Beranda Berita Umum Informasi Teknologi Internet Tips Komputer Tips Smartphone Android APK Mitra Advertise Donations
Artikel Menarik Lainnya

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » » Perbandingan Sistem Operasi 32bit dan 64bit

Perbandingan Sistem Operasi 32bit dan 64bit

Baca Juga

Perbandingan Sistem Operasi 32bit dan 64bit
Perkembangan dunia teknologi dewasa ini telah merambah ke semua lini perangkat digital yang mengusung tingkat teknologi yang terus dikembangkan khususnya dalam pengembangan sistem operasinya.

Perkembangan sistem operasi baik itu pada perangkat komputer untuk Personal Computer (PC) berupa komputer desktop maupun laptop sudah tersedia dalam dua jenis, yakni sistem operasi yang menggunakan versi 32-bit dan yang menggunakan versi 64-bit. 

Tidak hanya itu, perkembangan versi sistem operasi ini pun telah dikembangkan didunia smartphone atau telepon pintar yang ditujukan untuk mengoptimalkan kinerja otak utama dalam perangkat keras smartphone yakni prosesor. 

Dewasa ini sangat banyak pengguna komputer yang cenderung memilih untuk menggunakan sistem operasi 64 bit dibandingkan dengan penggunaan sistem 32 bit pada perangkat komputer atau gadget mereka. Tidak hanya pada komputer saja, pada perangkat smartphone juga dikembangkan sistem operasi dengan versi 32bit dan 64bit, tapi apakah Anda sebenarnya paham perbedaan diantara keduanya? dan bagaimana mengentahui kalau perangkat komputer atau smartphone Anda menggunakan sistem dengan versi 32bit atau 64bit? 

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai perbedaan sistem operasi 32 bit dan 64 bit pada perangkat komputer maupun smartphone sehingga anda bisa memahami kedua versi tersebut guna menentukan pilihan bagi Anda sendiri untuk memilih versi mana yang ideal untuk Anda gunakan.

Pengertian Bit

Bit adalah salah satu jenis satuan data yang digunakan dalam suatu sistem operasi sebuah perangkat untuk menangani informasi dalam bentuk kode binary dalam satuan waktu. Kode binari ini biasa dikenal sebagai kode sistem sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari angka 1 atau angka 0. 

Masing-masing digit kode binari dihitung sebagai satu bit, maka dapat dikatakan bahwa pada sistem versi 32bit dapat memproses sebanyak 32 digit sekaligus dalam satu waktu, begitu juga untuk sistem dengan versi 64bit yang dapat memproses sebanyak 64 digit kode binary sekaligus dalam satu waktu. 

Secara ringkas, dimana semakin besar jumlah bit yang dimiliki oleh sebuah prosesor atau sistem operasi, maka secara teori akan semakin banyak instruksi dan memori yang bisa digunakan dan dikerjakan oleh perangkat tersebut.

Perkembangan Bit

Perkembangan bit pada teknologi komputer mulai dari yang paling kecil yakni 4bit, 8bit, dan kemudian dikembangkan hingga 32bit dan 64bit yang hingga saat ini banyak dikenal dan digunakan. Untuk sistem dengan versi 32bit biasa ditulis dengan versi x86, sedangkan untuk sistem dengan versi 64bit biasa ditulis dengan versi x64.

Penerapan sistem operasi dan prosesor pada perangkat smartphone yang memiliki versi 32bit dan 64bit bukanlah hal yang baru, perkembangan vesi 64bit baru dimulai kurang lebih beberapa tahun yang lalu. 

Dilain sisi pada dunia komputer sendiri telah dimulai sejak lama dengan kehadiran berbagai macam prosesor dan sistem operasi yang mendukung versi 64bit, antara lain sistem operasi Windows, MacOS, GNU/Linux dan lain sebagainya. Kehadiran AMD Athlon64 adalah salah satu prosesor versi 64bit pertama yang dirilis pada tahun 2003-an yang diikuti oleh prosesor lainnya yang mendukung versi 64bit yang dirilis di pasaran.

