Cara Mempercepat Laptop MacBook atau Komputer Mac OS

Komputer Mac Anda mulai terasa lemot/lambat kinerjanya? Tenang saja jangan keburu dijual, mungkin Anda masih bisa menyembuhkan Mac Anda yang lemot.
Tips Cara Mempercepat MacBook atau Komputer Mac OS

Cara Mempercepat MacBook atau Komputer Mac OS

Komputer Mac atau MacBook Anda mulai terasa lemot atau lambat kinerjanya? Tenang saja jangan keburu dijual, mungkin Anda masih bisa menyembuhkan Mac Anda yang lemot itu dan membuatnya kembali normal lagi atau bahkan menjadi ngebut.

Meskipun Mac OS memiliki sistem yang lebih stabil dari OS Windows, namun tetap bisa lemot.
Kinerja komputer Mac OS yang lemot atau lambat tentu akan berdampak pada pengalaman pemakainya. Akibat masalah ini, beberapa pekerjaan yang harusnya dapat dikerjakan dengan cepat dan selesai sesuai jadwal pada akhirnya menjadi tertunda. Tidak hanya lambat, masalah yang juga tak jarang dijumpai adalah komputer tidak dapat berfungsi secara normal atau sering hang, bahkan komputer Mac OS tidak mau booting.

Pada umumnya Komputer Mac OS yang sudah lama digunakan dapat menjadi lambat alias lemot kinerjanya, dan pastinya mulai mengesalkan bagi Anda. Hal ini adalah wajar dan merupakan sesuatu yang tidak bisa Anda hindari. Hari demi hari tanpa kita sadari, sebenarnya kita sendirilah yang membuat komputer kita menjadi semakin lambat, dimana kinerja komputer akan semakin lambat seiring dengan kebiasaan kita menggunakan software sembarangan, tidak pernah melakukan update, dan lain sebagainya.

Akan Tetapi bukan berarti kinerja yang lambat tersebut tidak ada solusinya. Setidaknya, jika kinerja komputer yang lemot tersebut bukan dikarenakan oleh permasalahan hardware yang sudah mulai rusak, maka masih ada sejumlah solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Penyebab Komputer Mac OS bisa menjadi lambat sering terjadi karena beberapa faktor, diantaranya karena terjadinya kerusakan hardware atau Sistem Operasi bermasalah, selain itu bisa juga bukan karena faktor hardware, melainkan karena hardisk yang penuh, item start up yang terlalu banyak berjalan, software yang out of date dan lainnya sebagainya.

Nah.. apabila komputer Mac Anda sudah terlanjur menjadi lambat yang mungkin dikarenakan kerusakan pada komponen hardware, Anda cukup melakukan servis ke pusat servis resmi komputer Anda. Dan apabila dikarenakan sistem operasi yang bermasalah, maka melakukan install ulang Komputer Mac OS yang Anda miliki adalah solusi yang tepat. Dengan cara ini, Komputer Anda setidaknya akan kembali normal seperti baru, tanpa adanya tumpukan data yang tak terpakai atau sisa pemrosesan aplikasi. Sebelum melakukan install ulang harus dipasitikan Anda telah memiliki berbagai salinan data penting sebelum mulai menghapus seluruh isi komputer tersebut.

Namun.. bagaimana solusi mengatasi permasalahan komputer MacOS yang lambat bukan karena faktor hardware? Caranya cukup mudah, Anda dapat melakukan pengaturan dan perbaikan kinerja Mac OS secara manual yang jika Anda melakukannya dengan tepat, maka kinerja Komputer MacOS Anda akan kembali normal dan tidak lemot lagi.

Anda dapat mencoba tips cara mempercepat sistem Mac OS berikut ini:

1. Cek Proses Komputer yang Berat dan Tidak Diperlukan

Untuk cara melakukan pengecekan proses yang berjalan di komputer Mac yakni menggunakan aplikasi Activity Monitor.

