Beranda Berita Umum Informasi Teknologi Internet Tips Komputer Tips Smartphone Android APK Mitra Advertise Donations
People Liked

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » , » Tips Mengamankan Folder Data Komputer Tanpa Software Tambahan

Tips Mengamankan Folder Data Komputer Tanpa Software Tambahan

Baca Juga

Tips Mengamankan Folder Data Komputer Tanpa Software Tambahan
Pada umumnya diantara para pengguna komputer, masih banyak pengguna yang tidak menggunakan komputer secara pribadi, tetapi masih menggunakan komputer secara bersama-sama, sehingga kebanyakan satu unit komputer bisa digunakan bersama dengan beberapa anggota keluarga atau teman dan rekan kerja.

Apalagi apabila komputer yang digunakan adalah komputer kantor yang dapat diakses oleh rekan kantor yang lain, sehingga keberadaan data penting Anda sendiri akan dapat diakses oleh orang lain.

Dalam kondisi seperti ini sangat beresiko untuk menyimpan data personal penting didalam komputer yang digunakan bersama, padahal data personal itu merupakan data penting yang bisa saja berisi file-file kegiatan pribadi, file-file untuk akses berkas online, informasi keuangan pribadi, akun sosial media, arsip email penting, dan sebagainya.

Kebanyakan kondisi seperti ini terabaikan oleh kita yang menggunakan komputer secara bersama, pengabaian akan pentingnya keberadaan data pribadi untuk tidak dapat diakses oleh orang lain, sehingga kita terkadang tidak melakukan tindakan pencegahan untuk melindungi informasi data pribadi yang terdapat dalam komputer tersebut.

Dilain sisi, resiko besar terkait dengan berbagi penggunaan perangkat komputer cukup signifikan untuk dapat meningkatkan peluang data yang tersimpan pada perangkat hilang atau dicuri sehingga kita sendiri tidak mampu mengakses data dari sistem atau cadangan komputer yang sebelumnya telah berfungsi. 


Berdasarkan kondisi tersebut, ada baiknya anda memberikan pengamanan khusus pada folder data dikomputer tersebut, hal ini untuk mencegah adanya akses dari pengguna lainnya pada folder data Anda sehingga meminimalisasi adanya kehilangan atau pencurian data pribadi Anda.

Membuat Script Bat

Cara pengamanan folder ini dapat langsung diterapkan pada komputer yang berbasis OS Windows tanpa menggunakan bantuan software lainnya sehingga tidak menyulitkan Anda dalam penerapannya.

Langkah-langkah penerapannya sebagai berikut:

Pembuatan pengamanan folder data penting personal Anda dilakukan dalam 2 (dua) tahapan yang mudah, tahap pertama sebagai berikut :
    • Buka dan jalankan Aplikasi "Notepad" di komputer Anda.
    • Anda dapat membuka melalui aplikasi "Run", atau tekan "Windows + R" lalu ketik Notepad kemudian Enter atau OK.
    • Setelah aplikasi Notepad muncul, copy script dibawah ini, dan salin kedalam Notepad Anda.
      cls
      @ECHO OFF
      title Folder NamaFolder
      if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
      if NOT EXIST NamaFolder goto MDLOCKER
      :CONFIRM
      echo Apakah anda ingin mengunci Folder tersebut ? (Y=Ya/T=Tidak)
      set/p "cho=>"
      if %cho%==Y goto LOCK
      if %cho%==y goto LOCK
      if %cho%==t goto END
      if %cho%==t goto END
      echo Pilih dan Ketik Y atau T.
      goto CONFIRM
      :LOCK
      ren NamaFolder "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
      attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
      echo NamaFolder Terkunci
      goto End
      :UNLOCK
      echo Masukkan Password untuk Membuka Pengamanan Folder NamaFolder
      set/p "pass=>"
      if NOT %pass%== bukasaja goto FAIL
      attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
      ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" NamaFolder
      echo Folder NamaFolder sudah di buka
      goto End
      :FAIL
      echo Maaf Password SALAH !!
      goto end
      :MDLOCKER
      md NamaFolder
      echo Folder Aman NamaFolder Sukses di Buat!
      goto End
      :End

