Beranda Berita Umum Informasi Teknologi Internet Tips Komputer Tips Smartphone Android APK Mitra Advertise Donations
Artikel Menarik Lainnya

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » , » Fungsi dan Kegunaan Kode QR (Quick Response Code)

Fungsi dan Kegunaan Kode QR (Quick Response Code)

Baca Juga

Fungsi Kode QR (Quick Response Code)
Anda pasti sudah pernah mendengar dan bahkan sudah mengetahui yang diistilahkan dengan QR Code seperti pada gambar diatas, biasanya pada aplikasi tertentu anda dapat menjumpai kode QR ini yang sering digunakan dengan permintaan "pemindaian kode batang". 

Kode QR atau kepanjangan dari Quick Response Code adalah teknologi matrik barcode yang memiliki ketepatan pembacaan yang tepat dan cepat. Fungsi kode QR ini sangat beragam dan dapat kita manfaatkan untuk mempermudah aktifitas kita dalam menggunakan smartphone.
Berdasarkan wikipedia, Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.
Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.(soon,2008). Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi.
Dalam artikel kali ini, kami ingin berbagi informasi mengenai fungsi dan kegunaan kode QR serta cara pembuatannya yang mungkin berguna bagi anda dalam menunjang aktifitas anda sehari-hari.

1. Fungsi Kode QR

Kode QR berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomor telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Atau dengan kata lain sebagai penghubung secara cepat suatu konten. 

Kehadiran kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri kode QR untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa situs pembuat kode QR.

2. Kegunaan Kode QR

Untuk kegunaan dari Kode QR ini sangat bervariasi dan dapat kita manfaatkan kegunaannya sebagai shortcut untuk menunjang aktifitas kita baik untuk pribadi ataupun untuk kebutuhan pekerjaan dan bisnis usaha kita. Kegunaannya dapat kita bahas sebagai berikut:
  • Shortcut Situs. Bagi anda yang memiliki situs website pribadi maupun situs kantor atau bahkan situs usaha dan bisnis, anda dapat memanfaatkan Kode QR untuk memudahkan orang lain mengakses dan mengunjungi situs anda tersebut. Dengan melakukan pemindaian atau scan kode QR anda melalui smartphone mereka, maka secara otomatis mereka akan masuk dihalaman situs website anda.
  • Shortcut Materi / Artikel. Bagi anda yang berprofesi sebagai Guru, Dosen, Tutor, Pendidik, atau bahkan sebagai pemateri / narasumber pada suatu kegiatan presentasi, maka anda dapat menambahkan Kode QR pada bahan materi paparan presentasi anda untuk memudahkan peserta atau audiens anda untuk mengunduh, menyimpan, dan membuka materi yang anda presentasikan secara langsung pada smartphone mereka.
  • Shortcut Wifi. Bagi anda yang ingin dengan mudah berbagi jaringan wifi internet dirumah anda atau dikantor anda kepada teman, kerabat atau karyawan kantor lainnya, anda dapat menggunakan QR Code ini. Jadi mereka tidak lagi harus menghafal kata kunci yang biasanya cukup panjang dan sulit karena menggunakan kombinasi huruf dan angka, mereka cukup melakukan scan Kode QR yang anda berikan.
  • Shortcut Absensi. Kode QR dapat dipasang pada kartu karyawan, kartu anggota, dan bahkan kartu pelajar siswa / mahasiswa, sehingga akan mempermudah proses absensi. Untuk kantor baik negri maupun swasta serta komunitas/organisasi tertentu hal ini akan mempermudah akses bagi karyawan/anggota, serta direksi pimpinan untuk memantau informasi mengenai pelaksanaan kegiatan serta kinerja karyawan/anggota tersebut. Sedangkan untuk dilembaga pendidikan hal ini akan mempermudah akses bagi para siswa/mahasiswa, guru/dosen, dan orang tua untuk memperoleh akses informasi proses belajar mengajar.
  • Shortcut Download Aplikasi. Bagi anda yang berprofesi sebagai developer atau anda yang telah memiliki aplikasi atau software sendiri, anda dapat menggunakan Kode QR untuk memudahkan orang lain mengunduh aplikasi atau software anda tersebut. Lebih praktis dalam mempromosikan suatu aplikasi yang dibuat dan menjadi salah satu strategi pemasaran.
  • Shortcut Download File.  Bagi anda yang ingin berbagi file baik itu berupa video, data, lagu, dan sebagainya, anda juga dapat memanfaatkan Kode QR ini untuk memudahkan orang lain mengunduh file yang akan anda bagi tersebut. Hal ini sangat efisien.
  • Shortcut Kartu Nama. Untuk kartu nama Silakan membuat kartu nama dengan disertai QR Code. Dengan ini, Anda bisa menyimpan data pribadi berupa nama lengkap, nama media sosial, alamat atau jabatan di kantor. Anda tinggal menempelkan Kode QR yang telah anda buat dalam kartu nama anda atau dapat anda print di kertas kemudian anda letakkan didepan meja kerja anda, bahkan anda dapat meletakkannya di depan meja sekertaris atau resepsionis anda, maka tamu dan klien anda bisa lebih mengenal lebih dalam tentang anda dengan cara memindainya.
  • Shortcut Promosi dan Informasi. Anda dapat menggunakan Kode QR sebagai media promosi usaha atau bisnis anda. Kode QR yang telah anda buat dapat anda sablon pada kaos atau kemeja karyawan atau dapat anda sisipkan cetakan dalam brosur promosi serta bungkus kemasan produk anda. Sehingga para pelanggan anda dapat mengetahui promosi dan informasi terkait usaha anda serta produk yang anda hasilkan secara akurat dan lengkap, misalnya informasi mengenai data-data kandungan bahan dalam produk anda dan masa kedaluwarsa pada tiap label produk anda.

