Beranda Berita Umum Informasi Teknologi Internet Tips Komputer Tips Smartphone Android APK Mitra Advertise Donations
Artikel Menarik Lainnya

Tunggu! Sedang Memuat...
Home » » Makna Tanda Bunyi Beep Peringatan Suara Masalah Komputer

Makna Tanda Bunyi Beep Peringatan Suara Masalah Komputer

Baca Juga


Anda sebagai pengguna komputer, khususnya komputer dekstop atau personal computer (PC) mungkin pernah mendengar suara mirip alarm yang bunyinya seperti beep.. beep.. beeep.. yang muncul pada speaker mainboard saat Anda mulai menjalankan atau menyalakan komputer tersebut. Tetapi mungkin Anda tidak mengerti apa maksud dari bunyi beep tersebut, sehingga pada suatu saat ketika ada kerusakan pada PC, Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan, dan apa sebenarnya permasalahan pada PC tersebut.

Suara alarm tersebut bukan pertanda bahwa komputer Anda dalam keadaan normal, tetapi suara tersebut merupakan alarm tanda ada beberapa kerusakan atau permasalahan yang terjadi pada komputer Anda. Oleh karena itu, sebaiknya apabila Anda mendengar suara alarm tersebut segera lakukan analisa dan lakukan perbaikan, agar permasalahan ini tidak berkelamaan dan dikuatirkan dapat mempengaruhi terjadinya kerusakan pada komponen lainnya.


Pada dasarnya, saat pertama kali komputer dinyalakan, secara otomatis motherboard komputer akan melewati proses yang dinamakan POST (Power On Self Test), yakni proses dimana motherboard komputer akan melakukan pengecekan terhadap semua komponen hardware yang terpasang dalam komputer. Dengan test ini maka motherboard akan mengetahui apakah komponen hardware yang ada telah bekerja dengan normal atau tidak karena ada suatu masalah. 


Apabila motherboard mendeteksi adanya komponen hardware yang bermasalah maka biasanya speaker kecil di pada motherboard akan membunyikan tanda alarm berbunyi beep yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kerusakan yang ada pada komputer tersebut. 


Dengan mengenal suara alarm tanda bunyi beep pada speaker motherboard komputer Anda, maka Anda sendiri dapat mengetahui kerusakan atau masalah pada motherboard komputer tersebut, Anda juga dapat melakukan sendiri langkah-langkah perbaikannya.


Langsung pada pokok bahasannya, berikut ini akan diuraikan beberapa tanda  suara alarm permasalahan pada komputer yang perlu Anda ketahui baik untuk komputer dengan motherboard secara umum maupun pada jenis motherboard tertentu.

