Tips / Cara Agar Baterai Smartphone Android Anda Awet (Tahan Lama)

Alangkah kesalnya apabila disaat membutuhkan tiba-tiba smartphone kita tidak dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dikarenakan habis dayanya.
Tips / Cara Agar Baterai Smartphone Android Anda Awet (Tahan Lama)

Tips Agar Baterai Smartphone Android Anda Tahan Lama

Saat ini kebutuhan gadget khususnya smartphone sudah menjadi hal utama dalam kehidupan kita sehari-hari karena kegunaannya yang sangat bermanfaat bagi kita untuk menunjang aktifitas. 

Kesiapan baterai smartphone merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan dalam beraktivitas sehari-hari. Selalu mengupayakan untuk mengisi penuh daya baterai Anda disaat sebelum melakukan perjalanan dan disaat ada kesempatan untuk melakukan pengisian daya.

Kebutuhan kelengkapan baterai tambahan sangat diperlukan dalam beraktifitas, misalnya baterai cadangan bila smartphone Anda menggunakan baterai terpisah, powerbank sebagai sumber listrik darurat jika smartphone sudah mulai kehabisan daya, penghubung atau konektor listrik khusus baik itu konektor untuk berbagai macam jenis type smartphone maupun konektor charger listrik untuk di mobil atau kendaraan umum. 

Alangkah kesalnya kita apabila disaat kita membutuhkan tiba-tiba smartphone yang kita miliki tidak dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dikarenakan habis dayanya.

Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi tips untuk menjaga agar baterai smartphone anda bisa lebih awet dan tahan lama. 

Hal ini berdasarkan pengalaman sendiri serta beberapa referensi yang telah kami rangkum.

1. Perlakuan isi daya smartphone yang tepat

  • Usahakan untuk tidak menggunakan smartphone anda pada saat sedang di isi daya atau di cas (charge), karena akan melemahkan kondisi baterai smartphone tersebut yang secara tidak langsung akan mengakibatkan baterai mudah drop hingga dapat merusak komponen didalam smartphone tersebut. 
  • Sebaiknya matikan smartphone pada saat mengisi daya. Hal ini berguna agar baterai benar-benar terisi dengan maksimal. 
  • Isi daya baterai smartphone anda sesegera mungkin pada saat indikator baterai sudah dibawah 25%, jangan anda tunggu daya dalam baterai kosong kemudian anda lakukan pengisian daya.
Anda dapat mengosongkan baterai smartphone guna kalibrasi baterai tetapi jangan sering anda lakukan karena jika daya dalam baterai terlalu sering kosong maka akan membuat sel atau cairan dalam baterai menurun kualitasnya sehingga bisa menyebabkan panas yang berlebihan yang pada akhirnya akan membuat baterai smartphone anda rusak.
  • Jangan terlalu lama melakukan pengisian daya, apabila sudah penuh segera lepas kabel pengisi daya smartphone anda sehingga tidak sampai terjadi panas yang berlebihan atau overheat. Hal ini untuk menjaga agar konektor pada baterai dan konektor pada smartphone tidak mudah rusak.
  • Usahakan untuk selalu menggunakan alat pengisi daya (charger) yang asli milik smartphone anda. Dengan menggunakan alat pengisi daya yang asli maka pengisian yang dilakukan akan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh baterai smartphone anda. Apabila anda menggunakan alat pengisi daya yang lain atau berbeda maka akan menyebabkan baterai mudah rusak, bahkan akan memberikan dampak pada performa pengisian daya yang lebih lama.

2. Mengatur penggunaan smartphone

  • Dalam penggunaan smartphone usahakan untuk tidak digunakan secara terus menerus tanpa waktu untuk beristirahat, hal ini akan membuat smartphone bekerja terus menerus hingga menyebabkan overheat. 
  • Kurangi time out layar atau waktu yang dibutuhkan smartphone untuk mematikan layar bila tidak digunakan.
  • Matikan auto rotation atau fitur memutar tampilan layar secara otomatis, fitur ini tidak terlalu dibutuhkan secara terus menerus, aktifkan apabila anda sedang ingin membuka dan menelusuri foto-foto koleksi anda, fitur ini sangat berguna untuk menelusuri album foto anda.
  • Atur dan sesuaikan kecerahan layar smartphone anda. Dengan kecerahan layar yang sangat terang maka akan memakan daya yang cukup besar. Anda bisa mengaturnya ke otomatis.
  • Gunakan kamera seperlunya, penggunaan kamera yang terlalu lama juga bisa membuat baterai boros dan mesin overheat, apalagi pada saat daya dalam baterai sedang sedikit dan pada kondisi jaringan sinyal yang kurang bagus. 
  • Hindari overheat, anda harus menjaga agar suhu samrtphone adan tidak panas, jika anda merasakan panas yang berlebihan sebaiknya anda simpan terlebih dahulu atau jangan dulu digunakan hingga suhu smartphone anda normal kembali. 
  • Matikan konektivitas seperti bluetooth, Wifi, dan lainnya jika tidak di pakai, gunakanlah ketika dibutuhkan saja, dan kalau bisa kurangi volume suara untuk notification/pemberitahuan. 
  • Jangan gunakan gambar background animasi, gunakanlah gambar yang biasa atau yang tidak bergerak. 
  • Pakailah Headset untuk mendengarkan musik agar penggunaan daya baterai bisa lebih hemat. 
  • Aktifkan mode pesawat jika anda berada di daerah yang kurang sinyal untuk menghemat daya karena smartphone anda tidak perlu lagi mencari sinyal.  
  • Tutup proses aplikasi yang masih berjalan jika tidak akan digunakan lagi.
  • Terakhir yang tidak kalah penting, selalu membawa alat pengisi daya (charger) atau powerbank kemanapun anda pergi.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kami bagi dengan anda untuk menjaga agar baterai smartphone lebih awet dan tahan lama. Apabila anda memiliki pengalaman atau masukan saran lainnya, silahkan komentar di bawah agar bisa kami masukan atas nama anda. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik Kami lainnya.

---------  Semoga bermanfaat  ---------
Semangat! “Jika anda mengubah pikiran anda, anda akan mengubah perasaan Anda. Hal ini akan membuat tindakan Anda berubah, hal ini pasti mengubah kehidupan anda”
Baca juga :

Terima kasih sudah membaca Artikel Tips / Cara Agar Baterai Smartphone Android Anda Awet (Tahan Lama) - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.