ARTIKEL

Wacana Online Mengenai Informasi Teknologi Seputaran Komputer, Smartphone, Tutorial dan Tips yang Mengedukasi.

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » , » Tips Cara Memperbaiki Memory Card (MicroSD) Yang Rusak

Tips Cara Memperbaiki Memory Card (MicroSD) Yang Rusak



Baca Juga

Tips Cara Memperbaiki Memory Card (MicroSD) Yang Rusak

Pada artikel kali ini kami ingin memberikan beberapa panduan tips atau cara mengenai perbaikan kartu data MicroSD atau Memory Card yang rusak dengan beberapa cara. Berdasarkan Wikipedia, MicroSD (Micro Secure Digital) adalah kartu memori non-volatile yang dikembangkan oleh SD Card Association yang digunakan dalam perangkat portable. Saat ini, teknologi microSD sudah digunakan oleh lebih dari 400 merek produk serta dianggap sebagai standar industri de-facto.

Memory Card / MicroSD Rusak

Kerusakan memory card pada umumnya sulit untuk diketahui secara pasti, terkadang tanpa kita sadari memory card tersebut telah rusak. Memory card atau MicroSD merupakan media penyimpanan tambahan untuk smartphone atau perangkat digital lainnya seperti handycam, camera digital, GPS, dan sebagainya.

Memory card biasanya digunakan sebagai media penyimpanan data tambahan dalam menunjang ruang media penyimpanan data utama yang berada pada perangkat yang menggunakannya seperti pada smartphone, walapun pada sebagian smartphone, memory card dapat juga diatur menjadi tempat penyimpanan data utama guna menghemat kapasitas ruang penyimpanan internal pada smartphone tersebut.
 

Rusaknya kartu memory secara fisik seperti kartu memori patah, rusak bodinya karena mungkin terkena tekanan yang keras atau kerusakan fisik lainnya, pada umumnya jarang sekali terjadi atau bahkan dapat dikatakan tidak pernah terjadi. Karena kartu memori memiliki bentuk yang kecil atau micro sehingga jarang untuk dikeluarkan dari perangkat penggunanya seperti smartphone. 

Kebanyakan pada saat ingin memindahkan data maka yang digunakan sebagai media penghubungnya adalah perangkat penggunanya, sehingga kartu memori hampir tidak pernah untuk sering dilepas dari perangkat penggunanya. Oleh karena itu kerusakan secara fisik bisa dikatakan hampir tidak pernah terjadi.
Kerusakan pada kartu memory biasanya hanya terjadi pada sistem penyimpanan didalam kartu memori tersebut, sehingga data-data yang ada tersimpan didalamnya (seperti file lagu, video, foto dan gambar-gambar) tidak lagi dapat terbaca, atau tidak terdeteksi, bahkan mengalami error.

Penyebab Memory Card / MicroSD Rusak

  • Kartu memori yang rusak biasanya disebabkan karena sering kali dilepas dan dipasang pada perangkat penggunanya untuk keperluan memindahkan data-data didalam kartu memori tersebut. Dengan memperlakukan memori card seperti ini, maka dapat menimbulkan kerusakan pada kartu memori.
  • Selain itu kerusakan kartu memori juga bisa disebabkan karena anda melepas kartu memori dari perangkat penggunanya seperti smartphone, card reader, komputer dan sebagainya secara tidak tepat, yakni dengan cara langsung melepas kartu memori dari slot kartunya dalam kondisi perangkat penggunanya masih aktif atau menyala. Hal ini biasanya yang paling banyak terjadi, mungkin karena terburu-buru atau kelupaan bahkan karena tidak tahu cara melepas dan memasang kartu memori yang benar.
  • Kartu memori dapat rusak karena sering dilepas secara langsung dari smartphone atau Komputer (perangkat pengguna). Pada saat perangkat pengguna kartu memori masih dalam keadaan menyala dan aktif, perangkat tersebut masih membaca dan mengakses data didalam kartu memori, apabila langsung dilepas maka akan menimbulkan kesalahan pembacaan oleh perangkat dan kartu memori. Sehingga hal ini akan dapat merusak data file yang ada bahkan dapat juga merusak sistem pada kartu memori tersebut.
  • Kartu memori dapat rusak karena terkena cairan seperti minyak atau kotoran cairan lainnya. Terkena kotoran cairan dapat juga menghambat perangkat untuk mendeteksi kartu memori tersebut. Karena kotoran cairan tadi menutupi kuningan lempengan pada kartu memori.