    3. Membuat Kode QR

    Bagi anda yang ingin menerapkan penggunaan Kode QR dalam kehidupan sehari-hari, anda dapat membuat Kode QR sesuai kebutuhan anda sendiri. Cara membuat Kode QR yakni dengan bantuan beberapa aplikasi tambahan QR Code Generator atau secara langsung bisa menggunakan situs website online gratis pembuat Kode QR.
    • Situs website Generator QR Code, salah satunya anda dapat masuk di situs QR CODE Generator [1]. Disitus ini anda dapat membuat Kode QR untuk alamat situs website anda (URL), kartu nama (VCard), catatan dan informasi berupa teks (Text), alamat email (E-mail), membagikan sms anda (SMS), alamat halaman facebook anda (Facebook), file pdf yang ingin anda bagikan (PDF), file musik yang hendak dibagikan (MP3), aplikasi anda yang bisa didownload orang lain (App stores), file gambar yang ingin anda bagikan (Images), serta beberapa alamat halaman website yang ingin anda bagikan sekaligus dalam 1 Kode QR (Multi URL). 
    Untuk keamanan data dan memudahkan anda, sebaiknya file berupa pdf, gambar, aplikasi, lagu, dan data lainnya, harus anda simpan terlebih dahulu pada media penyimpanan online sebelum anda membuat Kode QR-nya, sehingga alamat url penyimpanan data anda pada media penyimpanan online tersebut yang digunakan untuk Kode QR anda [2].
    • Khusus bagi anda yang ingin berbagi jaringan wifi rumah atau kantor anda, anda dapat membuat Kode QR dengan mengunjungi situs QR Code Wifi [3]. Situs ini memberikan layanan pembuatan Kode QR untuk jaringan wifi yang akan anda bagikan pada orang yang anda percaya. Di situs ini juga anda dapat membuat Kode QR lainnya sesuai kebutuhan anda. 
    • Selain itu anda juga dapat membuat Kode QR untuk jaringan wifi melalui smartphone anda. Melalui Playstore anda dapat mengunduh aplikasi "InstaWifi". Aplikasi ini dapat membuat Kode QR dengan mudah sehingga anda dapat berbagi jaringan Wi-Fi dengan teman, kerabat dan keluarga.