Makna Tanda Bunyi Beep Pada BIOS Motherboard Secara Umum

Berikut ini beberapa makna kerusakan komputer berdasarkan suara alarm yang terdengar pada komputer dengan semua jenis motherboard secara umum:
  • Tidak terdengar bunyi alarm beep. Kondisi: Apabila saat komputer dinyalakan tidak terdengar suara alarm namun komputer dapat menyala. Masalah: masalah pada daya listrik yakni tidak terdapat supply arus listrik yang sesuai atau cukup. Solusi: lakukan pengecekan kabel power supply apakah sudah terpasang secara baik atau tidak, lakukan cek pada tegangan yang masuk normal atau tidak, lanjut memeriksa motherboard apakah berfungsi dengan semestinya atau tidak, lakukan juga cek pada Fan CPU di processor dan di chasing apakah berputar atau tidak, terakhir lakukan cek pada soket internal/papan sound card komputer yakni dengan cara mencoba speaker internal komputer menggunakan headset berfungsi atau tidak. Apabila dari hasil pengecekan salah satu atau beberapa komponen tersebut terdapat hal yang tidak normal maka segera perbaiki atau ganti komponen tersebut.
  • Bunyi alarm beep 1 kali. Kondisi: Komputer menyala dengan normal tetapi terdengar bunyi alarm beep 1 kali. Masalah: pada jenis motherboard secara umum, kondisi ini adalah normal selama komputer benar-benar berjalan dengan wajar dan normal, namun pada sebagian motherboard kondisi ini menunjukan bahwa terdapat permasalahan yakni adanya perangkat yang tidak terpasang dengan baik dan benar. Solusi: coba lakukan pengecekan pada konektor sambungan kabel Harddisk, DVD, dan internal komponen lainnya. Kondisi: Apabila terdengar bunyi alarm beep 1 kali dan tidak ada tampilan gambar di layar monitor. Solusi: lakukan pengecekan pada VGA card apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak, lanjutkan dengan mengecek kabel VGA Card yang mengarah ke Monitor apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak. Apabila masih belum dapat mengatasi masalah, selanjutnya cek motherboard karena sangat di mungkinkan salah satu chip pada motherboard mengalami kerusakan, bersihkan motherboard dari debu-debu, periksa slot memori dan VGA Card yang mungkin salah satu slotnya bermasalah, apabila hal tersebut tidak menyelesaikan masalah, maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi alarm beep pendek 1 kali. Kondisi: Komputer menyala dengan normal tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek 1 kali. Masalah: tidak terdapat permalahan, hal ini menandakan komputer dalam kondisi baik dan normal. Bunyi tersebut merupakan bunyi hasil pengetesan fungsi sound card oleh motherboard. Solusi: tidak perlu melakukan perbaikan apapun.
  • Bunyi alarm beep panjang 1 kali. Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali. Masalah: terdapat masalah pada Hardisk. Solusi: lakukan pengecekan pada konektor sambungan kabel Harddisk ataupun DVD Room.
  • Bunyi alarm beep 2 kali. Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep 2 kali. Masalah: terdapat permasalahan pada memori. Solusi: lakukan pemeriksaan pada VGA Card, apabila berfungsi dengan benar maka akan muncul pesan error pada monitor. Jika tidak muncul berarti ada masalah dengan partition bagian 64KB yang pertama. Periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi alarm beep panjang 1 kali + beeb pendek 1 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali diikuti bunyi beep pendek 1 kali. Masalah: terdapat masalah pada motherboard. Solusi: cek motherboard karena sangat di mungkinkan salah satu chip pada motherboard mengalami kerusakan, bersihkan motherboard dari debu-debu, periksa slot memori dan VGA Card yang mungkin salah satu slotnya bermasalah, apabila hal tersebut tidak menyelesaikan masalah, maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi alarm beep panjang 1 kali + beeb pendek 2 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali diikuti bunyi beep pendek 2 kali. Masalah: terdapat permalasahan pad VGA Card. Solusi: lakukan pengecekan pada VGA card apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak, lanjutkan dengan mengecek kabel VGA Card yang mengarah ke Monitor apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak.
  • Bunyi alarm beep pendek 3 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek 3 kali. Masalah:  terdapat permasalahan pada memori atau VGA Card. Solusi: lakukan pemeriksaan pada VGA Card, apabila berfungsi dengan benar maka akan muncul pesan error pada monitor. Jika tidak muncul berarti ada masalah dengan partition bagian 64KB yang pertama atau yang kedua. Periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi alarm beep panjang 3 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 3 kali. Masalah: ada masalah pada keyboard. Solusi: periksa konektor keyboard ke motherboard, bersihkan konektor dari debu, pastikan keyboard masih berfungsi dengan normal serta terhubung dengan benar.