    Cara Agar Memory Card / MicroSD Tidak Mudah Rusak

    • Disarankan, jika anda ingin memindahkan data dari perangkat anda misalkan dari smartphone anda ke komputer atau sebaliknya, jangan lepas memori card dari smartphone, anda dapat menggunakan kabel data yang dihubungkan antara smartphone dan komputer.
    • Sama halnya bila anda ingin memindahkan data dalam kartu memori kamera digital, gunakan kabel data yang menghubungkan kamera digital dengan komputer anda. Hal ini bisa mengurangi resiko kerusakan pada kartu memori anda. Walau terkadang proses pemindahan dengan kabel data terasa lebih lama, akan tetapi hal ini relatif aman untuk kartu memori anda. 
    • Cara melepas kartu memori yang tepat pada smartphone, kamera digital, dan sebagainya yang sejenis, yakni dengan mematikan smartphone anda terlebih dahulu, tunggu sekitar 10 detik setelah perangkat tersebut mati, selanjutnya anda bisa melepas kartu memori dari tempatnya. 
    • Begitu juga sebaliknya, bila anda ingin memasang kartu memori pada smartphone anda, sebaiknya dilakukan pada saat smartphone tersebut dalam keadaan mati, kemudian anda masukan kartu memori pada tempatnya, dan selanjutnya anda bisa menyalakan kembali smartphone anda. 
    • Untuk melepas memori card yang terhubung dengan komputer melalui card reader, smartphone, ataupun kamera digital dan perangkat lain sejenisnya, disarankan untuk anda melakukan "Eject" perangkat terlebih dahulu dari komputer tersebut sebelum anda mencabut kartu memori. 
    • Usahakan anda memegang kartu memori dengan kondisi tangan yang bersih dan kering, serta jauhkan dari segala bentuk cairan yang ada disekitar anda. 
    • Jauhkan dari berbagai perangkat atau alat yang memiliki daya magnet yang cukup besar, karena medan magnet dapat mempengaruhi struktur data dalam sistem memori card.
    • Anda harus pandai merawat kartu memori yang anda miliki. Kebanyakan pemilik kartu memori mengabaikan hal-hal yang kecil seperti diatas. 
    • Disarankan agar anda lebih hati-hati dalam melepas, memasang, dan membersihkan kartu memori anda.

        Cara Memperbaiki Memory Card / MicroSD Rusak Tidak Terbaca

        Apabila kartu memori anda dalam kondisi rusak, error, atau tidak terbaca yang mungkin disebabkan oleh beberapa penyebab diatas, maka disini kami dapat memberikan beberapa tips langkah awal untuk memperbaiki kartu memori anda yang telah rusak. 

        Diharapkan dengan tips ini minimal anda dapat menyelamatkan data-data didalam kartu memori secara keseluruhan terlebih dahulu, kemudian anda dapat berharap kartu memori anda dapat digunakan kembali secara normal.

        1. Bersihkan Lempengan Tembaga

        • Anda harus mematikan smartphone atau perangkat anda terlebih dahulu, tunggu sekitar 10 detik kemudian anda dapat melepas kartu memori dari slot perangkatnya.
        • Ambil dan siapkan penghapus pensil yang berwarna putih.
        • Ambil kartu memori tersebut, kemudian anda bersihkan lempengan tembaga pada bagian bawah kartu memori tersebut dengan menggunakan penghapus pensil.
        • Gosok penghapus pensil pada lempengan tembaga kartu memori dengan pelan-pelan secara searah sampai terlihat bersih. Hindari adanya sentuhan jari pada lempengan tembaga tersebut.
        • Kemudian bersihkan juga slot tempat kartu memori pada smartphone atau perangkat anda.
        • Setelah selesai, masukkan kembali kartu memori pada slot tempat kartu memori pada smartphone atau perangkat anda. 
        • Perhatikan apakah kartu memori sudah dapat terbaca/terdeteksi di smartphone atau perangkat anda.
        • Jika masih belum bisa terbaca atau terdeteksi, maka anda dapat mencoba cara berikutnya.