Cara membukanya :
Cari Activity Monitor di folder Applications - Utilities atau gunakan Spotlight.

Kemudia cek proses yang berjalan, apakah ada beberapa nama proses aplikasi yang tidak Anda kenal dan berjalan di belakang layar dalam kapasitas besar?

Silakan hapus proces tersebut dengan menekan proses ini 2x lalu pilih Quit

Agar terhindar dari masalah error atau hal buruk lainnya akibat salah penghapusan, pastikan Anda hanya menggunakan langkah ini untuk Process Name yang memang Anda rasa mencurigakan atau tidak sedang digunakan.

2. Kurangi Login Items yang Berjalan (Fitur Auto-start)

Perhatikan pada saat komputer menyala, biasanya ada beberapa aplikasi yang berjalan (auto-start) dan langsung siap untuk digunakan. Hal ini berarti aplikasi tersebut masuk ke dalam daftar Login Items yang berjalaan pada saat komputer dinyalakan atau auto-start dan bisa saja aplikasi ini membuat proses startup komputer Mac Anda menjadi lebih berat, karena proses booting akan memakan waktu lebih lama dan terasa lemot.

Lakukan pengurangan jumlah aplikasi yang langsung berjalan ketika komputer Mac Anda menyala, disarankan agar Anda mengatur hanya menjalankan aplikasi prioritas saja pada fitur Auto Start. 

Caranya:
  • Cari Login Items di bagian System Preferences - User & Groups - Login Items.
  • Kemudian akan muncul daftar aplikasi yang otomatis berjalan saat Anda menyalakan komputer.
  • Cari dan pilih nama aplikasi terdaftar yang ingin anda nonaktifkan saat proses komputer menyala (auto start).
  • Kemudian tekan tombol “minus” untuk menghentikan auto-start.
  • Perhatikan dan identifikasi juga, tentukan aplikasi mana yang memang diperlukan untuk berjalan pada proses auto-start.
  • Cek juga aplikasi yang berjalan pada proses startup tapi tidak tampak pada Login Items, kalau ada lakukan pemilihan untuk dihentikan yang tidak berguna.

    3. Hapus Data atau Aplikasi yang Tidak Perlu dan Bermasalah 

    Lakukan rutin untuk memeriksa daftar aplikasi yang terpasang di komputer Anda dan hapuslah aplikasi yang tidak pernah dipakai. Selain aplikasi, Anda perlu juga menghapus data yang sudah tidak dibutuhkan lagi yang disimpan di dalamnya.

    Pada dasarnya tidak semua aplikasi bisa bekerja dengan baik dan normal. Aplikasi atau software lama yang sudah tidak mendapatkan support dari pengembangnya, biasanya sering mengalami crash dan dapat menyebabkan komputer Anda menjadi hang.

    Oleh sebab itu Anda harus mengetahui aplikasi apa saja yang sering bermasalah. Bisa jadi hal itu penyebab komputer Anda hang, sehingga semua aplikasi yang bermasalah harus dihapus agar komputer Anda tidak sering mengalami hang.

    Lakukan juga pengecekan ekstensi pada browser atau peramban yang Anda gunakan, misalnya seperti Opera, Google Chrome atau Firefox. Apabila di browser ini ada ekstensi yang tidak terpakai, segera hapus saja.

    4. Pasang Aplikasi Cleaner atau Aplikasi Pembersih Sampah

    Ada banyak aplikasi pembersih yang dapat membantu Anda membersihkan berbagai sampah atau atau temporari file serta data tak terpakai di dalam komputer MacOS Anda, antara lain seperti CleanMyMac, AppZapper atau Disk Doctor yang mana ketiga aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbayar, namun manfaat yang Anda dapatkan sesuai dengan apa yang anda beli, sangat berguna.

