Beranda Berita Umum Informasi Teknologi Internet Tips Komputer Tips Smartphone Android APK Mitra Advertise Donations
Artikel Menarik Lainnya

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » , » Tips Mengatasi Kecanduan Gadget (Game) Pada Anak

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget (Game) Pada Anak

Baca Juga

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget atau Game Pada Anak
Pada umumnya di zaman saat ini anak-anak memiliki kemampuan yang melebihi orang tua karena rasa ingin tau mereka yang masih sangat tinggi, apalagi terhadap sebuah perangkat gadget mereka mudah sekali untuk belajar menyalakan, menggeser layar, bahkan mengoperasikan gadget disaat mereka masih belum mampu untuk belajar membaca, menulis, naik sepeda, dan mengikat tali sepatu.

Menggunakan gadget bagi anak-anak tidak selalu membawa dampak yang buruk selama digunakan dengan tepat dan sesuai dengan umur anak sehingga keberadaan gadget bisa lebih bermanfaat bagi mereka. Misalnya sebagai media belajar interaktif, alat untuk mengasah kreativitas, dan sebagainya. 

Karena teknologi semakin maju sebagaimana yang telah Kami uraikan dalam artikel sebelumnya, yakni Pengaruh Media Informasi dan Teknologi dalam Era Zaman Now Bagi Anak-Anak, Maka hal ini dapat menimbulkan dilema bagi orang tua untuk memenuhi permintaan anaknya terhadap penggunaan gadget terutama bagi kebutuhan bermain game. 

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat Kita ketahui mengenai anak yang sudah kecanduan terhadap gadget, diantaranya:
  • Cenderung menggunakan gadget secara terus-menerus dan jarang mau untuk bersosialisasi berkumpul dengan keluarga atau dengan teman-teman sebayanya.
  • Cenderung marah apabila tidak diberi gadget atau saat diminta gadget-nya.
  • Jarang mau untuk diajak keluar rumah karena lebih betah dirumah agar bisa selalu menggunakan gadget.
  • Malas untuk melakukan rutinitas sehari-hari dan lebih memilih seru bermain gadget.
  • Sering tidak mau apabila dimintai tolong untuk melakukan sesuatu yang dianggap akan menghalangi anak untuk menggunakan gadget.
Jika Anda mengetahui bahwa anak Anda telah kecanduan terhadap gadget, maka jangan hanya tinggal diam, carilah cara atau panduan untuk menghilangkannya. Sebab hal itu sangat tidak baik untuk kemajuan cara berpikir anak.

Pahamilah mengenai dampak negatif terhadap kecanduan gadget bagi anak, penggunaan gadget membawa dampak negatif yang cukup besar bagi perkembangan anak. Dengan adanya kemudahan dalam mengakses berbagai media informasi dan teknologi, menyebabkan anak-anak menjadi malas bergerak dan beraktivitas. Mereka lebih memilih duduk diam di depan gadget dan menikmati dunia yang ada di dalam gadget tersebut, yang akan berdampak bagi kesehatan dan perkembangan tubuh anak, terutama otak dan psikologis anak.

Terlalu lama menghabiskan waktu menggunakan gadget juga dapat membawa pengaruh buruk bagi kemampuan sosialisasi anak. Anak-anak akan menjadi tidak tertarik untuk bermain bersama teman sebayanya karena lebih tertarik bermain dengan permainan digitalnya. mereka dapat menjadi susah berkonsentrasi dalam dunia nyata, karena mereka sudah terbiasa hidup dalam dunia digital.

Oleh karena itu, Kita sebagai orang tua harus dapat merubah kebiasaan anak-anak dalam menggunakan gadget, jangan sampai anak-anak Kita menjadi pecandu gadget disaat usia yang masih dini. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar anak-anak tidak lagi kecaduan terhadap gadget yakni:

1. Batasi Waktu

Sebagai orang tua Kita harus tegas menerapkan batasan waktu anak dalam menggunakan gadget agar dapat membentuk kebiasaan sehat dalam menggunakan teknologi pada anak. Jika hanya dengan teguran peringatan saja batasan waktu sulit diterapkan pada saat anak bermain gadget, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi perhitungan waktu yang nantinya secara otomatis akan mematikan atau mengunci gadget tersebut, sehingga gadget hanya bisa menyala dan terbuka kuncinya pada jam yang telah ditentukan.

Apabila anda membiarkan anak-anak menggunakan gadget tanpa batas waktu, maka mereka akan semakin kecanduan dan akan sulit untuk terlepas dari gadget tersebut.