        2. Repair/Format Ulang Kartu Memori Melalui Smartphone

        • Pastikan smartphone anda dalam kondisi mati sebelum anda memasukan kartu memori pada slot tempat kartu memori smartphone anda.
        • Setelah smartphone dinyalakan, masuk pada pengaturan (settings).
        • Pilih pengaturan/setting - pilih sistem - penyimpanan/storage - kemudian pilih erase/format SD Card (pada Smartphone Android dan iPhone hampir sama). 
        • Untuk Smartphone Blackberry, anda dapat masuk pada pilihan option - device - storage - Media card storage - klik bbm - pilih repair/format. 
        • Catatan : Jika anda melakukan repair, maka data yang ada pada kartu memori akan tetap aman dan masih ada, namun jika anda melakukan format maka data di kartu memori akan terhapus. Disarankan untuk memilih repair.
        • Setelah selesai, anda dapat melakukan pengecekan data-data di bagian media, perhatikan apakah data dalam kartu memori sudah dapat terbaca atau belum. 
        • Kalau anda melakukan format biasanya akan muncul tampilan kapasitas kartu memori anda. 
        • Jika dengan cara ini masih belum juga bisa terbaca atau terdeteksi, maka anda dapat mencoba cara berikutnya.

        3. Cek Error Kartu Memori Melalui Komputer

        • Siapkan card reader atau perangkat pembaca kartu memori.
        • Masukan kartu memori pada card reader tersebut.
        • Kemudian nyalakan komputer/Laptop anda.
        • Hubungkan card reader melalui port USB ke Komputer/Laptop.
        • Tunggu sampai komputer/laptop mendeteksi kartu memori anda.
        • Apabila komputer tidak mendeteksi kartu memori anda, maka sudah dipastikan anda tidak dapat melakukan cara ke-3 ini. Disarankan anda langsung menggunakan cara ke-5 dibawah.
        • Apabila komputer sudah mendeteksi kartu memori anda, masuk pada Windows Explorer - pilih Drive yang mendeteksi kartu memori - klik kanan - pilih Properties - masuk pada tab Tools - kemudian pilih Error Checking - centang semua - Start - tunggu sampai selesai. 
        • Bila sudah selesai, lepas kartu memori anda dengan menggunakan eject drive kartu memori.
        • Kemudian masukan kembali pada smartphone anda.
        • Anda dapat melakukan pengecekan melalu smartphone anda apakah sudah bisa terbaca atau belum.
        • Jika masih belum bisa terbaca atau terdeteksi anda dapat mengulang langkah Ke-2 sekali lagi.
        • Jika masih belum juga bisa terbaca atau terdeteksi, maka kemungkinan besar data yang ada sudah tidak dapat diselamatkan lagi secara langsung.
        • Selanjutnya anda dapat mencoba cara berikutnya.

