Beranda Berita Umum Informasi Teknologi Internet Tips Komputer Tips Smartphone Android APK Mitra Advertise Donations
People Liked

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » » 9 Tips Menggunakan Komputer yang Sehat dan Agar Tidak Jenuh Bekerja

9 Tips Menggunakan Komputer yang Sehat dan Agar Tidak Jenuh Bekerja

Baca Juga

Tips Sehat Saat Menggunakan KomputerMenggunakan perangkat komputer dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi hal yang biasa dan sudah menjadi kebutuhan utama dalam menunjang pelaksanaan kegiatan baik dalam hal pekerjaan, pendidikan, hiburan, atau bahkan untuk sekedar berkomunikasi. 

Pada jaman modern saat ini menggunakan komputer merupakan hal yang umum dilakukan di semua kalangan penggunanya, bahkan semua aktifitas dan kegiatan pada umumnya sudah dilakukan hanya dengan menggunakan komputer. 

Beraktifitas didepan komputer memang menyenangkan dan bisa membuat Kita lupa akan waktu. Akan tetapi dengan penggunaan komputer yang rutin dan kurang tepat, maka bisa dimungkinkan terkadang Kita sebagai pengguna komputer merasakan lelah atau bahkan dapat terkena gangguan kesehatan tubuh seperti mata sakit, pusing, lelah, leher tegang, dan atau sakit pada bagian-bagian tubuh tertentu kita.

Kondisi tersebut memang merupakan dampak dari penggunaan komputer yang berlebihan dan kurang tepat. Hal ini sebaiknya jangan diabaikan, karena kesehatan tubuh Kita sangat penting untuk dijaga agar kita selalu siap dalam melaksanakan aktifitas dan kegiatan sehari-hari.

Memang penggunaan komputer sudah menjadi tuntutan hidup yang harus dilakukan terutama terkait dengan beban kerja yang cukup besar dan rutinitas didepan komputer yang selalu saja ada sebagai bagian dari penyelesaian pekerjaan yang tak kunjung habis. Maka terkadang kejenuhan akan muncul yang berdampak pada menurunnya motivasi, semangat, serta performa seseorang dalam bekerja. 

Berikut ini beberapa tips yang dapat anda terapkan saat Anda beraktifitas menggunakan komputer agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga dan tidak menjadi jenuh saat berkatifitas meyelesaikan kegiatan didepan komputer.

1. Batasi Penggunaan Komputer

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membatasi diri Kita dalam menggunakan komputer. Banyaknya beban tugas pekerjaan ataupun kegiatan sekolah bagi Kita yang diharuskan untuk diselesaikan dengan cepat, secara tidak langsung akan menuntun Kita untuk menyelesaikannya menggunakan komputer secara terus menerus hingga tugas-tugas tersebut selesai.

Dengan kondisi tersebut, maka secara tidak langsung akan membuat kita lupa waktu dan tidak membatasi penggunaan komputer dalam seharian. Padahal dilain sisi, tubuh Kita tidak dapat dipaksakan untuk terus berhadapan dengan komputer, karena berdasarkan referensi kesehatan, tubuh orang dewasa hanya mampu memiliki waktu maksimal untuk berhadapan dengan layar komputer adalah dua jam saja. Maka usahakanlah untuk menggunakan komputer atau gadget sejenis lainnya kurang lebih 2 jam saja, tidak lebih.

2. Mengatur Posisi yang Tepat di Depan Komputer

Posisi yang tepat bagi Anda untuk beraktifitas didepan komputer merupakan hal yang harus diperhatikan, karena apabila Anda abaikan maka bagian-bagian tubuh Anda akan merasakan dampaknya secara langsung, apalagi apabila Anda menggunakan komputer dalam waktu yang lama. 