  • Bunyi alarm beep 4 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep sebanyak 4 kaliMasalah: terdapat permasalahan pada memori atau VGA Card, dan mungkin juga karena timer pada pc yang kurang berfungsi dengan baik. Solusi: Lakukanlah pemeriksaan seperti pada bunyi alarm beep 3 kali, lakukan juga pengecekan pada timer pc yang kurang berfungsi dengan baik, coba ganti baterai CMOS.
  • Bunyi alarm beep 5 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep sebanyak 5 kaliMasalah: terdapat masalah pada memori. Solusi: lakukan pemeriksaan pada memori, periksa slot hingga chip memori apakah masih berfungsi dengan benar atau tidak. Anda dapat melepas dan memasang kembali memori pada slotnya kemudian lakukan booting ulang. Apabila masih terdengar bunyi yang sama coba pasang memori pada komputer yang lain, karena bisa saja slot memori pada motherboard yang bermasalah. 
  • Bunyi alarm beep 6 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep sebanyak 6 kaliMasalah: terdapat permasalahan pada chip dalam motherboard yang mengatur fungsi keyboard dan mouse. Solusi: lakukan pengecekan posisi dan kondisi chip, apabila hitam dan seperti hangus maka coba untuk mengganti chip tersebut. namun apabila tidak dapat diganti maka satu-satunya jalan adalah mengganti dengan motherboard yang baru.
  • Bunyi alarm beep 7 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep sebanyak 7 kali. Masalah: terdapat permasalahan pada motherboard dan procesorSolusi: lakukan pengecekan pada pin (kaki pada prosesor) sudah terpasang sempurna atau belum, atau memang procesor anda sedang bermasalah. Atau lakukan pengujian dengan memasang procesor pada pc lain yang menggunakan procesor dan motherboard yang sejenis. Apabila procesor berjalan normal maka lakukan pengecekan pada motherboard, kemungkinan terjadi permasalahan pada motherboard.
  • Bunyi alarm beep 8 kali  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep sebanyak 8 kali. Masalah: terdapat masalah pada VGA Card. Solusi: lepas dan pasang kembali VGA Card dari slotnya, coba juga melepas dan memasang kembali semua komponen penghubung yang berada pada VGA Card. Jika permasalahan alarm masih berbunyi yang sama maka kemungkinan kerusakan terjadi pada memori dalam VGA Card tersebut atau memang VGA Card sudah rusak. Disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.
  • Bunyi alarm beep 9 kali  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep sebanyak 9 kali. Masalah: terdapat masalah pada system BIOS, BIOS merupakan singkatan dari Basic Input / Output System adalah firmware yang disimpan dalam chip motherboard komputer Anda. BIOS adalah Program pertama yang berjalan setiap kali Anda menyalakan komputer. Solusi: lakukan upgrade BIOS, atau ganti BIOS dengan versi yang terbaru, apabila alarm yang sama masih berbunyi disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi alarm beep 10 kali  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep sebanyak 10 kali. Masalah: terdapat masalah pada system CMOS, CMOS merupakan singkatan dari Complementary Metal-Oxide-Semiconductor adalah nama dari proses manufaktur yang digunakan untuk membuat prosesor, RAM, dan sirkuit logika digital dan juga merupakan nama untuk chip yang dibuat menggunakan proses tersebut, jadi pada saat Anda membuat perubahan konfigurasi pada BIOS, pengaturan tersebut tidak disimpan pada chip BIOS itu sendiri, namun, perubahan tersebut disimpan pada chip memori khusus, yang disebut dengan CMOS. Solusi: solusi satu-satunya adalah dengan mengganti motherboard, karena system CMOS tidak dapat diperbaiki bila terjadi kerusakan.
  • Bunyi alarm beep 11 kali  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep sebanyak 11 kali. Masalah: terjadi permasalahan pada cahce memori, biasanya apabila terjadi masalah ini maka komputer akan di disable secara otomatis. Solusi: coba lakukan pengaktifan kembali dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Shift + +. Apabila tidak bisa mengatasi masalah, disarankan untuk mengganti memori RAM tersebut.
  • Bunyi alarm beep pendek terus-menerus,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek terus-menerus. Masalah: terdapat masalah pada supply arus listrik. Solusilakukan pengecekan kabel power supply apakah sudah terpasang secara baik atau tidak, lakukan cek pada tegangan yang masuk normal atau tidak, lanjut memeriksa motherboard apakah berfungsi dengan semestinya atau tidak, lakukan juga cek pada Fan CPU di processor dan di chasing apakah berputar atau tidak. 
  • Bunyi alarm beep panjang terus-menerus,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang terus-menerus. Masalah: terjadi permasalahan pada memori. Solusi: periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
Demikianlah beberapa makna kerusakan komputer berdasarkan suara alarm yang terdengar pada komputer dengan semua jenis motherboard secara umum. Bagi jenis motherboard tertentu terdapat beberapa perbedaan makna pada alarm yang di bunyikan pada saat komputer mengalami kerusakan, untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan selanjutnya.

