Beranda Berita Umum Informasi Teknologi Internet Tips Komputer Tips Smartphone Android APK Mitra Advertise Donations
People Liked

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » , » Tips Cara Melakukan Pengaturan (Setting) Awal Modem ZTE F609

Tips Cara Melakukan Pengaturan (Setting) Awal Modem ZTE F609

Baca Juga

Tips Cara Melakukan Pengaturan (Setting) Awal Modem Indihome ZTE F609 Fiber
Pada artikel kali ini kami akan mengulas mengenai cara melakukan pengaturan awal (basic settings) pada modem ZTE F609 yang biasa digunakan pada jaringan internet fiber. Kebetulan disalah satu studio kerja kami baru saja memasang jaringan internet, sehingga dari pengalaman itu serta dari beberapa referensi kami merangkumnya dalam artikel ini. Lumayan untuk dijadikan referensi bila suatu saat anda dirumah atau dikantor juga memasang jaringan internet dengan menggunakan modem ZTE F609 ini, anda tidak perlu memanggil para teknisi untuk mengaturnya, anda bisa melakukannya sendiri.

Pengaturan dasar Modem ZTE

1. Masuk ke Pengaturan Modem ZTE F609

Untuk masuk ke menu pengaturan Modem ZTE F609 lakukan langkah-langkah berikut :
  • Hubungkan gadget anda (smartphone atau komputer/laptop) dengan jaringan internet modem tersebut. Untuk smartphone bisa melalui koneksi wifi, sedangkan untuk komputer atau laptop bisa menggunakan wifi atau menggunakan koneksi kabel LAN yang terhubung pada port 3 modem (port untuk koneksi internet).
  • Setelah tersambung dengan jaringan internet, anda bisa membuka aplikasi browser anda.
  • Selanjutnya masukan IP gateway modem tersebut pada address bar browser anda. Biasanya IP gateway modem adalah "192.168.1.1" (ketik di addrees bar browser tanpa tanda petik) kemudian "Enter" atau "Go".
  • Maka akan muncul jendela masuk login modem ZTE.
  • Kemudian isikan user name dan password-nya, biasanya akses yang bisa digunakan adalah Username : admin, Password : admin, atau Username : user, Password : user. Tapi saat ini kebanyakan untuk admin sudah tidak dapat digunakan lagi, kita sebagai pelanggan biasanya hanya dapat mengakses login masuk menggunakan Username : user, dan Password : user.
  • Setelah mengisi username dan password maka selanjutnya tekan tombol login untuk masuk ke jendela pengaturan modem.

2. Mengatur Nama Wifi

Untuk mengatur nama wifi anda dapat melakukan langkah-langkah berikut :
  • Setelah masuk login, pada jendela pengaturan modem lihat menu sidebar sebelah kiri.
  • Pilih dan klik menu "Network - WLAN - SSID Settings".
  • Pada halaman sebelah kanan cari isian kolom "SSID Name".
  • Isikan kolom tersebut dengan nama yang anda inginkan untuk jaringan wifi internet anda.
  • Kalau sudah, selanjutnya klik tombol "Submit" dikanan bawah halaman untuk menjalankan perubahan yang anda lakukan.

3. Mengatur Password Wifi

Selanjutnya untuk mengatur password wifi anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
  • Pada jendela pengaturan modem lihat menu sidebar sebelah kiri.
  • Pilih dan klik menu "Network - WLAN - Security".
  • Pada halaman sebelah kanan cari isian kolom "WPA Passphrase".
  • Isikan kolom tersebut dengan password yang anda inginkan untuk mengakses jaringan wifi internet anda.
  • Password yang anda masukkan harus minimal 8 karakter yang boleh terdiri dari kombinasi huruf, angka, huruf besar atau huruf kecil.
  • Kalau sudah, selanjutnya klik tombol "Submit" dikanan bawah halaman untuk menjalankan perubahan yang anda lakukan.
Catatan : Disarankan untuk sering merubah password wifi anda minimal seminggu sekali (atau disesuaikan dengan kebutuhan anda), guna menghindari adanya para pengguna wifi yang tidak anda inginkan atau para pembobol wifi.

4. Merubah Password Login Modem

Pada bahasan diatas sudah kami bahas mengenai cara masuk login pada modem, dimana caranya adalah menggunakan username dan password admin ataupun user. Nah password pada masuk login modem inilah yang sebaiknya anda rubah sesuai dengan keinginan anda karena password tersebut adalah password terbuka yang sudah diketahui oleh masyarakat secara umum. 

Dengan merubah password masuk modem maka secara khusus hanya anda sendiri yang tau passwordnya, bahkan teknis sendiri pun tidak akan bisa masuk pada pengaturan modem anda dengan menggunakan username user tanpa anda izinkan dengan memberikan password anda, para teknisi hanya bisa mengakses dengan username admin mereka.
Merubah password masuk modem ini bertujuan agar pengaturan modem wifi anda lebih aman dari tindakan yang tidak diinginkan, misalnya setelah terhubung dengan internet wifi anda, kemudian ada yang dengan sengaja merubah password wifi atau merubah salah satu pengaturan di modem sehingga anda sendiri selaku pemilik tidak dapat lagi masuk dan terhubung dengan jaringan wifi internet anda.
Kalau sudah kejadian seperti itu, maka mau atau tidak mau anda harus memanggil teknis melalui operator layanan untuk memperbaikinya, oleh karena itu sangat disarankan untuk anda menjaga keamanan pengaturan modem dengan merubah password masuk login modem anda.