      Selanjutnya setelah Anda melakukan langkah pertama diatas, lakukan langkah penting berikut ini:
        • Setelah Anda menyalin script pengamanan folder diatas kedalam aplikasi Notepad Anda, lakukan pengeditan pada tulisan yang berwarna dalam script pengamanan tersebut.
        • Scrip dengan tanda Warna Biru ubah menjadi nama folder yang ingin Anda buat sebagai tempat penyimpanan data pribadi Anda. Warna Merah ubah menjadi password atau kode pembuka kunci folder yang Anda inginkan, password bebas bisa merupakan kombinasi huruf dan angka. Buatlah kode password yang sulit ditebak, unik, tetapi mudah Anda ingat.
        • Selanjutnya simpan File Notepad tersebut pada directori atau sub folder dikomputer Anda dengan nama yang Anda sukai dan usahakan nama file tersebut tidak menimbulkan rasa ingin tahu orang lain untuk membuka atau menghapusnya. 
        • Simpan Nama file menggunakan extensi file : *.Bat dengan Save As Type : All Files (*.*).
        • Misalnya Save As dengan nama file: Keamanan Data.Bat | Save as type: All Files (*.*) | selanjutnya klik Save.
        • Selanjutnya Anda dapat mencoba menjalankannya.
          Cara penggunaannya dapat Anda ikuti langkah berikut:
            • Klik dan jalankan file bat yang telah Anda buat tadi, contoh disini menggunakan file Keamanan Data.Bat yang telah dibuat tadi.
            • Maka akan muncul folder baru dengan nama yang telah Anda tentukan pada saat membuat file pengamanan folder (nama folder sesuai dengan kode dalam script yang berwana Biru).
            • Buka folder baru tersebut dan simpan semua data-data personal penting Anda kedalam folder tersebut.
            • Setelah selesai, buka dan jalan lagi file Keamanan Data.Bat untuk mengamankan folder tersebut, maka Anda akan diarahkan untuk mengamankan folder tersebut atau tidak.
            • Pilih Y atau Ya, untuk mengamankan folder Anda. Pilih T atau Tidak, untuk tidak mengamankan folder Anda. Selanjutnya tekan Enter.
            • Apabila Anda memilih Ya, maka folder tersebut akan disembunyikan dan tidak dapat dilihat atau ditemukan oleh orang lain. Apabila Anda memilih Tidak, maka folder tersebut tetap akan ada dan dapat dilihat atau ditemukan oleh orang lain.  
            • Untuk menampilkan kembali folder personal Anda tadi, klik dan jalankan kembali file Keamanan Data.Bat.
            • Maka akan muncul pertanyaan keamanan untuk memasukan kata kunci yang telah Anda tetapkan pada script pengamanan yang berwana merah tadi.
            • Isi kata kunci atau password Anda, kemudian tekan Enter.
            • Selanjutnya folder personal Anda tadi akan muncul kembali, sehingga Anda dapat mengakses data-data yang ada didalamnya seperti biasa.