Makna Tanda Bunyi Beep Berdasarkan Jenis BIOS Motherboard

Berikut ini beberapa makna kerusakan komputer berdasarkan bunyi alarm yang terdengar pada komputer dengan beberapa jenis BIOS motherboard:

BIOS AWARD

Makna bunyi alarm pada motherboard dengan system BIOS Award:
  • Bunyi beep pendek 1 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek 1 kali. Masalahtidak terdapat permalahan, hal ini menandakan komputer dalam kondisi baik dan normal. Bunyi tersebut merupakan bunyi hasil pengetesan fungsi sound card oleh motherboard. Solusi: tidak perlu melakukan perbaikan apapun.
  • Bunyi beep panjang 1 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali. Masalah: terdapat masalah pada memori. SolusiPeriksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep pendek 2 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek sebanyak 2 kali. Masalahterdapat masalah pada system CMOS. Solusi: solusi satu-satunya adalah dengan mengganti motherboard, karena system CMOS tidak dapat diperbaiki bila terjadi kerusakan.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali. Masalah: terdapat kerusakan atau masalah pada RAM memori. SolusiPeriksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali. Masalah: terdapat permasalahan pada modul DRAM parity atau pada VGA Card yang biasanya muncul bila menggunakan VGA Onboard. Solusi: Periksa kondisi DRAM sudah benar atau tidak, dan coba untuk membersihkan debu dari VGA Card Onboard, periksa kondisinya. Apabila bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti DRAM, dan bila VGA Onboard yang bermasalah, maka solusinya harus mengganti motherboard.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali. Masalah: terdapat masalah pada keyboard yang ditandai dengan tidak menyalanya lampu led pada keyboard. Solusiperiksa konektor keyboard ke motherboard, bersihkan konektor dari debu, pastikan keyboard masih berfungsi dengan normal serta terhubung dengan benar. Apabila masih terdengar bunyi alarm yang sama, coba untuk mengganti dengan keyboard yang lain atau coba keyboard pada komputer lain.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali. Masalah: terdapat masalah pada ROM pada BIOS. Solusilakukan upgrade BIOS, atau ganti BIOS dengan versi yang terbaru, apabila alarm yang sama masih berbunyi disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep panjang berkali-kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang berkali-kali. Masalah: terdapat masalah pada DRAM. Solusi: lakukan pengecekan pada DRAM, dimungkinkan DRAM tidak terpasang dengan benar, atau DRAM tidak kompatibel dengan mainboard, perhatikan jenis PCI pada DRAM yang di pasang.
  • Bunyi beep pendek berkali-kali,  Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek berulang kali. Masalah: terdapat permasalahan pada supply listrik. Solusi: dimungkinkan karena tenaga pada power supply tidak cukup, segera ganti power supply atau periksa kabel-kabel power supply.