Caranya lakukan langkah-langkah berikut :
  • Setelah masuk login, pada jendela pengaturan modem lihat menu sidebar sebelah kiri.
  • Pilih dan klik menu "Administration - User Management".
  • Pada halaman sebelah kanan akan muncul kolom merubah password dengan username user (username tidak dapat dirubah).
  • Selanjutnya isikan kolom "Old Password" dengan password lama yakni "user", kemudian pada kolom "New Password" anda dapat mengisikan password baru yang anda kehendaki, selanjutnya isi kembali password baru tersebut pada kolom "Confirmed Password".
  • Kalau sudah, selanjutnya klik tombol "Submit" dikanan bawah halaman untuk menjalankan perubahan yang anda lakukan.
Catatan : Setelah mengubah password masuk login modem anda, disarankan untuk anda mengingatnya dengan pasti atau anda dapat mencatatnya di arsip file dalam komputer anda atau di agenda anda agar bisa anda buka kembali sewaktu anda lupa. Karena akses masuk login modem sangatlah penting.

5. Melihat Perangkat yang Terhubung dengan Wifi Modem

Disini adalah cara untuk dapat mengetahui dan memantau para pengguna internet modem wifi anda. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui apakah ada penyusup atau perangkat yang tidak anda izinkan telah terhubung pada koneksi internet wifi anda.

Caranya adalah sebagai berikut :
  • Setelah masuk login, pada jendela pengaturan modem lihat menu sidebar sebelah kiri.
  • Pilih dan klik menu "Network - WLAN - Associated Devices".
  • Pada halaman sebelah kanan akan muncul halaman yang berisi tabel daftar perangkat yang terhubung dengan modem wifi anda. Nama perangkat yang terhubung akan di tampilkan dalam bentuk MAC Address.
  • Untuk mengetahui penggunanya anda bisa melakukan pengecekan MAC Address masing-masing perangkat yang anda percayai untuk terhubung dengan internet wifi anda. Bila ada MAC Address yang tidak sesuai dengan perangkat yang anda percayai, maka bisa jadi MAC Address tersebut adalah perangkat penyusup atau orang lain yang tidak anda inginkan. Cara melihat MAC Address pada suatu perangkat dapat anda lihat pada artikel cara melihat MAC address pada komputer dan Smartphone [1].
  • Anda dapat sesekali melakukan "refresh" daftar tersebut untuk mengecek kembali apakah ada tambahan pengguna baru atau tidak. Klik tombol "refresh" pada ujung kanan bawah halaman.

6. Memblokir Perangkat Tak Dikenal yang Terhubung dengan Wifi Modem

Setelah anda mengetahui perangkat mana saja yang tidak anda inginkan untuk terhubung dengan modem internet wifi anda, maka anda bisa memblokir perangkat tersebut, sehingga perangkat tersebut tidak akan dapat lagi terhubung dengan modem internet wifi anda.

Caranya ikuti langkah-langkah berikut :
  • Setelah masuk login, pada jendela pengaturan modem lihat menu sidebar sebelah kiri.
  • Pilih dan klik menu "Network - WLAN - Access Control List".
  • Pada halaman sebelah kanan akan muncul halaman Access Control List.
  • Buka kolom "Mode" dan pilih "Block".
  • Pada kolom MAC Address isikan kode MAC Address perangkat yang akan anda blokir.
  • Kemudian klik tombol "Add" untuk menambahkan perangkat tersebut kedalam tabel daftar MAC Address yang diblokir.
  • Seterusnya secara otomatis perangkat yang anda daftarkan dalam tabel tersebut akan terblokir dan tidak dapat terhubung pada jaringan modem wifi anda.
  • Bila anda ingin membuka blokir perangkat tersebut, anda bisa klik tombol "hapus" yang berbentuk "icon tempat sampah" disebelah kanan daftar
    MAC Address perangkat tersebut.

Itulah bahasan mengenai cara melakukan pengaturan awal (basic settings) pada modem ZTE F609 yang biasa digunakan pada jaringan internet fiber yang bisa anda coba untuk diterapkan sendiri. 

Dari penjelasan diatas apabila belum jelas bisa anda bertanya pada kolom komentar atau apabila anda memiliki tips cara pengaturan dasar lainnya untuk modem ZTE F609 bisa anda sampaikan pada kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.
Rekomendasi Artikel :
- Fungsi dan Kegunaan Kode QR (Quick Response Code)
- Media Penyimpanan Data Online Gratis
- Tips Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome

Semoga berguna.
My best regard, thx 😊


Semangat! “Nilai manusia ditentukan bukan dari apa yang diperoleh melainkan apa yang telah diberikan”

Reaksi Anda Terhadap Artikel Ini

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Tips Cara Melakukan Pengaturan (Setting) Awal Modem ZTE F609 - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Tips Cara Melakukan Pengaturan (Setting) Awal Modem ZTE F609 - Semoga Bermanfaat. Estimasi Membaca Seluruh Artikel Tips Cara Melakukan Pengaturan (Setting) Awal Modem ZTE F609 .

Berikan Penilaian Anda untuk Artikel Tips Cara Melakukan Pengaturan (Setting) Awal Modem ZTE F609 :
Langganan Artikel

ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

You Might Like