Di dunia smartphone, sistem dengan versi 64bit mulai hadir dan dikembangkan dari tahun 2013 dengan kehadiran perangkat smartphone iPhone 5s dari Apple yang kemudian disusul dengan kemunculan sistem operasi Android 5.0 yang juga mendukung sistem versi 64bit. Mulai saat itulah semakin banyak varian prosesor dan juga sistem operasi smartphone yang mengeluarkan varian perangkat dengan versi 32bit dan juga 64bit.

Perbedaan Sistem 32Bit dan 64Bit

Perbedaan antara sistem 32bit dan sistem 64bit terletak pada jumlah satuan data binary yang mampu ditangani oleh sebuah prosesor (otak utama) dalam satuan waktu tertentu sekaligus pada sebuah perangkat. Bahasa umumnya yakni kecepatan kemampuan membaca data oleh prosesor per satuan waktu.

Jadi bisa disimpulkan bahwa sebuah perangkat yang dirancang dengan menggunakan sistem 64bit akan memiliki potensi kinerja yang jauh lebih besar atau lebih cepat dibandingkan dengan sebuah perangkat yang dirancang dengan sistem 32bit.

Pada dasarnya, fungsi bit mengacu pada bagaimana cara sebuah processor menangani data informasi pada sebuah perangkat. Sistem operasi dengan versi 64bit akan jauh lebih unggul dari pada sistem operasi 32bit, maka perbedaan yang mencolok terletak pada jumlah data informasi yang dapat diatasi oleh processor.

Perbandingan Sistem 32Bit dan 64Bit

Berdasarkan pengertian dan perbedaan antara sisitem 32bit dan sistem 64bit, dapat diketahui perbandinggan diantara keduanya, namun kedua versi sistem tersebut masih banyak digunakan pada berbagai perangkat komputer maupun smarthone hingga saat ini. 

Untuk memudahkan Anda dalam memilih perangkat dengan versi sistem yang tepat antara sistem 32bit dan 64bit, ada baiknya Anda menyimak pembahasan berikut mengenai perbandingan sistem 32bit dan 64bit.

1. Kemampuan Penggunaan RAM

Apabila dibandingkan, kedua versi sistem operasi ini memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengoptimalkan penggunaan RAM (Random Acces Memory) pada perangkat.  

Untuk sistem versi 32bit hanya mampu mengolah data dengan memori berkapasitas maksimal 4096 MB atau sekitar 4 GB saja dan biasanya pada setiap satu DIIM memory hanya mampu maksimal dibatasi dengan kapasitas 2GB saja. Apabila pada perangkat telah terpasang RAM dengan kapasitas lebih dari 4 GB, maka sistem tidak akan membaca dan dan menggunakan seluruh kapasitas RAM tersebut, sistem 32bit hanya akan membaca dan menggunakan maksimal 4 GB RAM dan selebihnya akan diabaikan.

Sedangkan untuk sistem dengan versi 64 bit, versi ini mampu dan dapat mengolah memori RAM yang besar hingga berkapasitas 17,2 Miliyar GB serta dapat menangani tugas mengolah data hingga dua kali lipat lebih optimal dari pada 32 bit. Sehingga sistem dengan versi 64bit sangat sesuai digunakan bagi pengguna aplikasi games dan desain grafis yang membutuhkan kinerja perangkat yang handal.  

Penggunaan sistem operasi 64 bit dapat lebih responsive ketika pengguna menjalankan aplikasi pada waktu yang sama (multi tasking) dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi yang lainya dengan mudah tanpa masalah karena didukung jumlah RAM yang besar.

Pengembangan prosesor dengan sistem versi 64bit harus didukung juga dengan
adanya kemampuan sistem operasi yang sesuai dan mendukung kemampuan prosesor versi 64bit tersebut. Sistem operasi merupakan dasar bekerjanya sebuah prosesor secara optimal. 

Misalnya pada sistem operasi Windows, dimana hingga saat ini Windows 10 versi 64bit edisi Home hanya mampu menggunakan 128 GB RAM saja dikarenakan alasan perizinan, sedangkan untuk Sistem Operasi Windows 10 versi 64bit edisi Professional dan Enterprise hanya terbatas pada maksimal menggunakan RAB sebesar 512 GB.