BIOS AMI

Makna bunyi alarm pada motherboard dengan system BIOS AMI:
  • Tidak ada bunyi beep, Kondisi: Komputer menyala tetapi tidak terdengar bunyi alarm beep. Masalah: terdapat kerusakan atau masalah pada mainboard, power supply, atau speaker internal. Solusi: lakukan pengecekan kabel power supply apakah sudah terpasang secara baik atau tidak, lakukan cek pada tegangan yang masuk normal atau tidak, lanjut memeriksa motherboard apakah berfungsi dengan semestinya atau tidak, lakukan juga cek pada Fan CPU di processor dan di chasing apakah berputar atau tidak, terakhir lakukan cek pada soket internal/papan sound card komputer yakni dengan cara mencoba speaker internal komputer menggunakan headset berfungsi atau tidak. Apabila dari hasil pengecekan salah satu atau beberapa komponen tersebut terdapat hal yang tidak normal maka segera perbaiki atau ganti komponen tersebut.
  • Bunyi beep pendek 1 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek 1 kali. Masalah: tidak terdapat masalah, komputer dalam kondisi normal. Solusi: tidak perlu melakukan perubahan atau pergantian komponen apapun.
  • Bunyi beep panjang 1 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali. Masalah: terdapat masalah pada RAM yang tidak terdeteksi atau tidak terpasang dengan benar yang mengakibatkan kegagalan refresh DRAM. Solusilakukan pengecekan pada DRAM, dimungkinkan DRAM tidak terpasang dengan benar, atau DRAM tidak kompatibel dengan mainboard, perhatikan jenis PCI pada DRAM yang di pasang, coba ganti DRAM pada slot yang lainnya.
  • Bunyi beep pendek 2 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek 2 kali. Masalah: diperkirakan terdapat kegagalan pengujian rangkaian parity. Pada saat data yang ditransmisikan dalam komputer, biasanya ditambahkan parity bit yang berfungsi untuk mendeteksi error. Pekerjaan ini dilakukan rangkaian parity yang terdapat dalam komputer. Hal ini kemungkinan disebabkan adanya masalah pada memori atau mainboard sehingga sirkuit gagal mengecek keseimbangan DRAM Parity (sistem memori). Solusilakukan pengecekan pada DRAM, dimungkinkan DRAM tidak terpasang dengan benar, atau DRAM tidak kompatibel dengan mainboard, perhatikan jenis PCI pada DRAM yang di pasang, coba ganti DRAM pada slot yang lainnya.
  • Bunyi beep pendek 3 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek 3 kali. Masalah: terjadi permasalahn yang hampir sama dengan bunyi beep pendek 2 kali, yakni terdapat kegagalan base memori 64K, kegagalan ini biasanya disebabkan slot memori yang dikelompokkan dalam modul yang memiliki chip rusak. Base memori 64K adalah 64 KB memori yang pertama pada RAM sehingga disinyalir BIOS gagal mengakses memori 64KB pertama. Solusi: Periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep pendek 4 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek sebanyak 4 kali. Masalah: terdapat kesalahan tanggal dan waktu pada sistem atau kegagalan sistem timer, hal ini dapat disebabkan karena kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pada motherboard. Solusi: lakukan pengecekan pada timer pc yang kurang berfungsi dengan baik, coba juga untuk ,mengganti baterai CMOS.
  • Bunyi beep pendek 5 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek sebanyak 5 kali. Masalah: terdapat permasalahan pada prosesor/mainboard. Kegagalan pada processor dapat disebabkan karena panas berlebih atau karena tidak terpasang dengan benar kedalam socketnya. Solusi: lakukan pengecekan pada pin (kaki pada prosesor) sudah terpasang sempurna atau belum, atau memang procesor anda sedang bermasalah. Atau lakukan pengujian dengan memasang procesor pada pc lain yang menggunakan procesor dan motherboard yang sejenis. Apabila procesor berjalan normal maka lakukan pengecekan pada motherboard, kemungkinan terjadi permasalahan pada motherboard.
  • Bunyi beep pendek 6 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek 6 kali. Masalah: terdapat permasalahan pada keyboard, yakni kegagalan keyboar controller/gate A20, keyboard controller adalah chip pada motherboard yang mengendalikan keyboard anda, sehingga apabila chip ini rusak maka controller pada keyboard tidak dapat berjalan dengan baikSolusi: periksa konektor keyboard ke motherboard, bersihkan konektor dari debu, pastikan keyboard masih berfungsi dengan normal serta terhubung dengan benar, apabila alarm ini masih berbunyi maka chip keyboard controller harus diganti, sulusi terakhir adalah mengganti motherboard.
  • Bunyi beep pendek 7 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek 7 kali. Masalah: terdapat permasalahan yang sama dengan bunyi bip pendek 5 kali, yakni kesalahan pembacaan processor karena kemungkinan adanya kerusakan pada processor. Solusi: lakukan pengecekan pada pin (kaki pada prosesor) sudah terpasang sempurna atau belum, atau memang procesor anda sedang bermasalah. Atau lakukan pengujian dengan memasang procesor pada pc lain yang menggunakan procesor dan motherboard yang sejenis. Apabila procesor berjalan normal maka lakukan pengecekan pada motherboard, kemungkinan terjadi permasalahan pada motherboard.
  • Bunyi beep pendek 8 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek 8 kali. Masalah: terdapat kesalahan pada VGA Card, dimana terdapat kesalahan baca/tulis memory display sehingga tes memori VGA gagalSolusi: lepas dan pasang kembali VGA Card dari slotnya, coba juga melepas dan memasang kembali semua komponen penghubung yang berada pada VGA Card. Jika permasalahan alarm masih berbunyi yang sama maka kemungkinan kerusakan terjadi pada memori dalam VGA Card tersebut atau memang VGA Card sudah rusak. Disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.
  • Bunyi beep pendek 9 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek sebanyak 9 kali. Masalah: terdapat masalah pada checksum ROM pada BIOS. Solusilakukan upgrade BIOS, atau ganti BIOS dengan versi yang terbaru, apabila alarm yang sama masih berbunyi disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep pendek 10 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep sebanyak 10 kali. Masalah: terdapat masalah pada CMOS, yakni CMOS shutdown read/write mengalami error. Solusi:  solusi satu-satunya adalah dengan mengganti motherboard, karena system CMOS tidak dapat diperbaiki bila terjadi kerusakan.
  • Bunyi beep pendek 11 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep. pendek sebanyak 11 kali. Masalah: terdapat masalah pada Cache Memory. Solusi: Periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali. Masalah: terdapat masalah pada saat memory test, yakni Conventional/Extended memori rusak. Solusi: Periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 8 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali dan pendek 8 kali. Masalah: terdapat masalah pada saat pengecekan VGA atau kartu grafis, biasanya tes tampilan gambar terjadi kegagalan. Solusi: lepas dan pasang kembali VGA Card dari slotnya, coba juga melepas dan memasang kembali semua komponen penghubung yang berada pada VGA Card. Jika permasalahan alarm masih berbunyi yang sama maka kemungkinan kerusakan terjadi pada memori dalam VGA Card tersebut atau memang VGA Card sudah rusak. Disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

