • Terlebih dahulu Download software HP USB Disk Storage Format Tool. Kami tidak menyediakan link downloadnya, anda dapat mencarinya langsung di internet.
        • Hubungkan flashdisk dengan komputer melalui port USB yang ada.
        • Setelah di download, kemudian jalankan aplikasi tersebut dari folder unduhan tadi dengan  "Klik Kanan" dan pilih menu "Run as administrator". 
        • Setelah terbuka, maka pilihlah device lokasi flashdisk yang akan Anda format. Biasanya akan otomatis muncul nama flashdisk, atau akan bertuliskan removable disk.
        • Setelah itu, pilih "FAT32" pada kolom menu File System yang berada di bawahnya serta isi nama flashdisk yang Anda inginkan pada kolom  "Volume Label".
        • Selanjutnya centang ''Quick Format'' dan klik "Start".
        • Akan muncul peringatan untuk memastikan perintah format yang akan Anda jalankan, tekan pilihan "Yes".
        • Tunggu hingga proses format selesai dan Anda akan melihat flashdisk anda telah berhasil diformat.  

          Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk format flashdisk Anda apabila Anda mengalami kesulitan untuk melakukan format dengan cara biasa pada umumnya. 

          Apabila Anda mempunyai masukan dan tips lainnya bagi kami untuk melengkapi artikel ini, anda dapat mengisinya di kolom komentar, jangan pernah sungkan atau ragu untuk berkomentar, apalagi untuk memberi masukan. 

          Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencoba langkah-langkah yang telah Kami uraikan dalam artikel ini, silahkan sampaikan kesulitan Anda melalui pertanyaan pada kolom komentar dibawah, Kami akan coba membantu Anda. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

          ---------  Semoga bermanfaat  ---------
          Semangat! “Langkah pertama yang diperlukan untuk mendapatkan hal yang anda inginkan adalah memutuskan apa yang anda inginkan”

          Baca juga :

          Terima kasih sudah membaca Artikel Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa di Format - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

          Posting Komentar

          Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.