Pada prosesor smartphone Android dengan versi 32bit dapat menyimpan data sekitar 4 miliar data, dilain sisi untuk prosesor smartphone Android 64bit dapat menyimpan data sebanyak 18 miliar. Dapat disimpulkan, smartphone Android 64bit dapat menyimpan data jauh lebih banyak data dibandingkan dengan smartphone Android 32bit.

Smartphone dengan Android versi 32bit hanya bisa memanfaatkan RAM sebanyak maksimal 4 GB, sedangkan smartphone Android dengan versi 64bit dapat memanfaatkan maksimal RAM lebih dari 32 GB yang saat ini sudah dikembangkan hingga 128 GB dan 512 GB. 


Kapasitas RAM pada suatu perangkat baik itu komputer maupun smartphone pastinya akan meningkatkan kemampuan perangkat tersebut. Pada smartphone misalnya, dengan menggunakan RAM yang besar maka peforma game di smartphone akan semakin baik dan ringan. 

Begitu juga pada perangkat komputer, dengan menggunakan RAM yang besar maka komputer tersebut akan mudah menjalankan berbagai macam pekerjaan yang berat. Itulah perbandingan antara versi 32bit dan 64bit terkait kemampuan penggunaan RAM.

2. Kinerja Prosessor

Peforma yang dimiliki oleh prosesor dengan sistem 64bit tentu lebih baik dibanding dengan yang menggunakan sistem 32bit, karena teknologi yang dimiliki oleh processor 64 bit lebih baru dan cepat dibanding 32 bit. Maka dapat disimpulkan bahwa kinerja prosessor dengan versi 64bit memiliki performa yang jauh lebih baik dari kinerja prosessor 32bit.

Kinerja prosessor 64bit mampu melakukan berbagai macam pekerjaan yang berat secara bersamaan, misalnya seperti mengedit video, desain, bermain games berat, dan sebagainya. Sedangkan untuk prosessor 32bit kurang sesuai untuk digunakan dalam menjalankan berbagai macam pekerjaan yang berat, perangkat akan dipaksakan untuk melakukan pekerjaan berat sehingga bisa mengakibatkan sistem menjadi crash dan lambat.

Pada smartphone, prosesor atau sistem dengan versi 64bit memiliki kemampuan mengakses atau memproses instruksi lebih banyak dalam satu waktu dengan lebih cepat dan lebih efektif daripada menggunakan prosesor atau sistem yang menggunakan versi 32bit.

3. Kompabilitas Software

Sistem operasi yang menggunakan versi 64bit dapat menjalankan hampir semua software yang dirancang untuk versi 32bit. Namun tidak sebaliknya, untuk sistem operasi yang menggunakan versi 32bit tidak dapat menjalankan software yang dirancang untuk versi 64bit, karena sistem operasi dengan versi 64bit lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan RAM yang tinggi, dan processor yang mumpuni yang tidak mampu di dijalankan pada sistem operasi dengan versi 32bit.

Cara Mengetahui Versi Sistem Operasi Pada Sebuah Perangkat

Bagaimana cara mengetahui versi sistem operasi yang digunakan pada perangkat komputer dan smartphone Anda? berikut akan diuraikan cara mengetahui versi sistem operasi pada perangkat komputer dan smartphone Anda, antara lain:

1. Pada Komputer dengan Sistem Operasi Windows

Untuk mengetahui versi sistem operasi yang digunakan pada komputer yang menggunakan platform Windows, dapat dilakukan beberapa langkah berikut:
  • Buka dan lihat informasi yang ada pada "System Properties".
  • Untuk membuka jendela System Properties ada beberapa cara, yakni dengan Klik kanan pada icon Windows lalu pilih System, atau masuk ke Control Panel/System and Security/System, atau dengan menekan kombinasi tombol "Windows + Pause" pada keyboard.
  • Dapat juga dilihat pada "System Informasi" yang dapat dibuka melalui aplikasi RUN, caranya tekan kombinasi tombol "Windows + R" pada keyboard, kemudian ketikkan “msinfo32” lalu OK.
  • Pada jendela System, disamping kanan System Type akan tercantum informasi mengenai "System Type" misalnya "x64-based PC" pada jendela System Operasi atau pada jendela System Properties akan muncul informasi “64-bit Operating System” untuk versi sistem operasi komputer Anda, dan informasi "x64-based processor" untuk versi dukungan prosessor komputer Anda.