Dampak posisi tubuh yang kurang tepat didepan kompter akan membuat badan kita cepat capek atau lelah, leher tegang, mata sakit, punggung terasa sakit, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa posisi yang direkomendasikan apabila Anda menggunakan komputer untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, antara lain:
  • Cari kursi atau tempat duduk yang nyaman dan santai dengan dilengkapi sandaran.
  • Gunakan dudukan komputer atau meja komputer yang memiliki ketinggian sejajar antara mata dan layar monitor serta sejajar antara siku tangan dengan keyboard komputer.
  • Posisikan kepala dan leher tegak sejajar dengan layar monitor. Usahakan sudut kepala dan leher sejajar lurus, tidak keatas atau kebawah karena dapat menyebabkan sakit pada leher.
  • Posisikan pundak dengan nyaman dan tidak kaku agar pundak kita nantinya tidak tegang dan sakit.
  • Posisikan lengan dan siku disamping badan dengan nyaman dengan sudut yang lebih besar dari 90 derajat.
  • Posisikan punggung tegak lurus dan sesuaikan kenyamanan punggung, jangan kaku atau tegang. Jangan menggunakan posisi punggung membungkuk karena akan menyebabkan punggung bagian bawah terasa sakit setelah berlama-lama di depan komputer.
  • Posisikan kaki hingga dapat berpijak pada lantai, tidak melayang atau dilipat kurang dari sudut 90 derajat sehingga dapat memberikan kenyamanan.

3. Mengatur Layar Monitor

Atur dan posisikan layar monitor senyaman mungkin untuk di lihat pada saat anda menggunakan komputer. beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatur posisi dan penggunaan layar monitor komputer antara lain:
  • Sejajarkan layar monitor lurus dengan mata. Mengatur posisi layar monitor sejajar lurus dengan mata agar memudahkan Anda untuk melihat langsung layar monitor dengan jangkauan mata yang sesuai, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering menggerakkan kepala untuk melihat seluruh bagian komputer.
  • Mengatur jarak layar monitor. Letakkan posisi layar monitor sejauh kurang lebih 60 cm dari mata Anda agar mata tidak cepat lelah.
  • Mengatur kecerahan pada layar monitor. Kurangi kecerahan layar monitor sesuaikan dengan kenyamanan mata Anda agar mata tetap sehat apalagi bila menggunakan komputer terlalu lama.
  • Memasang filter pelindung layar. Filter pelindung layar sangat berguna untuk melindungi mata dari radiasi yang dipancarkan oleh layar monitor ketika menatap layar monitor pada jangka waktu lama sehingga mata tidak cepat lelah.

4. Mengatur Letak Posisi Perangkat Penunjang

Perangkat penunjang yang dimaksud antara lain seperti mouse dan keyboard. Disarankan untuk meletakkan keyboard dan mouse dalam jangkauan tangan Anda yang tidak jauh dan tidak terlalu dekat sehingga anda masih tetap bisa menggunakannya dengan tangan yang rilek dan nyaman, yakni ditempat yang mudah dijangkau agar mempermudah dan mengurangi pergerakan tangan saat Anda menggunakannya di depan komputer. 

Sesuaikan kondisi meja atau alasa komputer agar perangkat mouse dan keyboard mudah Anda jangkau dengan nyaman. Gunakan mouse dengan ukuran yang sesuai dengan genggaman tangan Anda, serta keyboard yang dapat diatur ketinggiannya.

5. Mengatur Lingkungan di Sekitar Anda

Sebelum beraktifitas didepan komputer, usahakan untuk mengatur tata letak dan suasana disekitar ruangan atau lingkungan tempat Anda akan menggunakan komputer. Dengan pengaturan suasana yang tepat, maka Anda akan merasakan suasana yang nyaman saat menggunakan komputer.

Anda dapat mengatur posisi kursi dan meja sesuai dengan kenyamanan Anda. Anda dapat mengatur tingkat cahaya ruangan yang tepat bagi Anda, jangan menggunakan komputer ditempat yang gelap atau di ruangan yang sedikit cahaya, karena akan merusak mata Anda saat dipaksakan melihat layar monitor saat menggunakan komputer. 

Usahakan mengatur posisi Anda berada pada ruangan atau tempat yang mendapat cahaya atau penerangan yang memadai saat menggunakan komputer.

Ciptakan lingkungan yang bersih, rapi dan tenang disekitar tempat Anda akan menggunakan komputer. Apabila lingkungan sekitar Anda bersih, rapi dan tenang, maka Anda akan lebih rileks dan tenang dalam beraktifitas didepan komputer.

6. Istirahat Sejenak

Beraktifitas secara terus menerus didepan komputer akan membuat tubuh kita lelah. Ada baiknya Anda menyempatkan waktu untuk berhenti menggunakan komputer dan beristirahat sejenak.