        4. Format Kartu Memori Melalui Komputer

        • Siapkan card reader atau perangkat pembaca kartu memori.
        • Masukan kartu memori pada card reader tersebut.
        • Kemudian nyalakan komputer/Laptop anda.
        • Hubungkan card reader melalui port USB ke Komputer/Laptop.
        • Tunggu sampai komputer/laptop mendeteksi kartu memori anda.
        • Apabila komputer tidak mendeteksi kartu memori anda, atau bila dipastikan kartu memori anda rusak berat maka akan ada pesan "Usb Not Recognized" atau tidak terdeteksi. Maka sudah dipastikan anda tidak dapat melakukan format dengan cara ke-4 ini. Disarankan anda langsung menggunakan cara ke-5 dibawah.
        • Tapi, jika kartu memori anda masih dapat terbaca oleh komputer, maka akan muncul pop up jendela pemberitahuan "Open File".
        • Masuk pada Windows Explorer - pilih Drive yang mendeteksi kartu memori - klik kanan - pilih Format, pada jendela format pilih File System FAT16 atau FAT32 - klik Start - tunggu sampai proses selesai.
        • Setelah selesai, lakukan Eject drive - dan cek di smartphone apakah kartu memori anda sudah bisa terbaca ataukah belum.
        • Jika masih belum bisa terbaca atau terdeteksi, maka anda dapat mencoba cara berikutnya.

        5. Gunakan Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat

        Pada dasarnya, Kartu Memori memiliki kesamaan dengan Flashdisk. Keduanya merupakan media penyimpanan yang sama-sama dibaca sebagai removable drive oleh komputer/laptop, hanya saja bentuknya yang berbeda.

        Disini kami menyarankan anda untuk menggunakan card reader untuk menjadikan kartu memori sebagai flashdisk sehingga anda dapat mencoba beberapa cara yang telah kami uraikan pada artikel tips memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat.[1]

        Kemudian apabila cara ini juga belum cukup memberikan hasilnya, maka selanjutnya anda bisa melakukan cara dibawah ini.

        6. Menggunakan Bantuan Software Tambahan

        Cara ini merupakan cara terakhir yang dapat anda lakukan setelah anda mencoba beberapa cara perbaikan awal diatas. Disini kami menyarankan anda untuk menggunakan bantuan software tambahan yang biasa digunakan untuk memperbaiki dan memformat flashdisk seperti "HP USB Disk Storage Format Tool", "HDD GURU Low Level Format" dan "HP Drive Key Boot Utility" dan sebagainya.
        Apabila cara ini juga belum bisa memperbaiki kartu memori anda yang rusak, maka sudah dapat dipastikan kartu memori anda tersebut rusak parah dan tidak mungkin dapat digunakan lagi, disarankan anda dapat menggunakan jasa service di konter terdekat, atau anda dapat melakukan klaim garansi bila kartu memori anda original dan masih dalam masa garansi.

        Kesimpulan

        Kalau memang semua cara diatas juga masih tidak bisa, bahkan anda juga tidak bisa melakukan klaim garansi, maka disarankan lebih baik anda membeli kartu memori yang baru yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan smartphone atau perangkat anda, jangan lupa untuk merawat dan memperlakukannya secara hati-hati agar tidak cepat rusak lagi.


        Itulah beberapa tips cara awal memperbaiki memory card (MicroSD) yang rusak. Anda dapat mencobanya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disampaikan diatas.
         

        Apabila anda mengalami kesulitas saat mencoba langkah-langkah diatas dan apabila anda mempunyai masukan dan tips lainnya bagi kami untuk melengkapi artikel ini, anda dapat mengisinya di kolom komentar, jangan pernah sungkan atau ragu untuk berkomentar, apalagi untuk memberi masukan bagi kami. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.
        Rekomendasi Artikel :
        - Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru
        - Tips yang Harus Dilakukan Pada Saat Membeli Smartphone Baru
        - Rangkuman Kode-Kode Rahasia Smartphone (HP) Android
        - Tips Agar Aplikasi Android di Smarphone Tidak Update Otomatis
        - Tips / Cara Agar Baterai Smartphone Android Anda Awet
        Semoga berguna.
        My best regard, thx 😊


        Semangat! “90% dari kegagalan berasal dari orang-orang yang memiliki kebiasaan membuat alasan-alasan”
        Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Tips Cara Memperbaiki Memory Card (MicroSD) Yang Rusak - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
        Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Tips Cara Memperbaiki Memory Card (MicroSD) Yang Rusak - Semoga Bermanfaat.



        Langganan Artikel

        ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

        Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

        « Previous
        « Prev Post
        Next »
        Next Post »

        2 comments:

        Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

        MUNGKIN ANDA SUKA