Ada yang menyarankan bawah untuk anak-anak di atas usia 2 (dua) tahun dibatasi paling banyak menghabiskan waktu di depan gadget (termasuk perangkat lainnya seperti televisi dan komputer) hanya selama 2 (dua) jam. Selebihnya, anak-anak harus tetap dapat merasakan bermain dan bersosialisasi di luar rumah untuk belajar berinteraksi, berkomunikasi, dan juga mengenali emosi sehingga mereka memperoleh pengalaman langsung dengan apa yang dihadapinya secara langsun. Sedangkan untuk anak-anak dengan usia di bawah 2 (dua) tahun sebaiknya tidak diperkenalkan terlebih dahulu pada gadget.

2. Berikan Mainan Alternatif

Berikanlah mainan alternatif yang dapat mengalihkan perhatian anak-anak terhadap gadget, seperti mainan rumah-rumahan, boneka, mainan masak-masakan atau mainan mobil-mobilan. Cara seperti ini memang kurang efektif, tetapi setidaknya anak Anda masih memiliki beberapa pilihan mainan yang bisa untuk dimainkan. Anda juga dapat membiarkan anak-anak untuk bermain diluar rumah bersama teman-temannya asalkan permainan mereka tidak berbahaya dengan tetap mengawasi sesekali.

3. Orang Tua Harus Paham Teknologi

Anda sebagai orang tua sebaiknya harus paham terhadap teknologi, setidaknya Anda harus dapat menguasai cara mengoperasikan gadget yang dipakai oleh anak Anda. Apabila Anda tidak dapat mengoperasikan gadget yg digunakan anak, maka Anda harus sempatkan waktu untuk belajar menggunakannya. Anda dapat mencoba semua aplikasi dan permainan yang akan dipasang atau telah dipasang pada gadget anak-anak agar Anda dapat mengetahui bahwa semua aplikasi dan permainan yang ada sudah sesuai dengan usia anak.

4. Dampingi Anak Pada Saat Menggunakan Gadget

Orang tua harus selalu menyempatkan waktu untuk mendampingi anak ketika sedang bermain gadget. Anda dapat berdiskusi dan memberikan pemahaman tentang apa yang mereka lakukan di dalam gadget. Seperti di media sosial, Anda harus memberikan pemahaman etika sebagaimana kita di dunia nyata, Anda dapat memberikan pemahaman bahwa tidak semua teman di media sosial berusia sama dengannya. Contoh saja, saat membalas komentar dari tante atau orang yang lebih tua dari mereka, gunakan bahasa yang semestinya walaupun tidak bertemu secara langsung.

5. Jauhkan Gadget di Waktu-waktu Tertentu

Anda sebagai orang tua sebaiknya dapat menjauhkan gadget di waktu tertentu, seperti saat waktu tidur siang dan tidur malam, saat sedang belajar, saat sedang makan, dan sebagainya saat dimana aktifitasnya di dunia nyata harus dilakukan tanpa gadget. Bahkan Anda harus menegaskan kepada anak-anak untuk tidak membawa gadget pada saat keluar dari rumah, khususnya di saat sekolah, saat les bahasa inggris, dan sebagainya Agar anak-anak dapat tetap fokus pada apa yg dilakukannya, bukan pada gadget.

Apabila Anda kuatir karena gadget juga digunakan sebagai alat komunikasi antara Anda dengan anak-anak, maka khusus komunikasi diluar rumah Anda dapat membawakan anak-anak dengan ponsel biasa yang hanya bisa untuk telepon dan sms saja.

Letakkan semua perangkat media elektronik seperti televisi dan komputer bahkan gadget permainan seperti playstation di ruang keluarga. Dengan begini maka setiap anak-anak yang akan menggunakannya dapat tetap terawasi dengan baik. Selain itu perangkat gadget seperti smartphone dan playstation sebaiknya tidak diserahkan pada anak sepenuhnya, biarlah anak-anak yang meminta izin terlebih dahulu jika ingin menggunakannya, dan ambil kembali setelah selesai.

6. Perlakukan Gadget dengan Benar

Kebiasaan memberikan janji dan imbalan penggunaan gadget sebagai bentuk suap agar anak-anak mau mengikuti keinginan orang tua, kebiasaan ini harus dihindari. Hal ini akan menjadikan anak-anak semakin sulit untuk lepas dari gadget. Orang tua harus memberikan pemahaman dan membiasakan kepada anak-anak untuk menjadikan teknologi sebagai alat, bukan sebagai mainan. Maka ketika teknologi digunakan sesuai fungsinya, bukan sebagai suatu hadiah, anak-anak akan membuat hubungan yang sehat dengan teknologi.

7. Luangkan Waktu Anda untuk Anak

Kebiasaan orang tua yang tidak ada waktu untuk berkumpul atau bermain bersama anak adalah hal yang kurang tepat apabila Anda sebagai orang tua menginginkan anak Anda tidak kecanduan gadget. Kebanyakan anak-anak lebih memilih menghabiskan waktunya untuk menggunakan gadget dikarenakan mereka merasa kesepian dan kurang perhatian dari orang tuanya. Oleh karena itu sebaiknya Anda selaku orang tua jangan terlalu sibuk bekerja atau sibuk sendiri beraktifitas dengan gadget Anda, sebaiknya Anda dapat meluangkan waktu semaksimal mungkin untuk anak-anak.

