ARTIKEL

Wacana Online Mengenai Informasi Teknologi Seputaran Komputer, Smartphone, Tutorial dan Tips yang Mengedukasi.

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » » Sejarah Beberapa Nama Brand Perusahaan Smartphone (Bagian 1)

Sejarah Beberapa Nama Brand Perusahaan Smartphone (Bagian 1)



Baca Juga

Sejarah Beberapa Nama Brand Perusahaan Smartphone (Bagian 1)

Pada artikel kali ini kami ingin berbagi mengenai sejarah beberapa nama brand smartphone yang mungkin sudah anda kenal secara umum. Artikel ini ditulis berdasarkan beberapa sumber yang telah kami rangkum dan kami sajikan sekedar sebagai informasi wacana saja. Gak ada salahnya kan kita sama-sama mengetahui sejarah dari perusahaan-perusahaan tersebut, berikut ini adalah sejarah beberapa nama brand perusahaan smartphone dunia.

1. HTC

Logo HTC terdiri dari wordmark sederhana yang menampilkan nama perusahaan dalam jenis huruf kustom bulat dan modern. Bawahnya yaitu tagline mereka, "quietly brilliant", ditempatkan dalam font tulisan tangan lucu yang memiliki sebuah kekayaan yang luar biasa dan mendalam.

Tagline "quietly brilliant" bermakna HTC mewujudkan filosofi gaya hidup di mana-mana, di mana ponsel hanya melakukan hal-hal besar dan cemerlang sementara semua alam, di belakang layar dan "tenang" tentang hal itu. Kini Tagline "quietly brilliant" sudah tidak dipakai oleh HTC lagi.

Logo HTC tidak diragukan lagi salah satu logo yang paling populer dan langsung dikenali di arena digital. Warna hijau di logo HTC melambangkan pertumbuhan, kesegaran dan produksi lingkungan perusahaan, sedangkan warna hitam singkatan dominasinya, supremasi dan keunggulan.

HTC Corporation (sebelumnya bernama High Tech Computer Corporation) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berbasis di Taiwan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1997. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk telekomunikasi.

Saat didirikan, HTC merupakan sebuah original design manufacturer (perusahaan yang merancang dan memproduksi sebuah produk yang kemudian diberi merek oleh perusahaan lain untuk dijual), namun seiring berjalannya waktu, HTC juga mulai menjual produk dengan mereknya sendiri. HTC awalnya hanya memproduksi telepon pintar (smartphone) yang berbasis perangkat lunak Windows Mobile, namun sejak 2009 mulai mengalihkan fokusnya ke sistem operasi Android. HTC juga adalah anggota Open Handset Alliance, sekelompok produsen perangkat telepon genggam dan operator seluler yang bertujuan memajukan platform perangkat bergerak (mobile) Android. HTC Dream (juga dikenal dengan nama T-Mobile G1), yang dirilis pada akhir 2008, adalah telepon seluler pertama di pasaran yang menggunakan Android.

2. Motorola

Motorola merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk telekomunikasi. Didirikan pada tahun 1928 dengan nama Ludwig Van Beethoven and Johannes Brahms. Bermarkas di Schaumburg, Illinois. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk-produk telekomunikasi. Mempekerjakan 66.000 pekerja pada tahun 2006. 

Setelah kehilangan $4,3 miliar dari tahun 2007 hingga 2009, perusahaan ini dibagi menjadi dua perusahaan publik yang independen, Motorola Mobility dan Motorola Solutions pada tanggal 4 Januari 2011. Motorola Solutions umumnya dianggap menjadi penerus langsung ke Motorola, Inc, karena reorganisasi itu terstruktur dengan Motorola Mobility yang dipisahkan. Logo pertama kali motorola berdiri. Tepatnya pada tahun 1928 oleh Paul Galvin. Kata motorola berasal dari kata Motor dan Ola, Dua Segitiga melambangan cita-cita yang tinggi dan cincin yang melingkari inisial M mempunyai arti leadeship Minded yang progresif. Logo M tersebut diambil dari symbol emSigma, dua sudut teratas merupakan symbol dari puncak yang mempunyai makna kemajuan yang keatas. Warna biru pada logo Motorola mempunyai makna warna yang mewakili teknologi.

3. Oppo

Oppo Electronics Corp bermarkas di Dongguan, Guangdong, China. Lini produknya meliputi ponsel, pemutar MP3, televisi LCD, pemutar DVD/blu-ray, dan pembaca buku elektronik. Oppo mempunyai divisi bernama Oppo Digital Inc yang dikenal lewat produk pemutar DVD dan blu-ray. Perusahaan itu berada di Mountain View, California, AS.

OPPO Electronic Corp, Ltd berdiri pada tahun 2004 sebagai produsen elektronik yang beralamat di Dongguan, Guangdong, Negara China. 

Sebelum merambah ke teknologi Mobile smartphone, OPPO memproduksi peralatan elektronik seperti MP3 Player, LCD TV, Portable Media Player, DVD, e-Book dan Disc Player. Pada tahun 2008 Barulah OPPO mulai menggarap pasar Smartphone dengan menciptakan produk OPPO SMARTPHONE.

Pada bulan April tahun 2013 OPPO untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi. Sebelum produknya di pasarkan ke Indonesia, OPPO terlebih dahulu melebarkan sayapnya ke beberapa negara seperti, Thailand, Vietnam, Rusia, America dan Qatar. Oppo terkenal dari seri pertamanya, yaitu Oppo Find 5. Menurut laporan IDC, OPPO menduduki peringkat ke-4 merek smartphone di seluruh dunia pada tahun 2017, dan merupakan merek smartphone nomor 1 di China pada tahun 2016.