BIOS IBM

Makna bunyi alarm pada motherboard dengan system BIOS IBM:
  • Tidak ada bunyi beep, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep. Masalah: terdapat masalah pada power supply atau antara VGA Card dan RAM ada yang tidak terpasang dengan benarSolusi: lakukan pengecekan kabel power supply apakah sudah terpasang secara baik atau tidak, lakukan cek pada tegangan yang masuk normal atau tidak, lanjut memeriksa motherboard apakah berfungsi dengan semestinya atau tidak, lakukan juga cek pada Fan CPU di processor dan di chasing apakah berputar atau tidak, terakhir lakukan cek pada soket internal/papan sound card komputer yakni dengan cara mencoba speaker internal komputer menggunakan headset berfungsi atau tidak. Cek juga pemasangan VGA Card dan RAM sudah terpasang dengan benar atau tidak. Apabila dari hasil pengecekan salah satu atau beberapa komponen tersebut terdapat hal yang tidak normal maka segera perbaiki atau ganti komponen tersebut.
  • Bunyi beep 1 kali, Kondisi: Komputer menyala tapi monitor mati atau blank dan terdengar bunyi alarm beep 1 kali. Masalah: terdapat masalah pada VGA card sirkuitSolusi: lepas dan pasang kembali VGA Card dari slotnya, coba juga melepas dan memasang kembali semua komponen penghubung yang berada pada VGA Card. Jika permasalahan alarm masih berbunyi yang sama maka kemungkinan kerusakan terjadi pada memori dalam VGA Card tersebut atau memang VGA Card sudah rusak. Disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.
  • Bunyi beep pendek 1 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek 1 kali. Masalah: tidak terdapat masalah, atau komputer dalam kondisi normal dan baikSolusi: tidak perlu melakukan perbaikan apapun.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali. Masalah: terdapat masalah pada motherboardSolusi: lakukan pengecekan terhadap motherboard karena sangat di mungkinkan salah satu chip pada motherboard mengalami kerusakan, bersihkan motherboard dari debu-debu, periksa slot memori dan VGA Card yang mungkin salah satu slotnya bermasalah, apabila hal tersebut tidak menyelesaikan masalah, maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali. Masalah: terdapat masalah pada VGA Card (mono)Solusi: lepas dan pasang kembali VGA Card dari slotnya, coba juga melepas dan memasang kembali semua komponen penghubung yang berada pada VGA Card. Jika permasalahan alarm masih berbunyi yang sama maka kemungkinan kerusakan terjadi pada memori dalam VGA Card tersebut atau memang VGA Card sudah rusak. Disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali. Masalah terdapat masalah pada bagian VGA Card (EGA). Solusi: lepas dan pasang kembali VGA Card dari slotnya, coba juga melepas dan memasang kembali semua komponen penghubung yang berada pada VGA Card. Jika permasalahan alarm masih berbunyi yang sama maka kemungkinan kerusakan terjadi pada memori dalam VGA Card tersebut atau memang VGA Card sudah rusak. Disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.
  • Bunyi beep panjang 3 kali, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep panjang 3 kali. Masalah: terdapat masalah pada keyboardSolusi: periksa konektor keyboard ke motherboard, bersihkan konektor dari debu, pastikan keyboard masih berfungsi dengan normal serta terhubung dengan benar, apabila alarm ini masih berbunyi maka chip keyboard controller harus diganti, sulusi terakhir adalah mengganti motherboard.
  • Bunyi beep terus menerus, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep terus menerus. Masalah: terdapat masalah pada power supplySolusi: lakukan pengecekan kabel power supply apakah sudah terpasang secara baik atau tidak, lakukan cek pada tegangan yang masuk normal atau tidak, lanjut memeriksa motherboard apakah berfungsi dengan semestinya atau tidak, lakukan juga cek pada Fan CPU di processor dan di chasing apakah berputar atau tidak, terakhir lakukan cek pada soket internal/papan sound card komputer yakni dengan cara mencoba speaker internal komputer menggunakan headset berfungsi atau tidak. Apabila tidak berfungsi disarankan untuk memperbaiki Power Supply atau menggantinya dengan yang baru.
  • Bunyi beep pendek berulang-ulang, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep pendek berulang-ulang. Masalah: adanya masalah pada VGA Card atau RAM yang tidak terpasang dengan benarSolusi: Cek pemasangan VGA Card dan RAM sudah terpasang dengan benar atau tidak. Apabila dari hasil pengecekan salah satu atau beberapa komponen tersebut terdapat hal yang tidak normal maka segera perbaiki atau ganti komponen tersebut.

