ARTIKEL

Wacana Online Mengenai Informasi Teknologi Seputaran Komputer, Smartphone, Tutorial dan Tips yang Mengedukasi.

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » » Tips Mengetahui Fungsi Lain Tombol Volume Pada Smartphone Android

Tips Mengetahui Fungsi Lain Tombol Volume Pada Smartphone Android



Baca Juga

Tips Mengetahui Fungsi Lain Tombol Volume Pada Smartphone Android
Pastinya anda semua sudah tahu apa fungsi dari tombol volume pada smartphone atau ponsel android anda, yakni untuk mengatur tingkat volume besar dan kecil keluaran suara dari smarphone anda. Tahukah anda bahwasanya tombol volume pada smartphone juga memiliki fungsi yang lain yang mungkin belum anda ketahui, khususnya pada smartphone yang berbasis android.

Pada artikel ini kami ingin berbagi kepada anda mengenai fungsi lain dari tombol volume pada smartphone atau ponsel yang berbasis android selain fungsi utamanya sebagai pengatur volume suara keras atau pelan smartphone. 

Tombol volume pada smartphone atau ponsel yang biasanya digunakan untuk mengatur besar kecil-nya suara notifikasi maupun lagu, ternyata memiliki fungsi yang lain juga. Mungkin fungsi lain yang akan kami uraikan dalam artikel ini sebagian dari anda sudah ada yang mengetahuinya, tapi sebagian besar fungsi lainnya mungkin juga belum anda ketahui. Nah, anda dapat mengetahuinya dengan menyimak uraian berikut ini.

Fungsi tombol volume pada smartphone atau ponsel yang berbasis platform sistem operasi android

1. Tombol Volume Untuk Screenshot

Anda pasti sudah tahu apa itu screenshot, screenshot adalah tangkapan layar, yakni teknik yang dilakukan untuk menangkap tampilan yang ada dilayar smartphone atau ponsel menjadi bentuk file gambar, fungsi screenshot ini mungkin sudah familiar bagi anda.

Dengan memanfaatkan tombol volume kita bisa melakukan screenshot, caranya dengan menekan kombinasi "Tombol Volume Down" dan "Tombol Power" secara bersamaan, atau pada smartphone tertentu lainnya dapat menggunakan kombinasi "Tombol Volume Up" dan "Tombol Power" yang ditekan secara bersamaan, maka dengan cara itu anda sudah dapat menangkap tampilan layar. 
Sekarang dengan mencoba cara ini anda sudah dapat menangkap gambar apapun di layar smartphone atau ponsel android anda kapan saja.

2. Tombol Volume Untuk Recovery Mode

Selanjutnya tombol volume pada smartphone anda juga dapat berfungsi sebagai peralihan dari Normal Mode ke Recovery Mode. Recovery Mode adalah sebuah sistem menu untuk pemulihan perangkat android yang dapat di akses dengan cara menekan kombinasi tombol di perangkat android tersebut.
Recovery Mode biasanya dibutuhkan pada saat anda melakukan update atau downgrade firmware smartphone android anda secara manual, menghapus semua data dan mengembalikan ke setelan pabrik, menghapus cache, atau biasa juga dibutuhkan saat smartphone anda akan di lakukan rooting.
Dengan memanfaatkan tombol volume kita bisa masuk kedalam recovery mode, caranya yakni pada saat smartphone anda sudah dalam kondisi mati, anda dapat menyalakannya dengan menekan kombinasi "Tombol "Volume Down" dan "Tombol Power" secara bersamaan hingga anda rasakan getaran pada smartphone kemudian anda bisa lepaskan, selanjutnya smartphone akan menyala dan masuk recovery mode. Untuk memilih menu didalam recovery mode anda dapat menggunakan tombol volume up untuk geser keatas dan tombol volume down untuk geser ke menu dibawahnya serta gunaka tombol power untuk memilih.

3. Tombol Volume Untuk Fastboot Mode/CSC Mode

Kemudian tombol volume pada smartphone anda juga dapat berfungsi sebagai peralihan dari Normal Mode ke Fastboot Mode/CSC Mode. Fasboot mode adalah protokol yang dapat digunakan untuk melakukan flash pada perangkat android yang dapat di akses dengan cara menekan kombinasi tombol di perangkat android tersebut.
Fastboot Mode biasanya dibutuhkan pada saat anda akan melakukan flash smartphone android anda. Fastboot merupakan tools yang dirilis dalam paket android SDK sebagai alternatif untuk melakukan recovery ataupun instalasi update. jadi dengan masuk pada mode ini anda dapat melakukan flashing, flash recovery, melakukan pengecekan koneksi fastboot (jika ada serial number berarti terhubung sempurna), melakukan Reboot pada perangkat android anda, dan melakukan reboot ke bootloader.
Dengan memanfaatkan tombol volume kita bisa masuk kedalam recovery mode, caranya yakni pada saat smartphone anda sudah dalam kondisi mati, anda dapat menyalakannya dengan menekan kombinasi "Tombol "Volume Up" dan "Tombol Power" secara bersamaan hingga anda rasakan getaran pada smartphone kemudian anda bisa lepaskan, selanjutnya smartphone akan menyala dan masuk pada Fasboot Mode. Untuk memilih menu didalam recovery mode anda dapat menggunakan tombol volume up untuk geser keatas dan tombol volume down untuk geser ke menu dibawahnya serta gunaka tombol power untuk memilih.