8. Batasi Pengunaan Jaringan Internet

Koneksi internet di rumah yang selalu aktif dan stabil akan membuat anak-anak semakin mudah dan leluasa mengakses internet setiap saat, bahkan terkadang anak akan semakin mengurung diri di kamarnya untuk fokus menggunakan gadget. Hal ini akan semakin menyulitkan Anda untuk melepas kecanduan anak dari gadget. Maka dari itulah anda sebaiknya dapat membatasi penggunaan jaringan internet di luar kebutuhan anda.

9. Lakukan Kegiatan Diluar Rumah

Pada umumnya Kita sebagai orang tua tidak menginginkan anak-anak untuk bermain di luar rumah. Hal ini memang memiliki tujuan yang baik untuk melindungi anak dari berbagai hal buruk yang mungkin bisa terjadi. Tetapi ada baiknya apabila Anda juga dapat memberi kesempatan kepada anak-anak untuk bermain di luar rumah supaya tidak kesepian dan bisa sejenak terlupa dengan gadget.

Kalau memang Anda tetap melarang anak-anak bermain diluar dengan teman-temannya, maka anda harus dapat menyempatkan diri untuk mengajak anak-anak beraktifitas diluar rumah, seperti mengajaknya untuk berkunjung ke rumah teman sekolahnya, karena dengan begitu Anda tetap bisa mengawasinya tanpa takut ada hal buruk yang mungkin terjadi. Selain itu Anda juga dapat tau dan mengenal siapa dan bagaimana teman-teman anak Anda serta keluarganya, karena dengan banyak teman maka anak Anda akan memiliki kesibukan baru dan bisa lupa dengan gadgetnya.

Selain itu, ketika anda sudah tidak ada pekerjaan atau sedang tidak sibuk, ajaklah anak-anak anda untuk jalan-jalan di waktu sore atau malam hari. Dengan begitu anak-anak akan merasa senang dan asyik sehingga mereka akan sejenak lupa dengan gadgetnya.

10. Perbanyak Waktu Kegiatan Anak

Perbanyak kesibukan anak-anak yang bermanfaat dengan memperbayak kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan oleh anak, seperti les bahasa inggris, les matematika, les gitar, les piano, les menari, atau les lainnya yang terkait dengan hobby dan kesukaan anak-anak. Dengan begini waktu anak-anak dalam sehari akan disibukkan dengan aktifitas yang lebih bermanfaat sehingga mereka tidak berkesempatan untuk menggunakan gadget.

11. Orang Tua Memberikan Contoh yang Baik

Hal ini yang paling penting diantara semua cara-cara diatas guna membuat anak-anak Anda tidak candu terhadap gadget. Dengan memberikan contoh yang baik maka secara tidak langsung anak-anak akan meniru apa yang orang tua lakukan. Jangan sampai Anda melarang anak-anak tetapi dilain sisi Anda sebagai orang tua selalu sibuk dengan gadget Anda sendiri.

Itulah beberapa tips yang bisa Kita lakukan untuk mencegah anak-anak dari kecanduan gadget atau game. Oleh karena itu, setelah membaca artikel ini Anda dapat meletakan gadget Anda dan mulailah bermain bersama anak-anak Anda. 😁 Jangan lupa Subscribe dan Follow situs ini untuk selalu mendapatkan update artikel-artikel dari Kami.
Rekomendasi Artikel :
- Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru
- Tips yang Harus Dilakukan Pada Saat Membeli Smartphone Baru
- Rangkuman Kode-Kode Rahasia Smartphone (HP) Android

Semoga berguna.
My best regard, thx 😊


Semangat! “Siapa yang bisa menerima kelemahannya sesungguhnya baru saja menambah satu kelebihan pada dirinya”

Reaksi Anda Terhadap Artikel Ini

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Tips Mengatasi Kecanduan Gadget (Game) Pada Anak - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Tips Mengatasi Kecanduan Gadget (Game) Pada Anak - Semoga Bermanfaat. Estimasi Membaca Seluruh Artikel Tips Mengatasi Kecanduan Gadget (Game) Pada Anak.

Berikan Penilaian Anda untuk Artikel Tips Mengatasi Kecanduan Gadget (Game) Pada Anak:
Langganan Artikel

ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 komentar:

  1. Keren ya, bisa dicoba nih. Adek gue susah dipisahin sama gadgetnya gara-gara kecanduan game moba analog.

    Btw, mampir ke sini juga ya:
    https://goo.gl/3WkZ8v

    ReplyDelete
  2. Iya bisa dicoba dan diterapkan sama adeknya, semoga berguna.

    Btw, udah berkunjung balik, keren artikel2 nya, semangat.

    ReplyDelete

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

You Might Like