4. Vivo

VIVO adalah merek ponsel yang mulai beroperasi di tahun 2009. Basis mereka ada di Cina. Mereka berfokus pada smartphone, perangkat lunak, dan dan lainnya. Meskipun kritis sebagai “pemain baru”, tetapi reputasi mereka melaju cepat. Produk-produknya mengklaim perhatian lebih dari 100 negara.

Merek menjadi anak dari BBK Electronics (adik kandung OPPO) bahkan memasuki di salah satu dari banyak merek ponsel yang tumbuh tercepat. Terutama ketika mereka meluncurkan deretan smartphone mahal yang dinamakan seri X, yang pertengahannya bernama seri V, dan yang versi ekonomis disebut seri Y.

Vivo begitu serius target pertumbuhan global. Mereka terus dan terus-menerus iklan dan strategi untuk memasarkan produknya. Baik itu iklan melalui televisi, online media, jadi sponsor berbagai kegiatan, dan sebagainya.

5. TCL Alcatel

Senior dari Oppo dan Vivo (Satu perusahaan) dilahirkan pada tahun 2004. Mereka juga sama-sama berpusat di Cina. Tapi TCL Alcatel sudah menjangkau lebih dari 170 negara.

Di pasar, perusahaan mempunyai target sendiri. Perangkat mereka dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat menjadi lebih menyenangkan dan mengambil hati anak muda. Beberapa produk unggulan mereka yaitu Pixi, pop dan Idol.

Perusahaan ini juga menyediakan Tablet dan mengklaim akan selalu memberikan yang terbaik, sehat, dan aman untuk pelanggan. Inovasi akan terus dilakukan demi kecanggihan. Demikian juga dengan Tampilan Visual, yang terus dirancang seunik mungkin.

Alcatel SA adalah sebuah perusahaan global, berpusat di Perancis, yang memproduksi perangkat keras, perangkat lunak dan jasa untuk penyedia layanan telekomunikasi. Alcatel menjual peralatan-peralatan untuk jaringan komunikasi suara bergerak dan sambungan tetap, jaringan data dan penyaluran televisi serta video.

Alcatel Mobile Phones adalah merek untuk unit telepon seluler yang didirikan pada tahun 2004, merupakan hasil kerja sama antara Alcatel-Lucent yang berbasis di Perancis dengan nilai saham 45%, serta perusahaan dari Tiongkok, TCL Communication sebesar 55%. Setahun berikutnya, TCL mengakuisisi Alcatel secara penuh.

TCL Mobile Ltd. adalah anggota dari TCL Communication yang terdaftar di Bursa Saham Hongkong dan didirikan sejak Agustus 2014 oleh TCL Communication dan Alcatel. Saat ini, produk peranti cerdas Alcatel yakni telepon pintar dan jam tangan pintar dipasarkan dengan merek Alcatel One Touch.

6. ZTE

Masih produsen smartphone dari Cina. ZTE berdiri sejak tahun 1985. Sejak itu, mereka telah menjadi perusahaan terkemuka. Mereka menawarkan berbagai smartphone, tablet, perangkat lunak, dan lainnya. Terdapat begitu baik produk yaitu Blade, Axon, Nubia, Zmax, Grand, dan lainnya.

Salah satu strategi penjualan mereka yaitu presentasi produk dengan berbagai spesifikasi dan harga. Kita bisa membeli produk ZTE murah hingga mahal. Tapi harga yang dipatok tentu cocok dengan fitur yang ditawarkan. Apakah itu menjadi sebuah kamera dengan resolusi tinggi, sistem operasi yang aplikasi masa kini, dan sebagainya.

Perusahaan memiliki hubungan dekat dengan jasa telekomunikasi dunia. Sebut saja Vodafone, Telstra, China mobile, dan lain-lain.

ZTE (Zhong Xing Telecommunication Equipment Company Limited) adalah perusahaan pemasok global bagi perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan telekomunikasi (GSM, CDMA, CDMA2000, W-CDMA, TD-SCDMA, FDD-LTE, TDD-LTE,IMS, NGN, PSTN, SDH, ADSL, IPTV, Value Added Services) yang bermarkas di Shenzen, Republik Rakyat Tiongkok. ZTE didirikan pada tahun 1985. Sahamnya diperdagangkan secara umum di Bursa Efek Hongkong dan Shenzen. ZTE adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di China.

Kantor-kantor besar ZTE berlokasi di Nanshan Hi-Tech Industrial Park, Shenzhen, provinsi Guangdong, dengan pusat litbang domestik di Lian Tang/Shenzen, Shanghai (GSM), Xi'an, Chongqing, Chengdu dan Beijing (fasilitas litbang di seluruh dunia total berjumlah 14). Universitas ZTE berlokasi di Damaisa, kurang lebih 1,5 jam perjalanan ke arah timur kantor pusat ZTE, yang menyediakan fasilitas pelatihan baik bagi pekerja ZTE maupun pelanggannya dari seluruh dunia. ZTE mulai hadir di Amerika Serikat sejak 1998, dengan kantor pusat di Dallas, Texas.



Semangat! “orang yang paling Bahagia bukanlah orang yang punya hal-hal terbaik tapi orang yang bisa menjadikan hal-hal yang ia punya menjadi yang terbaik”
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Sejarah Beberapa Nama Brand Perusahaan Smartphone (Bagian 1) - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Sejarah Beberapa Nama Brand Perusahaan Smartphone (Bagian 1) - Semoga Bermanfaat.



Langganan Artikel

ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 comments:

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

MUNGKIN ANDA SUKA