4. Tombol Volume Untuk Shortcut Aplikasi

Tombol volume pada smartphone anda juga dapat digunakan sebagai pembuka aplikasi cepat atau shortcut untuk menjalankan aplikasi tertentu. Untuk menggunakan fungsi ini bisa anda cari pengaturannya pada menu pengaturan (setting) smartphone anda (tidak semua smartphone sudah ada pengaturannya). Selain itu anda juga dapat mengaturnya dengan bantuan aplikasi QuickClick, aplikasi ini dapat memberikan pengaturan untuk menjadikan tombol volume sebagai shortcut menjalankan aplikasi tertentu.

5. Tombol Volume Untuk Mencerahkan Cahaya Layar

Selain beberapa kegunaan diatas, tombol volume juga berguna untuk mencerahkan atau meredupkan cahaya layar anda. Untuk menggunakan fungsi ini bisa anda cari pengaturannya pada menu pengaturan (setting) smartphone anda, kemudian masuk pada menu "fitur", aktifkan fungsi ini. Dengan mengaktifkan fungsi ini maka anda sudah bisa mengatur kecerahan layar anda dengan tombol volume yang ada.

6. Tombol Volume Untuk Membuka Lock Screen

Selain beberapa kegunaan diatas, tombol volume juga berguna sebagai pembuka Lock Screen Android Anda. Untuk menggunakan fungsi ini bisa anda cari pengaturannya pada menu pengaturan (setting) smartphone anda.

7. Tombol Volume Untuk Zoom Camera

Pada aplikasi kamera, tombol volume dapat anda atur sebagai tombol Zoom in atau Zoom Out pada Kamera. Penggunaan tombol volume dalam user interface ini sudah ada pada beberapa aplikasi kamera. Ubahlah fungsi tombol volume menjadi shorcut untuk Zoom In atau Zoom Out pada pengaturan kamera. Sehingga cara ini menjadi jalan pintas untuk memperbesar maupun memperkecil ukuran gambar yang akan diambil. Tombol volume up digunakan untuk memperbesar gambar (zoom in) dan tombol volume down untuk memperkecil tampilan gambar (zoom out).

8. Tombol Volume Untuk Shutter Camera

Selain itu juga pada pengaturan kamera, anda dapat mengatur tombol volume sebagai tombol Shutter kamera. Ubahlah fungsi tombol volume menjadi Shutter pada pengaturan kamera. Sehingga Anda tidak terlalu sulit saat akan mengambil atau melakukan shoot pada saat anda mengabadikan peristiwa penting dalam bentuk foto maupun video melalui smartphone anda.

9. Tombol Volume Untuk Menghidupkan Layar

Kemudian yang terakhir, yakni tombol volume dapat digunakan untuk menghidupkan layar smartphone anda. Biasanya saat menghidupkan layar, Anda pasti akan selalu menekan tombol power atau atau menggunakan fitur double tap to wake yakni fitur mengetuk 2 kali layar samartphone anda. Tetapi apabila pada smartphone anda tidak terdapat fitur double tap to wake dan tombol power smartphone anda sedang rusak, maka anda dapat menggunakan tombol volume untuk menghidupkan layar Anda. Cara ini tidak perlu diatur lagi, secara default semua smartphone android dapat dihidupkan layarnya dengan menggunakan tombol volume.

Itulah beberapa tips fungsi tombol volume pada smartphone atau ponsel yang berbasis platform sistem operasi android. Anda dapat mencobanya sendiri pada smartphone atau ponsel kesayangan anda.

Apabila anda mempunyai masukan dan tips lainnya bagi kami untuk melengkapi artikel ini, anda dapat mengisinya di kolom komentar, jangan pernah sungkan atau ragu untuk berkomentar, apalagi untuk memberi masukan. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

Rekomendasi Artikel :
- Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru
- Tips yang Harus Dilakukan Pada Saat Membeli Smartphone Baru

- Rangkuman Kode-Kode Rahasia Smartphone (HP) Android

Semoga berguna.
My best regard, thx 😊

Semangat! “sukses sering datang kepada orang yang berani bertindak, sukses jarang datang kepada penakut yang tidak berani menerima konsekuensi”
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Tips Mengetahui Fungsi Lain Tombol Volume Pada Smartphone Android - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Tips Mengetahui Fungsi Lain Tombol Volume Pada Smartphone Android - Semoga Bermanfaat.



Langganan Artikel

ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

MUNGKIN ANDA SUKA