ARTIKEL

Wacana Online Mengenai Informasi Teknologi Seputaran Komputer, Smartphone, Tutorial dan Tips yang Mengedukasi.

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » » Tips Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Flashdisk

Tips Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Flashdisk



Baca Juga

Tips Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Flashdisk
Hai, salam sejahtera. berdasarkan beberapa permintaan dari teman-teman, kali ini kami ingin membagikan artikel mengenai tips cara mengembalikan data atau file Anda yang hilang baik disengaja maupun tanpa disengaja dari media penyimpanan flashdisk. Sebaiknya sebelum anda bingung bagaimana cara mengembalikan data atau file Anda yang hilang dari flashdisk, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa penyebab data atau file Anda bisa hilang dari media penyimpanan flashdisk tersebut. 

Beberapa cara awal untuk mengembalikan data yang hilang di flashdisk dengan cara berikut:

A. Data atau File Hilang Karena Tidak Sengaja Terhapus

Data Anda dapat hilang tanpa sengaja karena terhapus atau tidak sengaja Anda menekan tombol "Delete" pada file yang tidak ingin Anda hapus.

Caranya mengembalikan data : 
  • Anda dapat menggunakan fitur "pembatalan perintah sebelumnya" saat itu juga dengan menekan kombinasi tombol "CTRL + Z" (Undo) pada "Window Explorer", maka secara otomatis file yang terhapus tadi akan kembali lagi.
  • Bila tidak bisa, Anda dapat memeriksa keberadaan data atau file yang terbuang tanpa sengaja tersebut pada tong sampah atau "Recyle Bin", bila masih ada di tong sampah maka file tersebut dapat dikembalikan dengan memilih file kemudian "klik kanan" dan pilih "Restore", secara otomatis file atau data tersebut akan kembali ke folder atau tempat asalnya.

    B. Data atau File Hilang Karena Virus

    Ada juga kehilangan data akibat virus, dalam hal ini biasanya file anda tersebut tidak hilang, biasanya virus hanya menyembunyikannya dalam flashdisk tersebut sehingga anda tidak dapat melihatnya dan menganggap flashdisk tersebut telah kosong dengan kondisi data yang hilang. 

    Apabila data file Anda hilang dari flashdisk atau tampak tidak ada data dalam flashdisk alias tampak dalam kondisi kosong, anda dapat melakukan pemeriksanaan untuk mengetahui apakah flashdisk tersebut benar-benar kosong dengan data yang hilang atau data-data yang ada hanya disembunyikan oleh virus sehingga flashdisk tampak kosong.
    Caranya Melakukan Pemeriksaan :
    • Anda dapat memeriksa kapasitas flashdisk tersebut, pilih drive dengan nama flashdisk Anda atau biasa bertulis "Removable Disk", kemudian "klik kanan" lalu pilih "Properties".
    • Pada jendela properties akan tampak grafik lingkaran mengenai kapasitas flashdisk, apabila "total use adalah 0 (nol)" berarti flashdisk memang kosong dan data benar-benar telah hilang dari flashdisk anda.
    • Tetapi apabila "total use masih menunjukan angka yang cukup besar" berarti data anda masih ada sebesar kapasitas total use tadi, bisa dimungkinkan data anda disembunyikan oleh virus dan masih ada didalam flashdisk anda.
    Cara mengembalikan data akibat disembunyikan virus :
    • Pada tampilan "Windows Explorer" tekan tombol "Alt" kemudian akan muncul menu pada bagian atas, pilih menu "View" (pada sebagian versi windows yang lama anda bisa pilih menu "Tools") kemudian pilih "Option".
    • Maka akan muncul jendela "Folder Option", masuk pada tab "View".
    • Kemudian pada kolom "Advance settings" geser kebawah, cari dan pilih "Show Hidden Files, Folder, And Drive", kemudian dibawahnya lagi matikan centang pada kotak "Hide Protected operating System Files (Recommended)" Selanjutnya Anda dapat menekan tombol "Apply" untuk menjalankan pilihan Anda dan menekan tombol "OK" untuk menutup jendela tersebut. 
    • Selanjutnya Anda dapat kembali ke drive flashdisk anda lagi, perhatikan file atau data yang hilang mungkin sudah ada kembali.
    • Anda dapat menyalinnya ke dalam hardisk Anda untuk melakukan backup data kemudian scan flashdisk anda dengan anti virus terbaik yang anda miliki.
    • Jika dengan cara ini data dan file anda masih belum muncul dan masih tetap hilang, anda bisa mencoba cara selanjutnya.
    Cara menampilkan data tersembunyi di flashdisk menggunakan Command Prompt :
    • Buka fitur "Command Com" pada windows dengan menekan kombinasi tombol "Win + R", kemudian ketik "cmd" (tanpa tanda petik) lalu tekan OK. 
    • Setelah jendela Command Com muncul ketik "CD.." (tanpa tanda petik) kemudian tekan "Enter"
    • Selanjutnya ketik drive flashdisk Anda berada, misal di drive G, maka ketik "G:" kemudian tekan "Enter". 
    • Pada drive G anda ketik perintah "ATTRIB *.* -S -H -R /S /D" (tanpa tanda petik) kemudian tekan "Enter". Perintah ini adalah perintah untuk membuka semua jenis data atau file yang disembunyikan (hidden).
    • Selanjutnya Anda dapat kembali ke drive flashdisk anda di Windows Explorer, perhatikan file atau data yang hilang mungkin sudah muncul kembali.
    • Anda dapat menyalinnya ke dalam hardisk Anda untuk melakukan backup data kemudian scan flashdisk anda dengan anti virus terbaik yang anda miliki.
    • Jika dengan cara ini juga data dan file anda masih belum muncul dan masih tetap hilang, maka data anda telah benar-benar hilang secara permanen dan anda bisa mencoba cara selanjutnya.