BIOS PHOENIX

Suara bunyi alarm pada motherboard dengan system BIOS PHOENIX agak berbeda dari alarm jenis BIOS Motherboard pada umumnya. Pada BIOS PHOENIX bunyi alarm beep dipisahkan oleh jeda antar bunyi. Kalau pada motherboard lainnya dibedakan dengan bunyi beep panjang dan pendek, namun pada BIOS PHOENIX menggunakan jede antar bunyi yang dikeluarkan, misalnya : beep - beep beep - beep - beep beep.. maka akan dikodekan menjadi 1-2-1-2. Berikut ini kode alarm bunyi beep pada BIOS PHOENIX:
  • Bunyi beep dengan kode 1 - 1 - 4 - 1, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada Cache (Level 2). Solusi: Periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 1 - 2 - 2 - 3, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada ROM BIOS Checksum. Solusi: lakukan upgrade BIOS, atau ganti BIOS dengan versi yang terbaru, apabila alarm yang sama masih berbunyi disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 1 - 3 - 1 - 1, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada pengujian DRAM. Solusi: Periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 1 - 3 - 1 - 3, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada pengujian Keyboard kontroler. Solusi: periksa konektor keyboard ke motherboard, bersihkan konektor dari debu, pastikan keyboard masih berfungsi dengan normal serta terhubung dengan benar, apabila alarm ini masih berbunyi maka chip keyboard controller harus diganti, solusi terakhir adalah mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 1 - 3 - 4 - 1, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada RAM dengan kegagalan pada baris alamat xxxx (cek memori). Solusi: Periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 1 - 3 - 4 - 3, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada RAM dengan kegagalan pada xxxx bit data byte rendah dari bus memori. Solusi: Periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 1 - 4 - 1 - 1, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada RAM dengan kegagalan pada xxxx bit data byte tinggi dari bus memori. Solusi: Periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 2 - 1 - 2 - 3, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada ROM BIOS pemberitahuan hak cipta. Solusi: lakukan upgrade BIOS, atau ganti BIOS dengan versi yang terbaru, apabila alarm yang sama masih berbunyi disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 2 - 2 - 3 - 1, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada test untuk interupsi tak terduga. Solusi: Cek pemasangan VGA Card dan RAM sudah terpasang dengan benar atau tidak. Apabila dari hasil pengecekan salah satu atau beberapa komponen tersebut terdapat hal yang tidak normal maka segera perbaiki atau ganti komponen tersebut.
  • Bunyi beep dengan kode 1 - 1 - 4, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada BIOS. Solusi: lakukan upgrade BIOS, atau ganti BIOS dengan versi yang terbaru, apabila alarm yang sama masih berbunyi disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 1 - 2 - 1, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada Motherboard. Solusi: akukan pengecekan terhadap motherboard karena sangat di mungkinkan salah satu chip pada motherboard mengalami kerusakan, bersihkan motherboard dari debu-debu, periksa slot memori dan VGA Card yang mungkin salah satu slotnya bermasalah, apabila hal tersebut tidak menyelesaikan masalah, maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 1 - 3 - 1, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada RAM, RAM tidak terpasang dengan baik. Solusi: Periksa slot memori yang ada, kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi masih terdengar berarti ada masalah dengan chip memori. Cobalah untuk mengganti kedudukan memori pada slot yang satu ke slot yang lain, perhatikan apabila memori dalam keadaan berfungsi tetapi bunyi alarm masih terdengar maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 3 - 1 - 1, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada Motherboard. Solusi: akukan pengecekan terhadap motherboard karena sangat di mungkinkan salah satu chip pada motherboard mengalami kerusakan, bersihkan motherboard dari debu-debu, periksa slot memori dan VGA Card yang mungkin salah satu slotnya bermasalah, apabila hal tersebut tidak menyelesaikan masalah, maka disarankan untuk mengganti motherboard.
  • Bunyi beep dengan kode 3 - 3 - 4, Kondisi: Komputer menyala tetapi terdengar bunyi alarm beep dengan kode tersebut. Masalah: terdapat permasalahan pada Graphic Card yang diperkirakan rusak atau tidak terpasang dengan baik. Solusi: lepas dan pasang kembali VGA Card dari slotnya, coba juga melepas dan memasang kembali semua komponen penghubung yang berada pada VGA Card. Jika permasalahan alarm masih berbunyi yang sama maka kemungkinan kerusakan terjadi pada memori dalam VGA Card tersebut atau memang VGA Card sudah rusak. Disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

