Beranda Berita Umum Informasi Teknologi Internet Tips Komputer Tips Smartphone Android APK Mitra Advertise Donations
People Liked

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » » Tips Mengatasi Smartphone (HP) yang Terkena Air

Tips Mengatasi Smartphone (HP) yang Terkena Air

Baca Juga

Tips Mengatasi Smartphone (HP) yang Terkena Air
Pernahkah Anda mengalami hal ini? wah semoga jangan sampai ya, selalu jaga smartphone kesayangan Anda. Pada artikel kali ini kami ingin membagikan mengenai tips atau cara yang dapat Anda lakukan apabila smartphone atau ponsel Anda terkena air atau bahkan terendam air, apalagi kalau smartphone Anda belum memiliki kemampuan yang tahan terhadap air. Walau Anda sudah selalu menjaga dan berhati-hati, tetapi kejadian ini bisa saja terjadi karena kelalaian kita sendiri. Setidaknya artikel ini bisa dijadikan referensi wacana apabila suatu saat Anda, keluarga Anda, teman Anda atau orang lain disekitar Anda mengalami kejadian ini. Tanpa basa-basi lagi, untuk mengatasi kejadian ini maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah penanganan yang kami sampaikan berikut :

1. Langsung Matikan Smartphone (HP) Anda

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah secepatnya matikan smartphone Anda secara langsung tanpa menggunakan perintah matikan daya yang biasa Anda lakukan pada saat mematikan smartphone Anda, langsung lepas saja baterainya. Tapi bagi Anda yang memiliki smartphone dengan baterai yang bersifat non-removable atau baterai tanam, tidak apa-apa Anda dapat mematikannya melalu tombol daya secepatnya dan pastikan smartphone Anda benar-benar dalam keadaan mati.

2. Bersihkan Sisa Air yang Ada

Setelah smartphone Anda benar-benar telah mati, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan sisa-sisa air yang ada, bersihkan dengan kain yang memiliki kemampuan menyerap baik, misalnya dengan tisu atau handuk.

Apabila smartphone Anda terkena air laut maka terlebih dahulu Anda bisa bilas dengan air tawar agar terhindar dari korosif atau karat pada komponen ponsel, dan hati-hati ketika membersihkannya jangan sampai layarnya kemasukan air. Kemudian Anda bisa membersihkannya dengan detail hingga seluruh bagian komponen smartphone yang dapat Anda jangkau. Gunakan pembersih telinga atau cotton bud untuk menjangkau bagian yang sulit dijangkau oleh jari Anda.

3. Keringkan Smartphone

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan smartphone dan komponen-komponennya. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, antara lain :
  • Gunakan pengering rambut atau hairdryer untuk beberapa menit secara pelan-pelan dan hati-hati jangan sampai tekanan udara yang ditiupkan dari hairdryer bisa mengarahkan air lebih masuk kedalam sela-sela smartphone Anda.
  • Anda dapat juga menggunakan kompressor udara dengan tekanan yang kecil untuk mengusir air yang ada di dalam komponen dengan mengarahkannya ke tiap celah di smartphone Anda.
  • Bisa juga menggunakan kipas angin, Anda dapat menggantung smartphone tersebut di depan kipas angin dan biarkan seharian.
  • Alternatif lainnya Anda bisa mengeringkannya dengan membungkus smartphone Anda dengan tisu atau koran bekas kemudian masukan kedalam timbunan beras dan biarkan hingga 2 atau 3 hari untuk memastikan smartphone Anda benar-benar kering. 
  • Ada juga referensi yang mengatakan untuk membungkus smartphone Anda dengan tisu atau koran bekas kemudian masukkan dalam freezer kulkas rumah Anda. Karena, Tisu akan menyerap air dan suhu dingin akan mengeringkan air dengan membekukannya. Simpan dalam waktu semalam kemudian ganti tisu atau koran pembungkusnya kemudian tinggalkan semalam lagi. Bisa Anda coba dan lakukan langkah ini berulang kali hingga smartphone Anda benar-benar kering dan dapat menyala kembali.
Setelah Anda yakin smartphone Anda telah benar-benar kering, maka Anda bisa memasang kembali komponen-komponennya kemudian coba untuk menyalakan kembali.
Intinya, smartphone yang terkena air tidak boleh dinyalakan sebelum smartphone tersebut benar-benar kering agar tidak terjadi konslet pada komponen didalam perangkat tersebut.
Jika langkah-langkah yang telah disampaikan diatas tidak membuahkan hasil yang maksimal maka Anda dapat membawanya smartphone Anda ke service center. 😅

Demikianlah tips atau cara yang dapat Anda lakukan apabila smartphone atau ponsel Anda terkena air. Setidaknya artikel ini bisa dijadikan referensi wacana apabila suatu saat diperlukan. Apabila Anda memiliki cara yang lain silahkan bantu kami melengkapi dengan mengisi dikolom komentar dibawah ini. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik Kami lainnya.
Rekomendasi Artikel :
- Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru
- Tips yang Harus Dilakukan Pada Saat Membeli Smartphone Baru
- Cara Agar Aplikasi Android di Smarphone Tidak Update Otomatis

Semoga berguna.
My best regard, thx 😊


Semangat! “Terdapat hukum dalam ilmu psikologi yang menyatakan, bahwa jika Anda membentuk suatu gambaran di pikiran Anda mengenai apa yang akan terjadi dan Anda terus mengingat gambaran itu dalam kurun waktu yang panjang, Anda akan segera menjadi apa yang Anda pikirkan”

Reaksi Anda Terhadap Artikel Ini

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Tips Mengatasi Smartphone (HP) yang Terkena Air - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Tips Mengatasi Smartphone (HP) yang Terkena Air - Semoga Bermanfaat. Estimasi Membaca Seluruh Artikel Tips Mengatasi Smartphone (HP) yang Terkena Air.

Berikan Penilaian Anda untuk Artikel Tips Mengatasi Smartphone (HP) yang Terkena Air:
Langganan Artikel

ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

You Might Like