      C. Data atau File Hilang Permanen

      Cara mengembalikan data atau file yang terhapus secara permanen tidak bisa Anda lakukan secara manual, Anda harus menggunakan aplikasi atau software tambahan untuk mengembalikan data yang hilang tersebut.

      Banyak aplikasi untuk mengembalikan data yang hilang di media penyimpanan flashdisk (Recovery File), salah satunya adalah dengan menggunakan software "PC Inspector File Recovery". Software ini adalah aplikasi yang paling umum digunakan karena bersifat gratis dan mudah digunakan. 

      Cara mengembalikan data atau file yang terhapus permanen dengan menggunakan software "PC Inspector File Recovery" adalah sebagai berikut:
      • Download aplikasi PC Inspector File Recovery, cari saja langsung di browser Anda, kami tidak menyediakan link nya. 
      • Setelah Anda download dan install aplikasi terebut, silahkan Anda jalankan aplikasinya.
      • Pada tampilan aplikasi yang muncul, cari dan pilih "Recovery Deleted Files".
      • Kemudian pilih drive tempat flashdisk yang hilang data atau filenya, centang drive tersebut. 
      • Selanjutnya proses scanning file akan berjalan, tunggu hingga proses scanning selesai.
      • Setelah selesai maka akan muncul daftar data atau file yang hilang pada flashdisk tersebut.
      • Jika file atau data dalam status Good, maka data tersebut dapat dikembalikan dalam kondisi yang baik (tidak corrupt). 
      • Pilih file atau data yang ingin Anda kembalikan (restore), kemudian "klik kanan" dan klik pada pilihan "Save to ....", Anda dapat menetukan tujuan penyimpanan file atau data tersebut.
      • Maka file tersebut akan direstore oleh aplikasi pada lokasi yang telah Anda tentukan tadi, tunggu sampai proses restoring selesai.
      • Periksa pada folder tempat Anda menyimpan file atau data tadi, dan bisa Anda coba untuk dibuka.

      Kesimpulan

      Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan data atau file yang hilang atau terhapus pada media penyimpanan flashdisk. Hal ini juga dapat diterapkan pada media penyimpanan lainnya seperti Memory Card, MicroSD, bahkan pada Hardisk, akan tetapi apabila Anda menerapkannya pada hardisk akan membutuhkan waktu yang lama dan sebaiknya anda bisa menggunakan aplikasi batuan yang lain yang ditujukan khusus untuk recovery data dari harddisk. Untuk melakukan recovery data yang hilang dari hardisk akan kami bagikan langkah-langkahnya pada artikel berikutnya, nantikan artikel kami selanjutnya.

      Apabila Anda mempunyai tips atau cara tambahan lainnya terkait artikel ini, atau ada pertanyaan yang mungkin bisa kami bantu, bisa Anda sampaikan kepada kami di kolom komentar agar bisa kami tambahkan tips cara Anda tersebut atas nama Anda dan kami akan coba memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda.

      Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.
      Rekomendasi Artikel :
      - Tips dalam Memilih Laptop atau Komputer Untuk Desain Grafis
      -
      Tips Menjaga Agar Baterai Laptop Anda Awet Tahan Lama
      - Tips Cara Merawat Flashdisk Anda Agar Tetap Tahan Lama (Awet)

      Semoga berguna.
      My best regard, thx 😊

      Semangat! “Untuk meraih apa yang benar-benar anda inginkan fokus saja tidak cukup. Anda harus memiliki rasa lapar untuk meraihnya”
      Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Tips Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Flashdisk - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
      Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Tips Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Flashdisk - Semoga Bermanfaat.



      Langganan Artikel

      ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

      Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

      « Previous
      « Prev Post
      Next »
      Next Post »

      0 comments:

      Post a Comment

      Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

      MUNGKIN ANDA SUKA