Apabila mata Anda lelah, Anda dapat melakukan pencegahan dengan sering mengedipkan mata sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak kering. Anda juga dapat mengalihkan pandangan mata pada hal-hal lain disekitar Anda dengan pandangan yang jauh yang dapat memberikan pengalihan mata dari layar monitor. 

Anda dapat berjalan-jalan disekitar ruangan Anda, melakukan peregangan leher, punggung, kaki, dan tangan, berbincang-bincang dengan teman atau saudara disekitar Anda dan lain sebagainya selama beberapa menit untuk kembali lagi meneruskan kegiatan Anda didepan komputer.

Apabila Anda telah berhadapan dengan komputer lebih dari dua jam, disarankan untuk beristirahat kurang lebih selama 15 menit. Upayakan saat isitirahat Anda tidak berkatifitas dengan gadget atau perangkat lainnya yang menggunakan layar monitor, disarakan untuk berisirahat secara penuh dengan tiduran dan bersantai.
Selama istirahat ini, kita tidak boleh menonton TV atau main game.

7. Melakukan Aktivitas Menyenangkan di Luar

Salah satu opini yang menarik, kejenuhan dapat timbul dikarenakan kurangnya tantangan baru di dalam aktifitas yang biasa Kita lakukan. Maka untuk mengatasi adanya kejenuhan disaat Anda harus menyelesaikan aktifitas di depan komputer, sebaiknya Anda dapat menyempatkan diri untuk melakukan aktifitas yang menyenangkan diluar tanpa harus lagi berhadapat dengan kegiatan di komputer Anda. 

Berkumpul dan beraktifitaslah dengan teman atau sanak sodara sehingga dapat memberikan kenyamanan dan relaksasi. Buat liburan disaat waktu luang Anda untuk membantu menyegarkan pikiran. 

Berjalan-jalan melihat pemandangan ketempat rekreasi pada saat hari libur guna memberikan kenyamanan dan memberikan kesegaran pikiran dan perasaan bagi Anda.

8. Menata Kembali Ruang Kerja

Dengan melakukan penataan kembali pada ruang kerja, Anda akan mengalami kesan pembaharuan dan kesegaran yang akan menjadikan suasana yang nyaman bagi Anda dalam bekerja kembali di depan komputer. 

Dengan lingkungan kerja yang bersih, tertata rapi, dan nyaman secara tidak langsung akan membuat Anda tetap fokus dan tetap semangat untuk bekerja didepan komputer.

9. Jangan Memaksakan Diri

Jangan memaksakan diri dengan kondisi tubuh yang sudah lelah atau kurang fit untuk terus melanjutkan kegiatan didepan komputer hingga selesai. Anda harus memahami batas kemampuan tubuh dan pikiran dalam melaksanakan pekerjaan atau aktifitas Anda.

Jaga kesehatan tubuh dan pikiran Anda dengan membatasi atau menahan diri untuk tidak terus-menerus melakukan aktifitas didepan komputer, istirahatkan tubuh dan pikiran Anda.

Demikianlah tips mengenai penggunaan komputer yang sehat dan agar tidak jenuh bekerja didepan komputer. Anda dapat menerapkannya dalam aktifitas sehari-hari disaat Anda beraktifitas menggunakan komputer. Selamat mencoba.

Apabila Anda mempunyai masukan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs Kami untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.
Rekomendasi Artikel :
- Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru
- Tips yang Harus Dilakukan Pada Saat Membeli Smartphone Baru
- Rangkuman Kode-Kode Smartphone (HP) Android

Semoga berguna.
My best regard, thx 😊


Semangat! “Apa yang akan Anda kerjakan, Ketika Anda tahu, Anda tidak mungkin gagal”

Reaksi Anda Terhadap Artikel Ini

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel 9 Tips Menggunakan Komputer yang Sehat dan Agar Tidak Jenuh Bekerja - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel 9 Tips Menggunakan Komputer yang Sehat dan Agar Tidak Jenuh Bekerja - Semoga Bermanfaat. Estimasi Membaca Seluruh Artikel 9 Tips Menggunakan Komputer yang Sehat dan Agar Tidak Jenuh Bekerja.

Berikan Penilaian Anda untuk Artikel 9 Tips Menggunakan Komputer yang Sehat dan Agar Tidak Jenuh Bekerja:
Langganan Artikel

ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

You Might Like