Beranda Berita Umum Informasi Teknologi Internet Tips Komputer Tips Smartphone Android APK Mitra Advertise Donations
Artikel Menarik Lainnya

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » » Tips Cara Memilih Laptop Untuk Desain Grafis

Tips Cara Memilih Laptop Untuk Desain Grafis

Baca Juga

Tips Cara Memilih Laptop Untuk Desain Grafis
Laptop merupakan perangkat yang saat ini sudah menjadi kebutuhan utama sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat dimasa yang serba teknologi. Untuk anda yang bekerja di bidang desain grafis, saat ini laptop sudah dikembangkan kemampuannya hingga setara dengan PC atau komputer desktop dalam bidang desain grafis.

Berikut ini kami coba memberikan beberapa saran yang dapat anda gunakan dalam memilih laptop yang dapat anda gunakan secara optimal untuk membantu kebutuhan anda dibidang desain grafis. Simak tips berikut ini :

A. Processor

Pemilihan processor sebenarnya cukup sensitif, karena hardware ini termasuk komponen utama dalam sebuah perangkat laptop yang nantinya tidak dapat anda upgrade lagi, beda dengan komputer desktop atau PC, jadi sebaiknya anda harus memilih yang benar-benar tepat bagi anda dan dapat digunakan dalam masa waktu yang lama sehingga anda tidak perlu lagi menjual laptop anda untuk meng-upgrade ke spesifikasi yang lebih tinggi.
Dalam desain grafis menggunakan laptop dengan spesifikasi processor paling tinggi saat ini sangatlah dibutuhkan, agar pengerjaan desain menjadi lebih optimal. Desain grafis membutuhkan spek tertentu agar hasil yang didapatkan menjadi lebih sempurna.
Processor untuk desain grafis sebaiknya menggunakan processor dengan clock speed yang besar, jumlah inti otak (core) yang besar pula, selain itu harus memiliki sistem hyper threading, dan cache yang besar. Tapi perlu diperhatikan pula ketika clock speednya besar akan menghasilkan laptop yang cepat panas. Ini akan menjadi hambatan tersendiri karena menjadi tidak hemat energi.

Pada seri INTEL CORE di era saat ini jenis processor dengan GHz yang tinggi, anda dapat memilih Intel Core i7 atau minimal i5. Sedangkan pada seri AMD saat ini sebaiknya anda memilih A series.

B. RAM

Komponen yang paling berpengaruh dalam bagaimana anda mampu bekerja lebih prima, semakin tingginya kapasitas RAM yang anda miliki. Maka akan sangat membantu anda dalam bekerja multi tasking.

Pilih RAM minimal 4GB yang berjalan di laptop 64bit, atau RAM 8GB lebih optimal. Jika laptop anda hanya berkecepatan 32Bit lebih baik menggunakan RAM 4Gb, karena maksimal RAM yang dapat digunakan pada komputer 32 Bit hanyalah 4Gb, lebih dari itu akan diabaikan oleh sistem operasi 32Bit, supaya tidak percuma begitu saja. Terakhir pilih jenis RAM DDR4 atau DDR3 karena lebih baik dari pada DDR2, bahkan sekarang telah muncul type RAM DDR5.
Jangan lupa juga pilih laptop yang menyediakan upgrade RAM. Hal ini akan sangat berkaitan dengan pengaruh RAM terhadap kerja komputer yang menjadi lebih optimal sehingga suatu saat bisa anda tambahkan RAM baru.

C. Video Card

Anda haruslah pandai dalam memilih video graphic card yang akan anda gunakan sehari-hari dalam laptop anda. 

Pilihlah graphic card yang memiliki memori besar yang tidak akan membuat laptop anda lamban dalam memproses desain grafis. Anda dapat memilih video graphic card dari Nvidia GeForce series atau dari ATI Radeon series dengan memori minimal 2 GB.
Jangan lupa, usahakan pilih laptop yang video graphic cardnya terpisah atau berdiri sendiri, jangan memilih yang on-board yang akan membagi penggunaan memorinya dengan RAM yang ada.

D. Monitor

Semua laptop maupun PC dalam menggunakannya kita pasti behadapan dengan layar atau destopnya. Karena itu cermatlah dalam memilih layar yang pas untuk digunakan dalam sehari hari.

Untuk desain grafis alangkah baiknya pilihlah layar dengan ukuran yang besar. Ukuran besar disini bukan terletak pada ukuran inchinya, tapi pada resolusi-nya. Disarankan minimal anda gunakan layar dengan resolusi 1366 x 768.

Lebih baik jika menggunakan layar yang benar-benar menggunakan resolusi yang sudah langsung besar contohnya 1600 x 900. Dan untuk anda yang suka bekerja diluar ruangan dan agak terganggu dengan layar laptop yang sering silau jika terkena cahaya pilihlah monitor dengan layar anti-glossy atau anti-glare.

E. Pendingin

Bekerja di bidang grafis dengan membuka aplikasi yang besar secara bersamaan (multi tasking) akan membuat laptop anda cepat panas sehingga sering terjadi overheat. 

Karena itu pilih laptop yang bekerja dengan sirkulasi pendingin yang baik, yang membuat anda akan lebih nyaman bekerja. Atau gunakan kipas pendingin tambahan seperti coolingpad dan sejenisnya.

Jika laptop menjadi lebih panas akan sangat berakibat pada dampak pengaruh CPU usage yang lebih tinggi. Jika hal ini terus terjadi bukan tidak mungkin dalam waktu dekat akan menurunkan kinerja dari laptop, bahkan lama-kelamaan akan cepat membuat laptop anda rusak


Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memilih spesifikasi laptop yang sesuai untuk desain grafis. Kalau anda mempunyai tips atau cara tambahan lainnya terkait artikel ini, bisa anda sampaikan kepada kami di kolom komentar agar bisa kami tambahkan sesuai masukan anda. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik Kami lainnya.

Semangat! “Jangan permainkan perasaan seseorang, jika memang tak ada rasa lebih baik jujur saja, jangan jadi alasan untuk seseorang terluka”

Reaksi Anda Terhadap Artikel Ini

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Tips Cara Memilih Laptop Untuk Desain Grafis - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Tips Cara Memilih Laptop Untuk Desain Grafis - Semoga Bermanfaat. Estimasi Membaca Seluruh Artikel Tips Cara Memilih Laptop Untuk Desain Grafis.

Berikan Penilaian Anda untuk Artikel Tips Cara Memilih Laptop Untuk Desain Grafis:
Langganan Artikel

ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

You Might Like