Kesimpulan

Demikianlah cara mengetahui kerusakan pada komputer dan laptop khususnya komputer dekstop atau Personal Computer (PC) dengan cara mendengarkan suaranya. Untuk jenis BIOS motherboard komputer yang lain, Anda dapat menggunakan makna tanda suara alarm berdasarkan semua jenis motherboar komputer secara umum, atau lebih lengkapnya Anda dapat mencarinya pada buku manual motherboard yang disertakan pada kemasannya, cara lain secara online Anda dapat mencarinya pada situs resmi motherboard Anda.

Mulai sekarang Anda dapat menganalisa sendiri untuk memperkirakan masalah yang terjadi pada komputer Anda apabila terdengan bunyi beep pada saat komputer mulai dijalankan. Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri tanpa harus memanggil teknisi komputer lagi, perhatikan juga komputer-komputer yang ada dikantor atau disekitar Anda, apabila terdapat tanda bunyi beep, maka dapat Anda simpulkan bahwa komputer tersebut terdapat permasalahan yang harus segera di perbaiki. Semoga bermanfaat ya.

Apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait artikel ini yang belum jelas, atau sekedar masukan saran dan tanggapan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs Kami untuk berlangganan gratis update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.

Semoga berguna.
My best regard, thx 😊



Semangat! “Ingatlah, jika itu rencanamu, maka engkaulah yang bertanggung jawab untuk melaksanakan dan menyelesaikan, bertindaklah karena kehidupan ini lebih sesuai untuk yang ikhlas menghadapi kesulitan, memaksa diri disiplin, dan berupaya sebesar impian.”

Reaksi Anda Terhadap Artikel Ini

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Makna Tanda Bunyi Beep Peringatan Suara Masalah Komputer - SHARE dan Berbagilah Melalui Media Sosial Anda, Agar Bermanfaat Untuk Orang Lain.
Mohon untuk Menyempatkan Mengisi Kolom Komentar. Berikan Kritik, Saran, dan Tanggapan Anda Mengenai Artikel Makna Tanda Bunyi Beep Peringatan Suara Masalah Komputer - Semoga Bermanfaat. Estimasi Membaca Seluruh Artikel Makna Tanda Bunyi Beep Peringatan Suara Masalah Komputer.

Berikan Penilaian Anda untuk Artikel Makna Tanda Bunyi Beep Peringatan Suara Masalah Komputer:
Langganan Artikel

ARTIKEL TERBARU GRATIS dari parkirwacana.com secara otomatis dikirim ke email Anda, silahkan isi form berikut:

Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi dari "FeedBurner Email Subscriptions". Jika Anda tidak melihat pesan verifikasi di kotak masuk, silakan cek folder bulk / spam Anda.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.

You Might Like