    4. Menggunakan Kode QR

    Hal ini merupakan hal yang paling utama dan penting, percuma bila anda memiliki Kode QR, membagikannya kepada orang lain, tetapi anda dan mereka tidak mengerti bagaimana cara menggunakan Kode QR tersebut. Caranya adalah dengan melakukan pemindaian atau scan pada kode QR tersebut. 

    Kode QR hanya dapat di dibaca melalui pemindaian (scan) pada gadget yang memiliki kamera, seperti smartphone/tablet dengan kamera internal dan telah memiliki fitur tambahan scaning barcode atau dengan meng-instal aplikasi pendukung tambahan scaning barcode.

    Aplikasi scaning barcode untuk gadget / smartphone dapat anda unduh secara gratis di masing-masing market place platform smartphone anda, seperti playstore untuk gadget dengan platform android dan applestore untuk gadget dengan platform iPhone Apple. Setelah mengunduh dan memasang aplikasi tersebut anda dapat langsung menggunakan scan kode QR untuk mendapatkan informasi yang ada dibelakang Kode QR tersebut.

    Bagi pengguna komputer desktop (PC) maupun laptop yang telah memiliki kamera atau web cam (saat ini semua laptop sudah memiliki webcam yang ter integrasi), anda dapat menggunakan kamera webcam anda tersebut dengan menggunakan aplikasi pendukung tambahan yang bisa anda cari di internet, salah satunya adalah "bcWebCam". Aplikasi ini bisa membaca Kode QR (Scan Kode QR) menggunakan fasilitas kamera laptop anda (webcam).

    Untuk anda pemilik komputer dektop (PC) yang tidak memiliki webcam, maka anda dapat menggunakan aplikasi tambahan yang salah satunya adalah aplikasi gratis "Code Two QR Code Desktop Reader". Aplikasi ini dapat melakukan Scan Kode QR melalui file Kode QR yang telah anda simpan dikomputer anda berupa file, selain itu juga dapat membaca Kode QR yang terdapat di tampilan screen layar monitor anda secara langsung. Cara ini bisa dilakukan tanpa harus ada kamera, cukup dengan mengambil screen capture dari layar monitor anda maka anda sudah dapat melihat isi dari Kode QR tersebut. 

    Demikian bahasan dalam artikel ini mengenai Fungsi dan Kegunaan Kode QR (Quick Response Code) beserta cara membuatnya, sekarang anda sudah bisa mencoba membuat Kode QR anda sendiri dan memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari anda, selamat mencoba. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.
    Rekomendasi Artikel :
    - Cara Pengaturan untuk Mempercepat Loading Mozilla Firefox
    - Tips Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome

    Semoga berguna.
    My best regard, thx 😊


    Semangat! “cepat atau lambat mereka yang menang adalah mereka yang berfikir dan yakin bahwa mereka bisa”
    Footnote:
    [1] Rujukan Situs QR Code Generator (Https://www.qr-code-generator.com).
    [2] Artikel Media Penyimpanan Data Online Gratis
    [3] Rujukan Situs QR Code Wifi (blog.qr4.nl/QR-Code-WiFi.aspx).

    Reaksi Anda Terhadap Artikel Ini

    Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Fungsi dan Kegunaan Kode QR (Quick Response Code) - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
    Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Fungsi dan Kegunaan Kode QR (Quick Response Code) - Semoga Bermanfaat. Estimasi Membaca Seluruh Artikel Fungsi dan Kegunaan Kode QR (Quick Response Code).

    Berikan Penilaian Anda untuk Artikel Fungsi dan Kegunaan Kode QR (Quick Response Code):
    Langganan Artikel

    ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

    Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

    « Previous
    « Prev Post
    Next »
    Next Post »

    0 komentar:

    Post a Comment

    Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

    You Might Like