2. Pada Komputer dengan Sistem Operasi Linux

Selanjutnya untuk mengetahui versi sistem operasi yang digunakan pada komputer yang menggunakan platform Linux, dapat dilakukan beberapa langkah berikut: 
  • Ketikkan perintah berikut ini di terminal:
$ uname -a
  • Maka akan muncul informasi mengenai sistem operasi yang digunakan komputer Anda, lihat pada bagian akhir informasi yang muncul.
  • Apabila pada bagian akhir informasi hasilnya adalah seperti ini:
......... x86_64 x86_64 x86_64 GNU/Linux
  • Maka sistem operasi Linux yang digunakan komputer Anda adalah versi 64bit.
  • Tetapi apabila hasil bagian akhir yang muncul seperti ini :
......... i686 GNU/Linux - Atau salah satu yang bertuliskan i386, i486, i586, i686.
  • Maka sistem operasi komputer Anda menggunakan sistem versi 32bit.
  • Alternatif lain, anda dapat menggunakan perintah berikut ini :
getconf LONG_BIT
  • Apabila informasi yang muncul adalah 32, i386, x86 atau i686 maka komputer Anda menggunakan sistem 32bit.
  • Apabila informasi yang muncul adalah 64, ia64, atau x86_64 maka sistem operasinya adalah 64bit. 

2. Pada Komputer dengan Sistem Operasi Mac X Apple

untuk mengetahui versi sistem operasi yang digunakan pada komputer yang menggunakan platform Mac OS Apple dapat dilakukan langkah berikut:
  • Pada Mac OS Apple tidak tertera secara langsung informasi mengenai versi sistem bit yang digunakan komputer, namun Anda dapat mengetahuinya dengan menggunakan informasi jenis prosesor yang digunakan.
  • Pada desktop Anda, Pilih tombol “Menu Apple/About This Mac”.
  • Pilih “More Info” kemudian pilih “System Report”.
  • Pilih menu “Hardware” lalu lihat informasi pada “Processor Name”.
  • Selanjutnya Anda tinggal mencocokan jenis prosessor yang digunakan komputer Anda dengan tabel dibawah ini.
Processor
Bit System
Intel Core Solo
32Bit
Inter Core Duo
32Bit
Intel Core 2 Duo
64Bit
Intel Quad – Core Xeon
64Bit
Dual – Core Intel Xeon
64Bit
Quad – Core Intel Xeon
64Bit
Core i3
64Bit
Core i5
64Bit
Core i7
64Bit

3. Pada Smartphone Android

Untuk mengetahui perbedaan smartphone yang menggunakan sistem operasi 32 bit atau 64 bit hanya bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi tambahan, yakni aplikasi benchmark yang ditujukan untuk menyajikan segala bentuk informasi dan kinerja pada semua smartphone. Salah satu aplikasi yang mudah digunakan adalah aplikasi AnTuTu Benchmark. Caranya sebagai berikut :
  • Download aplikasi AnTuTu Benchmark yang bisa Anda dapatkan di Playstore atau di aplikasi store lainnya sesuaikan dengan platform smartphone Anda.
  • Kemudian pasang aplikasi tersebut di smartphone Anda dan jalankan. 
  • Buka aplikasi tersebut dan pilih tab bagian informasi atau pemberitahuan.
  • Pada bagian ini akan ditampilak informasi mengenai jenis smartphone Anda apakah termasuk 32 bit atau 64 bit.