    Penggunaan aplikasi cleaner sangat berguna untuk membersihkan data-data tak terpakai secara otomatis dan terjadwal, menghapus berbagai data sisa atau temporari file milik aplikasi, atau dapat juga membantu Anda mengakategorikan berbagai data yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

    Selain memakai aplikasi tambahan tersebut, Anda juga dapat menggunakan aplikasi bawaan Mac untuk membantu menyortir berbagai data tak terpakai.

    Caranya :
    • Tekan ikon Apple, pilih About This Mac dan kemudian pilih menu Storage.
    • Selanjutnya tekanlah pilihan Manage dan maka akan muncul bagian pengaturan hard disk.

    Ada fitur yang bisa Anda lakukan di sini, seperti melihat kapasitas masing-masing folder, mencari data-data yang sudah lama tidak terpakai serta melakukan optimalisasi memori penyimpanan Anda.

    5. Selalu Perbarui Software dan Sistim Operasi

    Untuk menjaga agar kinerja Komputer MacOS selalu baik yakni dengan cara selalu memperbarui software atau sistem operasi. Selalu perhatikan apabila ada pemberitahuan atau notofikasi pembaharuan aplikasi / software atau sistem operasi yang biasanya memiliki dukungan fitur baru dan tentu saja peningkatan kinerja dan sistem.

    Setiap pembaruan yang ada biasanya merupakan versi aplikasi atau sistim operasi yang telah diperbaiki terhadap permasalahan bug tertentu yang ada di versi terdahulu serta biasanya terdapat pembaharuan keamanan, sehingga update tersebut dapat mengoptimalkan dan membuat kinerja komputer jadi lebih cepat.

    6. Jangan Install Aplikasi Terlalu Banyak 

    Hal yang sama pada komputer Windows, untuk komputer Mac OS lebih baik jangan menginstall aplikasi terlalu banyak guna mencegah terjadinya penurunan kinerja sistem menjadi lambat. Hal ini dikarenakan semua aplikasi yang Anda install kebanyakan masih tetap berjalan dengan menggunakan resource di latar belakang, sehingga hal ini akan memberikan beban lebih pada komputer yang mengakibatkan komputer menjadi lebih lambat dan tidak akan secepat sebelum Anda install banyak aplikasi.

    7. Jangan Install Aplikasi Versi Bajakan 

    Aplikasi bajakan juga bisa menjadi akar permasalahan penyebab komputer Anda lambat. Karena jenis aplikasi bajakan telah disisipkan kode atau file tertentu agar aplikasi tersebut tetap bisa diinstall dan digunakan secara gratis tanpa harus membayar biaya apapun.

    8. Utamakan Install Aplikasi dari Mac App Store

    Disarankan untuk selalu menginstal aplikasi yang Anda butuhkan dari toko aplikasi Mac App Store secara langsung. Hal ini dikarenakan karena semua aplikasi yang dijual di Mac App Store pasti pastinya sudah melalui review kelayakan dari pihak Apple, sehingga aplikasi tersebut lebih aman digunakan, bahkan lebih cepat kinerjanya dibangin dengan versi bajakannya.

    9. Lakukan Disk Repair

    Hard disk yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab komputer Mac sering hang. Mungkin Anda tidak pernah tahu bagaimana mungkin hard disk Anda bermasalah, dilain sisi Anda tidak pernah merasakan adanya kerusakan di hard disk Anda, Anda masih bisa membuka file dan folder yang ada di dalam harddisk.

    Jenis permasalahan Hard disk yang dimaksud disini adalah jenis permasalahan yang terjadi karena kerusakan atau kesalahan sistemnya, sehingga hal ini terkadang tidak terasakan oleh kita. Oleh karena itu coba jadwalkan untuk melakukan Disk repair agar Hard disk kita dapat terpantau kesehatannya.