            Mengamankan File Bat

            Dengan menerapkan tips ini maka data-data penting Anda sudah aman dari akses orang lain. Namun bagaimana apabila file Keamanan Data.Bat yang telah dibuat tadi hilang atau terhapus atau dihapus oleh orang lain? Tenang saja, file tersebut hanya di sembunyikan oleh file Keamanan Data.Bat agar tidak dapat dilihat dan ditemukan oleh orang lain, jadi masih dapat Anda tampilkan dan Anda akses kembali dengan 2 cara, yakni :
            • Cara pertama : Membuat file Keamanan Data.Bat yang baru, kemudian simpan di folder tempat data-data personal tadi. Sehingga Anda dapat menjalankan file bat tersebut untuk menampilkan folder pribadi Anda.
            • Cara kedua : Mematikan fitur "Hide Protected Operating System Files (Recomended)" yang ada pada pengaturan Windows Explorer. Dengan mematikan fitur ini maka seluruh data yang tersembunyi di Windows Explorer termasuk data pribadi Anda akan ditampilkan dalam mode bayangan folder. Selanjutnya Anda dapat menyalin atau memindahkan isi folder pengamanan Anda ke folder lain yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk mengaktifkan kembali fitur hide tersebut untuk menyembunyikan seluruh file dan data sistem yang tersembunyi secara default, hal ini penting untuk menjaga agar file-file yang dibutuhkan oleh sistem windows tetap tersimpan dengan baik dan tidak terhapus yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem windows komputer Anda.
            Untuk mengantisipasi terjadinya penghapusan pada file bat yang telah Anda buat, Anda dapat melakukan pengaturan tambahan pada file Keamanan Data.Bat tersebut agar tidak dapat dihapus oleh pengguna lain komputer Anda. Caranya:
            • Pilih file Keamanan Data.Bat,
            • Klik Kanan dan pilih "Properties",
            • Pada jendela properties Klik "Tab Security",
            • Pada bagian Group or user names pilih dan klik tombol "Edit",
            • Pilih "Users" komputer yang ada,
            • Pada bagian Permissions for users, centang semua kotak pada pilih "Deny"
            • Kemudian Klik "Apply" lalu "OK".
            • Maka selanjutnya file Keamanan Data.Bat tidak akan dapat dihapus lagi. 
            • Untuk mengembalikan pengaturan agar file Keamanan Data.Bat dapat dihapus, maka Anda tinggal ikuti langkah-langkah diatas dan pada bagian Permissions for users, centang kembali semua kotak pada pilih "Allow" dan pilih "OK".
            Maka selanjutnya file pengamanan folder tadi telah aman dari perlakukan negatif pengguna lain yang mungkin dengan sengaja atau tanpa sengaja menghapusnya dikarenakan ketidaktahuan atau kesengajaan mereka.

            Kesimpulan

            Demikianlah tips mengamankan folder data pada komputer tanpa bantuan software pendukung lainnya yang dapat Anda terapkan. Penggunaan tips ini memang masih memiliki kelemahan, tetapi setidaknya dapat digunakan untuk meminimalisir adanya akses dari orang lain terhadap data-data pribadi tanpa sepengetahuan Anda. 

            Bila Anda menginginkan perlindungan yang lebih ekstra dengan resiko kelemahan yang hampir tidak ada, Anda dapat menggunakan bantuan perlindungan tambahan dengan memasang software khusus pengamanan folder yang dapat Anda cari di internet.

            Apabila Anda mempunyai pertanyaan atau memiliki kendala penerapan tips dalam artikel ini, atau sekedar masukan saran dan tanggapan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs Kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.
            Rekomendasi Artikel :
            - Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru
            - Tips yang Harus Dilakukan Pada Saat Membeli Smartphone Baru
            - Rangkuman Kode-Kode Smartphone (HP) Android

            Semoga berguna.
            My best regard, thx 😊


            Semangat! “Kebesaran sebenarnya dapat ditemukan dalam hal-hal kecil yang terkadang kita lewatkan”

            Reaksi Anda Terhadap Artikel Ini

            Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Tips Mengamankan Folder Data Komputer Tanpa Software Tambahan - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
            Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Tips Mengamankan Folder Data Komputer Tanpa Software Tambahan - Semoga Bermanfaat. Estimasi Membaca Seluruh Artikel Tips Mengamankan Folder Data Komputer Tanpa Software Tambahan.

            Berikan Penilaian Anda untuk Artikel Tips Mengamankan Folder Data Komputer Tanpa Software Tambahan:
            Langganan Artikel

            ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

            Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

            « Previous
            « Prev Post
            Next »
            Next Post »

            2 komentar:

            Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

            You Might Like