Kelebihan dan Kekurangan Versi 32Bit

Kelebihan:
  • Digunakan pada komputer atau laptop dengan spesifikasi yang rendah.
  • Dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi versi lama dengan basis 8bit dan 16bit.
  • Kompatible ketika digunakan pada driver lama.
  • Sesuai dengan komputer dengan penggunaan RAM kurang dari 4GB.
  • Lebih optimal ketika digunakan pada komputer yang memiliki RAM berkapasitas 2Gb.
  • Harga perangkat dengan sistem 32bit lebih murah dibandingkan dengan perangkat yang sudah mendukung sistem 64bit.
Kekurangan:
  • Tidak dapat menggunakan ram lebih dari 4GB.
  • Tidak dapat menjalankan software atau aplikasi yang ditujukan untuk sistem 64bit.
  • Tidak dapat menjalankan software atau aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Versi 64Bit

Kelebihan:
  • Kinerja perangkat lebih cepat dalam mengolah data.
  • Kinerja perangkat lebih efisien dan hemat daya.
  • Dapat mengoptimalkan kinerja prosesor dengan based 64bit.
  • Dapat menjalankan software atau aplikasi yang berbasis 32bit.
  • Sangat baik menjalankan software atau aplikasi dengan spesifikasi tinggi.
  • Dapat menjalankan software dan aplikasi keluaran terbaru.
Kekurangan:
  • Membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi.
  • Minimal RAM yang dibutuhkan agar optimal adalah 4 GB keatas.
  • Tidak bekerja optimal pada perangkat komputer yang lama.

Tips dalam Memilih Penggunaan Sistem Operasi Versi 32Bit atau 64Bit

Berdasarkan uraian diatas, maka ada baiknya apabila Anda memilih untuk menggunakan sistem operasi pada perangkat Anda atau pada saat Anda akan membeli sebuah perangkat, terlebih dahulu Anda mengetahui segala perbedaan antara sistem dengan versi 32bit dan 64 bit. 

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda jadikan sebagai referensi bagi Anda untuk memutuskan memilih sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, antara lain :