    10. Lakukan Force Quit Application

    Force Quit Application adalah fitur pada Komputer Mac OS yang berfungsi sama dengan Taks Manager di Komputer Windows. Fitur ini dapat dilakukan dalam situasi atau kondisi tertentu. Misalnya saat sebuah aplikasi mengalami crash atau hang, hal ini akan mengganggu kinerja komputer, maka Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menutup aplikasi yang crash tersebut sehingga kinerja komputer tidak terganggu lagi.

    Cara menampilkan jendela pop up Force Quit Application adalah sebagai berikut :
    • Silahkan tekan Command+Option+Escape.
    • Pilih saja aplikasi yang mengalami hang atau mengalami crash.
    • Klik “Force Quit” untuk menormalkan kembali kinerja Mac OS yang hang.

    11. Jaga Jangan Sampai Harddisk Penuh

    Kondisi harddisk juga bisa berpengaruh terhadap kinerja komputer Mac OS, jika kapasitas harddisk yang kosong sudah tinggal sedikit, tentu saja hal ini akan memperlambat kinerja sistem operasi secara keseluruhan. Karena sistem operasi juga membutuhkan memori virtual, swap memori, dan cache yang disimpan didalam penyimpanan lokal seperti harddisk.

    Pada prinsipnya semakin banyak data atau file dan software yang tidak terpakai, maka akan semakin kecil ruang yang tersisa dalam hard disk untuk kinerja sistem operasi Mac sehingga memori yang penuh akan membuat kinerja komputer menjadi melambat. Dengan rutin melakukan penghapusan data dan aplikasi yang tidak terpakai, maka hard disk Anda memiliki ruang yang lebih luas sehingga dapat memperlancar kinerja sistem operasi.

    12. Mengatur Permission Disk

    Kinerja Komputer Apple Mac OS juga dapat terganggu akibat permasalahan pada Permission Disk. Permasalahan ini dapat terjadi apabila Anda terlalu sering melakukan force turn off, force quit application, atau mengganti privilages (hak atas suatu folder atau file).

    Akibat dari permasalahan ini maka beberapa aplikasi pada Mac OS kemungkinan besar tidak dapat berjalan dengan normal sebagaimana semestinya atau akan mengalami sering crash. Permasalahan ini cukup banyak ditemui oleh pengguna MacBook Pro dengan OS X Yosemite atau diatasnya.

    Berikut langkah-langkah mengatasi Permission Disk di MacBook Pro OS X Yosemite agar tidak lemot :
    • Silahkan buka Disk Utility, yang terdapat pada folder Utilities di dalam folder Applications.
    • Pilih Startup Disk MacBook Pro selanjutnya klik tab First Aid.
    • Kemudian klik Repair Disk Permission untuk mengatasi permasalah itu.

    13. Downgrade MacOS Anda Jika Diperlukan

    Penggunaan komputer Mac mendapatkan dukungan sistem operasi terbaru hingga 5–6 tahun sejak produk tersebut dirilis. Akan tetapi meskipun masih mendapatkan dukungan macOS terbaru, performa komputer dengan menggunakan versi macOS terbaru akan sedikit menurun atau lebih lambat dari pada menggunakan macOS sebelumnya. Hal ini bisa jadi dikarenakan spesifikasi komputer yang kurang sesuai dengan update versi macOS yang baru.

    Oleh karena itu, jika Anda merasakan performa kinerja komputer Anda sedikit menurun dan tidak optimal setelah menggunakan versi MacOS terbaru, dan Anda ingin mendapatkan performa terbaik dari komputer Mac yang lama, silakan lakukan downgrade macOS Anda.

    Bagaimana cara melakukan downgrade macOS pada komputer kita? Anda dapat menggunakan Internet Recovery Instal dari partisi macOS Recovery yang ada di komputer Mac. Untuk panduannya dapat Anda cek langsung di halaman Apple Support. Atau bisa juga melakukan downgrade langsung dengan menggunakan DVD atau USB Bootable Installer dengan versi macOS yang kamu inginkan. Proses downgrade sama halnya dengan melakukan clean install bisanya.