1. Bagi Anda yang akan membeli komputer atau smartphone baru
  • Apabila Anda akan membeli perangkat komputer atau smartphone yang baru, pilihlah yang sudah support dengan versi 64bit agar perangkat Anda tersebut dapat terus digunakan dimasa depan dengan dukungan software atau aplikasi yang terus dikembangkan untuk versi 64bit.
  • Dengan membeli perangkat yang sudah mendukung sistem versi 64bit maka dikemudian hari nantinya apa bila dibutuhkan, Anda dapat menambah kapasitas RAM pada komputer Anda atau kapasitas Memory pada smartphone Anda sehingga dengan sistem 64Bit penambahan kapasitas RAM atau memory tersebut dapat didukung oleh perangkat dan akan berjalan dengan optimal.
  • Bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan dan peruntukan perangkat yang akan Anda beli tersebut. Jika komputer yang akan Anda beli ditujukan untuk menjalankan Software atau aplikasi yang membutuhkan RAM tinggi, kartu video/VGA tinggi seperti aplikasi untuk mengolah gambar, desain grafis, pengolahan video atau menjalankan game yang berat, maka anda akan membutuhkan sistem komputer yang mendukung versi 64 bit. Tetapi apabila Anda hanya akan menggunakan software atau aplikasi ringan seperti mengolah dokumen, membuat tabel, dan untuk pengurusan administrasi saja, maka versi 32bit sudah cukup bagi perangkat Anda tersebut. 
2. Bagi Anda yang telah memiliki perangkat komputer
  • Cek spesifikasi komputer yang telah Anda miliki khususnya terkait jenis porcessor dan kapasitas RAM, apakah mendukung penggunaan sistem operasi 64bit atau tidak, apabila tidak mendukung sebaiknya Anda menggunakan sistem versi 32bit agar komputer Anda dapat bekerja secara optimal. 
  • Jika kapasitas RAM yang Anda gunakan pada komputer hanya 1GB sampai 2GB disarankan menggunakan sistem operasi versi 32bit. Dilain sisi jika kapasitas RAM yang Anda gunakan pada komputer lebih dari 4GB sebaiknya Anda menggunakan sistem operasi versi 64bit.
  • Sama halnya dengan processor, apabila jenis processor Anda tidak mendukung sistem 64bit (lihat tabel diatas mengenai system processor based) maka jangan memaksakan untuk menggunakan sistem operasi 64Bit karena ini akan membebani kinerja processor komputer Anda.
  • Penggunaan basis sistem operasi harus menyesuaikan dengan spesifikasi hardware pada perangkan komputer yang anda pakai karena akan lebih optimal dan aman ketika menjalankan komputer dengan basis sistem operasi yang sesuai.
  • Jangan memaksakan menggunakan sistem operasi versi 64bit pada komputer yang memiliki spesifikasi kurang mumpuni, karena hanya akan membebani komputer tersebut dan dapat menyebabkan masalah dengan driver.
  • Pemilihan dan pemasangan software atau aplikasi pada perangkat komputer juga harus disesuaikan dengan sistem operasi yang Anda gunakan pada komputer agar software atau aplikasi tersebut dapat kompatible dan bekerja dengan optimal. Cek terlebih dahulu software atau aplikasi yang akan dipasang, apakah support versi 64bit atau tidak, biasanya pada software yang membutuhkan spesifikasi komputer tinggi menyertai keterangan dukungan versi 64bit pada kemasannya atau lihat pada keterangan minimal RAM yang dibutuhkan, apabila minimal RAM yang dibutuhkan lebih besar dari 2GB maka dapat dipastikan software atau aplikasi tersebut lebih sesuai menggunakan sistem operasi 64bit.
  • Apabila Anda ingin memaksakan penggunaan versi 64bit pada komputer lama Anda, sebaiknya Anda melakukan beberapa penyesuaian upgrade komponen komputer Anda terlebih dahulu agar sistem operasi 64bit tersebut dapat berjalan dengan optimal, apabila tidak dilakukan penyesuaian upgrade komponen maka tidak ada perbedaan yang dapat Anda rasakan dengan penggunaan sistem 32bit sebelumnya, bahkan akan menjadi beban bagi processor komputer Anda. Upgrade komponen sesuai dengan minimal kebutuhan sistem operasi 64bit antara lain minimal RAM 4GB, minimal jenis processor Intel Core 2 Duo, minimal kapasitas hardisk bebeas atau kosong lebih dari 40GB untuk alokasi data sistem, kartu grafis yang tertanam di dalam perangkat diharuskan mendukung API Direct X 9 atau yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Demikianlah bahasan mengenai perbandingan sistem operasi 32bit dan 64bit yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam memilih sistem operasi yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Bagi Anda yang sering menggunakan aplikasi-aplikasi yang berat, maka sistem operasi dan prosessor based 64bit merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. Bagi Anda yang masih menggunakan sistem operasi 32bit, Anda dapat melakukan upgrade komponen perangkat komputer Anda yang sesuai dan beralih pada sistem operasi 64bit, karena dengan sistem operasi 64bit Anda dapat memiliki banyak sekali kelebihan-kelelebihan yang dapat mengoptimalkan kinerja komputer Anda.

Apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait artikel ini, atau sekedar masukan saran dan tanggapan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs Kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

Semoga berguna.
My best regard, thx 😊


Semangat! “Jangan membatasi diri Anda. Kebanyakan orang membatasi diri mereka terhadap apa yang mereka pikir mampu mereka lakukan. Anda dapat terus maju sejauh batasan pikiran Anda, apa yang Anda yakini percayailah Anda mampu mewujudkannya”

Reaksi Anda Terhadap Artikel Ini

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Perbandingan Sistem Operasi 32bit dan 64bit - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Perbandingan Sistem Operasi 32bit dan 64bit - Semoga Bermanfaat. Estimasi Membaca Seluruh Artikel Perbandingan Sistem Operasi 32bit dan 64bit.

Berikan Penilaian Anda untuk Artikel Perbandingan Sistem Operasi 32bit dan 64bit:
Langganan Artikel

ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

You Might Like