    14. Upgrade Ganti Hard Disk Menjadi SSD

    Untuk mendapatkan performa harddisk yang baik, sebaiknya Anda menjadwalkan untuk mengganti hard disk komputer Anda tiap 3–5 tahun sekali. Dilain sisi Anda juga bisa mengganti hard disk di komputer Mac Anda dengan teknologi Flash Storage atau SSD.

    Hard disk memiliki kelemahan berupa kecepatan putar dan jarum pembaca piringan yang akan semakin melemah setelah beberapa tahun. Apabila hal ini terjadi, maka hard disk di Mac Anda semakin lama akan menjadi semakin lemot atau bahkan bisa saja mati mendadak.
    Flash Storage atau SSD memiliki kelebihan berupa bentuk memorinya yang tidak menggunakan perangkat bergerak dan memiliki kecepatan Read / Write hingga 4x lebih cepat daripada hard disk. Dengan mengganti harddisk ke SSD, maka Anda dapat membuat kinerja komputer Mac menjadi lebih cepat.

    15. Upgrade RAM

    Apabila Anda menggunakan komputer atau laptop MacOS dan merasakan kinerjanya yang kurang optimal atau cenderung lemot, maka Anda dapat melakukan upgrade RAM pada komputer Anda. Hampir sama dengan fungsi RAM pada laptop atau komputer merek lainnya. RAM pada komputer Mac juga berfungsi sebagai penyimpan data yang aktif digunakan dan RAM tersebut juga dapat ditingkatkan dengan melakukan upgrade kapasitas RAM agar mendapatkan performa yang lebih kencang dan responsif. Karena, semakin tinggi kapasitas RAM, maka akan semakin banyak program atau software berat yang bisa dijalankan secara bersama-sama dengan cepat.

    Sangat disarankan bagi Anda yang masih awam dalam membongkat komputer atau laptop untuk meminta bantuan teknisi resmi Apple ketika Anda akan melakukan upgrade RAM agar dapat mencegah terjadinya kesalahan yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komputer Anda.

    16. Pasang Pendingin Tambahan

    Komputer atau laptop Mac yang terlalu panas juga akan bekerja lebih lambat dibandingkan komputer yang masih dalam kondisi dingin atau normal. Anda dapat mengurangi panas yang dihasilkan di Mac kamu dengan membuat ruangan menjadi lebih dingin seperti dengan menggunakan AC pada ruangan kerja Anda. Jika Anda pengguna laptop MacBook, Anda dapat membeli cooling pad tambahan untuk mendinginkan laptop Anda.

    Bagaimana? Sudah tahu kan tips dan trik cara mempercepat Mac yang lemot dan lambat?

    Apabila Anda mempunyai pertanyaan terkait artikel ini yang belum jelas, atau sekedar masukan saran dan tanggapan bagi kami, Anda dapat mengisinya di kolom komentar. Jangan lupa Follow dan Subscribe situs Kami untuk berlangganan gratis update terbaru artikel-artikel Kami lainnya.


    ---------  Semoga bermanfaat  ---------
    >Semangat! “Manusia harus lebih cerdas dalam menghadapi masalah dan di iringi dengan kesabaran hati. Itulah jalan keluar yang tebaik untuk menghadapi masalah tersebut. Karena kita tau.! semua mahluk pasti mempunyai masalah.”
    Baca juga :
    Ingin membuat Website? atau membuat aplikasi android untuk website Anda? Ingin membuat iklan di parkirwacana? Hubungi kami : admin@parkirwacana.com

    Terima kasih sudah membaca Artikel Cara Mempercepat Laptop MacBook atau Komputer Mac OS - SHARE atau Berbagilah di Media Sosial Anda, agar bermanfaat bagi orang lain.

    Posting Komentar

    Jangan lupa untuk memberi komentar. Apabila ada pertanyaan atau saran dan pendapat, silahkan sampaikan pada kolom komentar. My best regard, parkirwacana.